Bisnis

4 Usaha Sampingan yang Dapat Mengisi Waktu Luang Anda

Usaha sampingan adalah pilihan yang cukup bagus untuk Anda yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Banyak jenis usaha yang hanya membutuhkan modal relatif kecil bisa dijadikan sebagai pengisi waktu luang sekaligus menambah pundi-pundi keuangan. Apalagi di saat perekonomian sedang mengalami penurunan seperti saat ini.

Mayoritas orang ragu dan takut untuk memulai sebuah usaha karena berpikiran kalau modalnya besar serta membutuhkan waktu untuk mengurusnya. Padahal berbagai bisnis sampingan bisa dilakukan di sela-sela waktu senggang dan diantara kesibukan harian. Bahkan Anda tidak perlu membuka lapak dan bisa melakukan transaksi jual beli dimana saja.

4 Ide Usaha Sampingan yang Mudah Dilakukan

Kemajuan zaman dan teknologi sekarang ini membuat kita jauh lebih mudah melakukan sesuatu termasuk dalam menjalankan usaha. Tidak seperti nenek moyang dulu untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis dibutuhkan tempat khusus seperti kios ataupun toko dan harus dijaga setiap hari. Nah, kalau Anda berminat untuk menjalankan usaha sebagai sumber penghasilan tambahan yang bisa dilakukan di sela kesibukan, berikut ini beberapa ide yang  bisa dicoba.

1. Berjualan Pakaian Bekas Lewat Media Sosial

Melihat lemari pakaian yang sudah terlalu penuh tentunya membuat pusing karena membuat sebagian baju tidak bisa masuk ke dalamnya. Nah, mengapa tidak mencoba untuk mengubah isi lemari tersebut menjadi uang. Caranya? Cari dan pilih pakaian bekas Anda yang masih dalam kondisi bagus lalu ditawarkan lewat media sosial.

Jangan lupa foto semua baju tersebut dengan sudut terbaik lalu berikan caption yang menarik. Kebanyakan orang sekarang ini suka membeli baju dan hanya memakainya beberapa kali saja karena berbagai alasan. Jual saja baju-baju tersebut agar tidak memenuhi lemari dan tentu saja bisa menambah uang jajan.

2. Membuka Jasa Les Privat

Anda punya keahlian di bidang tertentu? Misalnya pandai dalam matematika, bahasa asing, IPA ataupun keahlian non akademis lainnya seperti beladiri, main alat musik dan sebagainya. Mengapa tidak membuka les privat saja sebagai bentuk usaha yang cukup menjanjikan dan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan.

Sekarang ini jasa les privat cukup banyak diminati oleh masyarakat sehingga prospeknya bagus. Jasa les privat tidak membutuhkan modal, Anda gunakan saja ruangan yang ada di rumah. Kalaupun harus datang ke rumah murid privat Anda pakai saja kendaraan yang biasa dipakai dalam keseharian.

3. Membuka Jasa Pengantaran Makanan

Ide usaha apalagi yang mudah dilakukan dan tidak akan mengganggu aktivitas utama Anda. Salah satu yang bagus untuk dicoba yaitu jasa pengantaran makanan. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini dimana masyarakat disarankan untuk membeli apapun secara online jasa pengantaran memiliki prospek yang bagus.

Termasuk membeli makanan makin banyak saja orang yang pesan secara online. Nah, gunakan waktu luang Anda untuk mengantarkan pesanan makanan tersebut kepada pembelinya. Tentu saja sebelumnya Anda harus bicara dulu dengan pemilik warung makan ataupun restoran agar bisa diperbolehkan menjadi pengantar makanan.

4. Menjual Pulsa dan Kuota

Era digital tidak bisa dilepaskan dari keberadaan internet dalam hampir semua segi kehidupan manusia. Apa yang dibutuhkan orang saat semua membutuhkan jaringan internet? Ya, pulsa dan kuota. Berdasarkan fakta tersebut rasanya menjual pulsa ataupun kuota internet menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai bentuk usaha dan bisnis sampingan.

Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar, Anda bisa memulai usaha tersebut hanya dengan Rp 100 ribu saja. Dan tidak juga membutuhkan kios karena Anda bisa berjualan hanya menggunakan HP.

Ide usaha sampingan manakah yang menarik minat Anda dan sesuai untuk dilakukan dengan mempertimbangkan kesibukan harian Anda? 

Referensi:

Muhammad Iqbal. 19 Juli 2021. Bermodal Kecil, Ini 15 Usaha Sampingan yang Patut Dicoba. 99.co : https://bit.ly/3xfFH57

Bisnis. 16 Juli 2021. 5 Ide Usaha Sampingan di Rumah dengan Modal Kecil. kumparan.com : https://bit.ly/375zcaq

Share this Post

Artikel Terbaru