Bisnis

5 Cara Memulai Bisnis Kopi yang Mudah dan Menguntungkan

Bisnis kopi dapat menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Pangsa pasar dari usaha ini sangat luas, mengingat kopi adalah minuman yang digemari oleh berbagai kalangan. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan imbal hasil yang besar dari penjualan minuman kopi.

Kopi kini mulai menjadi tren di kalangan anak muda zaman sekarang. Tidak heran jika banyak bermunculan kedai kopi dengan konsep tempat yang kekinian. Bahkan tidak sedikit juga yang menjalani usaha minuman kopi hanya dengan bermodal food truck saja. Anda tak perlu khawatir kekurangan peminat, sebab kopi termasuk peluang bisnis yang tidak ada matinya. Nah, jika Anda tertarik ingin memulai usaha minuman kopi sendiri, simak cara memulainya secara lengkap berikut ini.

1. Mempersiapkan Modal

Untuk memulai usaha, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah modal. Anda dapat mempertimbangkan mengajukan pinjaman ke platform fintech lending seperti Investree untuk menambah modal usaha.

Cara memastikan berapa modal yang dibutuhkan adalah dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu. Buat anggaran dengan perhitungan kasar sehingga dapat diperkirakan berapa modal yang harus dipersiapkan. Umumnya usaha kopi membutuhkan modal awal sekitar Rp 20 sampai 50 juta tergantung konsep kedai yang akan Anda pakai.

2. Memilih Lokasi

Penting halnya bagi Anda untuk memilih lokasi membangun usaha kedai kopi. Penjualan akan meningkat pesat bisa kedai berada di lokasi yang ramai dan strategis. Seperti di area pusat perbelanjaan, pusat kota, dekat sekolah, area perkantoran, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diingat bahwa semakin ramai dan strategis lokasinya, tentu akan semakin mahal juga biaya sewa tempatnya. Sehingga sebelum memutuskan menyewa tempat, ada baiknya Anda melakukan survey untuk mencari lokasi yang cukup strategis dengan harga sewa yang tidak melebihi anggaran yang dimiliki.

3. Menentukan Konsep Kedai

Setelah menemukan lokasi yang cocok, berikutnya Anda harus menentukan konsep kedai kopi. Sebelum itu, Anda seharusnya sudah mengetahui siapa target usaha Anda. Apabila ingin menarget kalangan anak muda, maka membangun kafe dengan desain interior kekinian akan sangat disukai.

Selanjutnya Anda mulai memikirkan apa saja peralatan dan perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk kedai kopi. Seperti meja kursi pengunjung, meja barista, lemari pendingin, ketel, moka pot, Vietnam drip, grinder listrik, dan masih banyak lagi.

Tak luput juga bahan-bahan untuk pembuatan kopi. Seperti biji kopi, gula, susu, dan bahan lainnya. Untuk mendapatkan bahan baku biji kopi berkualitas, Anda dapat mencarinya dari para pemasok. Selain berkualitas, pilih juga yang harganya cukup terjangkau, sehingga pengeluaran bisa sedikit ditekan.

4. Merekrut Barista

Ketika memulai usaha kedai kopi, Anda membutuhkan barista untuk menyajikan kopi pada para pelanggan. Untuk merekrut barista, Anda bisa memasang lowongan pekerjaan di internet. Pilihlah barista yang memiliki rekam jejak bagus dan profesional di bidangnya. Akan lebih baik jika Anda merekrut barista yang sudah berpengalaman. Atau pilihlah barista yang sudah memiliki sertifikat barista maupun lulusan sekolah barista.

5. Promosi

Supaya usaha Anda berjalan lancar hingga menghasilkan imbal hasil sesuai harapan, maka lakukan promosi. Promosi bisa dilakukan secara offline maupun online. Bila ingin melakukan promosi secara hemat, cukup gunakan media sosial. Promosi di media sosial terbukti dapat menjangkau konsumen dalam lingkup yang lebih luas. Sehingga Anda dapat menjaring lebih banyak pecinta kopi untuk datang ke kedai Anda.

Demikian penjelasan mengenai 5 cara memulai bisnis kopi dengan mudah dan menguntungkan. Semoga bermanfaat.

Referensi: 

Okky Budi. 14 Mei 2021. Usaha Kedai Kopi Modal Cuma Rp 16 Jutaan? Gini Caranya!. Lifepal.co.id: https://bit.ly/3x5FCBS

Share this Post

Artikel Terbaru