4 Manfaat dan Cara Analisa Pasar dalam Bisnis

Daftar Isi

Sebagai pelaku usaha, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk bisa melakukan analisa pasar yang tepat. Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan jika bisa melakukan analisa pasar, misalnya Anda jadi dapat menyusun strategi pemasaran produk untuk meningkatkan keuntungan bisnis yang Anda kelola.

Lalu, apa itu analisa pasar dan apa saja manfaatnya? Berikut kita akan membahas lebih dalam mengenai manfaat hingga cara melakukan analisa pasar yang baik dan benar.

Pengertian Analisa Pasar

Analisa pasar adalah suatu kegiatan penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar, seperti menentukan target pasar. Penentuan target pasar ini sangat penting karena perusahaan tidak dapat melayani seluruh konsumen yang ada di pasar. Maka, para konsumen itu harus diidentifikasi, dikelompokkan, dan akhirnya dipilih yang paling tepat untuk menjadi target pasar. Dengan begitu, analisa pasar yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil dan kesuksesan bisnis yang Anda jalankan.

Manfaat Analisa Pasar

Sebelum membahas lebih lanjut cara untuk menganalisis pasar, ada baiknya Anda tahu lebih banyak apa saja manfaat dari melakukan analisa pasar ini. Berikut adalah manfaatnya:

  •  Menjangkau Konsumen

Dengan melakukan analisa pasar, Anda dapat mengetahui siapa saja yang akan tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda jadi bisa mengetahui kualitas produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan kualitas produk Anda dengan harapan konsumen. Dengan melakukan analisa pasar yang benar, Anda akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen yang tepat dan meningkatkan penjualan pada produk Anda karena sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  • Melihat persaingan

Di awal menjalankan bisnis, ada kemungkinan Anda akan menemukan kompetitor yang menawarkan jenis produk yang sama dengan Anda. Dengan melakukan analisa pasar, Anda jadi dapat mengetahui SWOT dari bisnis pesaing Anda, sehingga Anda bisa memenangkan persaingan dengan bisinis yang sudah ada.

  • Mengetahui Tren

Tren yang berlangsung di pasar sangat mempengaruhi sebuah bisnis. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha, Anda harus peka terhadap tren-tren yang sedang terjadi. Hal ini agar produk Anda dapat menyesuaikan tren yang ada dan menarik lebih banyak konsumen. Mengetahui tren pasar ini juga meningkatkan peluang produk Anda dilihat memiliki nilai unik yang membedakan dengan produk sejenis yang sudah ada.

  • Meminimalisir Risiko

Setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing, walaupun kecil. Dengan analisa pasar, Anda dapat mengurangi risiko yang terjadi, seperti kegagalan produk. Selain itu, mempelajari kegagalan para pesaing juga dapat dilakukan dengan analisis pasar. Hal ini penting, agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dengan para pesaing tersebut.

Cara Melakukan Analisa Pasar

  • Berdasarkan permintaan dan Penawaran

Strategi ini memfokuskan pada kebutuhan manusia yang hingga kini masih belum dapat terpenuhi sepenuhnya. Contohnya, di beberapa provinsi, banyak masyarakat yang berada di wilayah pedesaan harus berangkat ke kota hanya untuk membeli pakaian. Hal ini berarti, di desa tidak terdapat pakaian yang sesuai dengan selera masyarakat tersebut. Dengan observasi tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa di desa terdapat peluang untuk membangun bisnis pakaian yang sesuai dengan selera dan harga masyarakat di pedesaan. 

Berbeda dengan pendekatan permintaan, pendekatan penawaran berawal dari kemampuan yang dimiliki seorang pelaku usaha. Misalnya, dalam memproduksi suatu barang atau memberikan pelayanan. Dari sinilah Anda dapat mencari pasar yang membutuh kemampuan Anda. Sebelum merintis sebuah usaha, ada baiknya juga Anda mengetahui kesesuaian antara daya beli masyarakat dan bisnis yang Anda jalani. Jangan sampai Anda menawarkan produk atau jasa dengan harga premium, sedangkan daya beli target pasar Anda kecil.

  • Berdasarkan Tingkat Kebutuhan

Sebelum merancang sebuah produk atau menawarkan jasa, sebaiknya Anda mengetahui dulu kebutuhan yang paling banyak diperlukan oleh masyarakat sekitar. Kebutuhan dapat dibedakan menjadi primer, sekunder, dan tersier.

  • Berdasarkan Waktu

Waktu di mana masyarakat membutuhkan produk juga sangat penting karena jika Anda menjual produk ketika waktunya tidak tepat, maka konsumen tidak akan tertarik. Contoh Anda menjual es kelapa di cuaca hujan. Meskipun ada beberapa orang membelinya, namun penjualannya tentu tidak akan sebaik ketika cuaca panas. Jadi, carilah produk yang akan selalu dibutuhkan oleh konsumen.

  • Berdasarkan Profesi Konsumen

Dalam strategi ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu profesi kebanyakan dari konsumen. Contohnya, Anda berada di kawasan peternakan, maka Anda harus menyediakan alat-alat yang mendukung peternakan. Bila Anda di daerah pegunungan, maka Anda bisa menyediakan layanan atau produk yang berhubungan dengan pendakian dan sebagainya.

Itu dia beberapa manfaat dan cara untuk melakukan analisis pasar. Apabila Anda memerlukan modal usaha untuk menerapkan analisa pasar dan juga untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui Investree. Investree memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cepat dan bunga yang kompetitif. Semua prosesnya mulai dari pengajuan pinjaman sampai pencairan dana dilakukan melalui online, sehingga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.  

Pendaftaran dapat diakses melalui tautan berikut ini: https://investr.ee/BlogBorrower.

Siap mengembangkan bisnis Anda bersama Investree?

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-analisa-pasar-yang-tepat-untuk-kesuksesan-bisnis/

https://koinworks.com/blog/5-cara-menganalisis-potensi-pasar/