Bisnis

4 Jenis Usaha Perseorangan yang Aman dan Menguntungkan

Ada berbagai jenis usaha perseorangan yang bisa Anda pilih untuk memulai usaha dan mendapatkan imbal hasil yang signifikan. Apa itu usaha perseorangan? Usaha perseorangan adalah usaha yang dimiliki satu orang yaitu Anda sendiri. Anda bisa memulai usaha perseorangan dengan modal kecil untuk skala kecil dan modal besar untuk skala besar. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari jenis-jenis usahanya dibawah ini.

Jenis-Jenis Usaha Perseorangan yang Menguntungkan

1. Usaha Perdagangan

Jenis usaha perdagangan meliputi warung sembako, rumah makan, toko online dan sejenisnya. Jika Anda menjalankan usaha yang disebutkan diatas, Anda sudah termasuk pengusaha di bidang usaha perorangan perdagangan. Usaha perdagangan merupakan jenis bisnis yang paling mudah ditemukan dan paling banyak dilakukan oleh masyarakat.

Usaha perdagangan adalah jenis usaha yang didalamnya terdapat kegiatan jual beli dengan tujuan untuk mendapatkan imbal hasil. Anda tidak harus memproduksi sendiri barang yang diperdagangkan, Anda bisa menjadi perantara seperti reseller dan dropshipper. Bidang dan komoditas yang ditawarkan juga tidak terbatas mulai dari kebutuhan pokok, kuliner, kecantikan bahkan seni.

2. Usaha Pertanian

Usaha pertanian menjadi bagian dari usaha perseorangan yang cukup menguntungkan. Umumnya masyarakat mengolah lahan miliknya sendiri lalu menjual hasilnya kepada orang lain secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan imbal hasil serta mengembalikan modal.

Pengelolaan secara profesional serta penggunaan teknologi membuat usaha pertanian makin dilirik masyarakat khususnya anak muda. Anda bisa bercocok tanam menggunakan media selain tanah misalnya hidroponik, terarium atau hortikultura. Berbagai jenis komoditas yang bisa dipilih dalam bidang ini misalnya sayuran organik, buah-buahan, tanaman hias, tanaman rempah, alat-alat pertanian dan sebagainya.

3. Usaha Bidang Jasa

Selain produk barang, Anda bisa menjual produk berupa jasa. Usaha bidang jasa ini banyak dipilih oleh mereka yang mempunyai keahlian tertentu seperti ahli dalam ilmu komputer, ahli dalam ilmu elektronik, ahli dalam otomotif dan sebagainya. Salah satu keuntungan dari usaha bidang jasa ini adalah modalnya yang relatif kecil dan mudah dilakukan. Contoh dari usaha perseorangan bidang jasa antara lain les privat, servis peralatan elektronik, pembuatan website, fotografi, penerjemah, penulisan artikel dan lain-lain.

4. Industri Kecil

Usaha perseorangan yang bisa Anda jalankan selanjutnya adalah industri kecil berupa usaha skala rumahan. Industri kecil ini biasanya dikelola dengan manajemen yang lebih jelas dan memiliki beberapa karyawan yang bisa berasal dari keluarga ataupun tetangga dan teman sendiri. Contoh dari jenis usaha industri kecil yang mudah ditemui di sekitar kita misalnya konveksi rumahan, produksi tahu dan tempe, pembuatan souvenir, produksi kerajinan tangan dan sejenisnya.

Itulah beberapa jenis usaha perseorangan yang bisa Anda pilih untuk memulai usaha dan mendapatkan imbal hasil. Untuk mengembangkan usaha perseorangan, Anda harus menyiapkan modal untuk promosi, investasi alat-alat produksi, memperluas usaha dengan membuka cabang usaha dan sebagainya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Ahmad. Jenis-jenis Usaha Perseorangan Beserta Contohnya. Gramedia.com : https://bit.ly/3tUiCoz

Content Writer. 23 Februari 2021. Jenis-jenis Usaha Perseorangan Beserta Contohnya. Toiletbisnis.com : https://bit.ly/39nZ8iV

Share this Post

Artikel Terbaru