Bisnis

5 Cara Memulai Usaha Modal Kecil untuk Pemula

Cara memulai usaha modal kecil sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Seperti kata pepatah, ada banyak jalan menuju Roma. Begitu juga cara untuk membangun usaha sendiri dengan modal yang terbatas. Jenis usaha yang bisa dibangun juga beragam, asalkan Anda mempunyai niat yang serius untuk memulai.

Dengan modal kecil yang dimiliki, maka Anda harus benar-benar merencanakan usaha dengan baik. Supaya nantinya usaha yang Anda bangun itu bisa bertahan dalam jangka panjang. Tentunya hal ini tak lepas dari strategi jitu menentukan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai suatu usaha. Oleh karena itu, langsung saja simak penjelasan berikut ini tentang cara memulai usaha dengan modal kecil.

1. Menentukan Jenis Usaha

Dalam memulai suatu usaha, Anda harus benar-benar memiliki gambaran mengenai apa usaha yang akan dibangun. Usaha ada banyak macamnya, seperti usaha makanan, usaha pakaian, elektronik, salon, jasa, dan masih banyak lagi. Usaha yang akan dimulai sebaiknya adalah usaha yang memang cocok dengan Anda.

Meski begitu, Anda tetap harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Terlebih modal untuk memulai usaha tersedia dalam jumlah terbatas, sehingga Anda harus benar-benar memaksimalkannya supaya mendapatkan imbal hasil sesuai harapan.

Riset pasar yang dilakukan akan membuat Anda memahami peluang yang ada, menentukan siapa pesaing di bidang usaha yang sama, serta mendapatkan referensi cara mengelola bisnis yang jitu di tengah persaingan.

2. Alokasi Modal yang Tepat

Perlu diketahui bahwa dalam suatu usaha, terdapat 2 jenis modal yang harus diperhatikan. Yaitu capital expenses dan operational expenses. Capital expenses adalah modal untuk membeli kebutuhan yang bersifat jangka panjang, seperti peralatan, perlengkapan usaha, serta transportasi.

Sedangkan operational expenses adalah modal untuk kebutuhan operasional usaha, seperti listrik, sewa tempat, gaji karyawan, dan lain-lain.

Dengan modal kecil, Anda bisa mengalokasikannya berdasarkan skala prioritas. Seperti dengan mencicil membeli peralatan, memulai usaha di rumah supaya terhindar dari biaya sewa dan transportasi, dan lain sebagainya.

3. Memilih Bahan Baku Berkualitas dan Terjangkau

Jika Anda ingin memulai usaha makanan, tentunya bahan baku menjadi salah satu kebutuhan yang harus diprioritaskan. Sebagian besar bahan baku makanan hanya bertahan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, Anda harus siap sedia modal yang lancar untuk membeli persediaan.

Dengan modal kecil, Anda bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang terjangkau tapi kualitasnya bagus. Caranya adalah bermitra dengan supplier. Pilihlah supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas dengan harga murah. Anda bisa menegosiasikan harga, dan menjalin kemitraan dengan supplier.

4. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha harus Anda pertimbangkan di awal. Dari riset pasar yang dilakukan, Anda akan mengetahui di mana saja tempat yang berpeluang cocok untuk memulai usaha. Tempat publik yang ramai dilalui orang memang akan sangat cocok untuk memulai usaha, akan tetapi biaya sewanya tentu tidak murah.

Dengan modal yang ada saat ini, Anda bisa memulai usaha di rumah. Selain hemat biaya sewa, Anda juga hemat biaya transportasi. Tak menutup kemungkinan Anda akan memiliki tempat usaha di area yang strategis setelah bisnis telah berkembang.

5. Berpromosi Lewat Media Sosial

Ada banyak media promosi yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan usaha. Namun untuk menyesuaikan modal yang ada, media sosial bisa menjadi tempat promosi usaha yang tepat. Anda dapat memposting tentang usaha Anda di akun media sosial sendiri, atau dengan memanfaatkan layanan pasang iklan dengan anggaran terkontrol.

Itulah 5 cara memulai usaha modal kecil yang bisa Anda contoh. Semoga dengan mencoba tipis tersebut, usaha Anda dapat berkembang dengan baik.

Referensi:

Sintia Astarina. 26 Agustus 2019. 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil. Blog.mokapos.com: https://bit.ly/3iQ6h1i

Share this Post

Artikel Terbaru