4 Perbedaan Konsultan dan Kontraktor yang Harus Anda Ketahui

Dalam sebuah proyek, terdapat istilah konsultan dan kontraktor yang dianggap sama oleh beberapa orang. Padahal, ada beberapa perbedaan konsultan dan kontraktor mulai dari pengertian dan fungsinya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari perbedaan kedua istilah tersebut dibawah ini.

Perbedaan Konsultan dan Kontraktor

1. Perbedaan dari Segi Pengertian

Anda bisa membedakan antara konsultan dan kontraktor jika sudah memahami pengertian kedua istilah tersebut. Konsultan merupakan pihak yang biasanya diminta oleh pemilik proyek untuk mengatasi jalannya pekerjaan atau pembangunan. Dalam hal ini, kinerja konsultan lebih kepada teori dan tidak ikut melaksanakan pekerjaan lapangan proyek tersebut.

Sebaliknya, kontraktor merupakan sebuah pihak yang ditunjuk oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan proyek yang ada. Dalam hal ini, kontraktor atau perusahaan kontraktor harus menghasilkan wujud nyata tujuan proyek mereka seperti yang telah diminta dan direncanakan sebelumnya oleh pemilik proyek.

2. Laporan Pekerjaan

Perbedaan konsultan dan kontraktor berikutnya dapat dilihat dari laporan pekerjaan yang akan dibuat. Terkait dengan fungsi dan tugasnya, konsultan akan membuat laporan pekerjaan yang mana isinya adalah tentang hasil pengawasan yang dilakukan pada kontraktor selama kontraktor tersebut mengerjakan proyek. Jika memang ditemukan masalah atau ketidaksesuaian, maka konsultan bisa melakukan evaluasi bersama dengan kontraktor dan pemilik proyek.

Selanjutnya, kontraktor sebagai pihak yang diawasi oleh konsultan tentu saja akan membuat laporan dengan format yang berbeda. Laporan yang disajikan oleh kontraktor nantinya berisi tentang progress pekerjaan yang sudah mereka lakukan. Kemudian, laporan tersebut akan dianalisa oleh konsultan dan pemilik proyek untuk mengetahui apakah kinerja kontraktor sudah sesuai dengan rencana awal atau belum.

3. Tanggung Jawab

Dalam sebuah proyek yang ada, tanggung jawab yang dimiliki oleh konsultan dan kontraktor tentunya berbeda. Konsultan tidak akan bertanggung jawab sepenuhnya kepada pemilik proyek. Sebab, dalam hal ini tugas konsultan hanyalah sebagai penasehat atau pengawas terhadap proyek yang sedang dibangun di bawah kendali kontraktor.

Hal tersebut tentu lain lagi dengan kontraktor, mereka akan bertanggung jawab penuh kepada pemilik proyek. Jika ada hal yang tidak sesuai dengan rencana awal pembangunan, maka kontraktor harus siap untuk melakukan perubahan dan memperbaikinya sebagai tanggung jawab mereka.

4. Keberadaan Konsultan dan Kontraktor

Dalam pembangunan proyek, keberadaan kontraktor pasti ada. Sebab, mereka yang menjalankan misi utama proyek tersebut. Tanpa kontraktor proyek yang digagas pasti tidak akan bisa berjalan dengan baik karena memang tidak ada yang mengerjakan.

Sebaliknya, keberadaan konsultan belum tentu ada dalam sebuah proyek. Kadang pemilik proyek akan bekerjasama dengan konsultan ketika dalam keadaan darurat dan saat dibutuhkan saja. Misalnya, proyek berlangsung dalam melebihi batas waktu target atau sudah terjadi kerusakan proyek sebelum pembangunan final.

Itulah beberapa perbedaan konsultan dan kontraktor yang harus Anda pahami sebaik mungkin. Sebab, jika Anda masih salah penafsiran terhadap keduanya, bisa jadi kelangsungan bisnis Anda nantinya juga akan terganggu. Di samping itu, Anda juga perlu untuk memahami segala hal yang berkaitan dengan konsultan dan kontraktor agar Anda bisa melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja mereka pada perusahaan Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Fatchul Amin. 28 Juni 2021. Perbedaan Konsultan dan Kontraktor ?. Anakteknik.co.id : https://bit.ly/3Ivq4ge