Bisnis

4 Contoh UMKM Bidang Pertanian yang Dapat Anda Lakukan

Saat ini banyak sekali contoh UMKM pertanian yang sangat cocok dijadikan sebagai sumber penghasilan. Hasil-hasil pertanian seperti sayuran, buah dan palawija terbukti selalu bisa diserap pasar dengan bagus. Itu artinya hasil pertanian merupakan sumber konsumsi utama mayoritas masyarakat di Indonesia sehingga sampai kapanpun tidak akan ada matinya.

Pasar dari komoditas pertanian bukan hanya diserap oleh pasar domestik saja tetapi juga sangat diterima oleh pasar internasional melalui ekspor. Artinya jika ditekuni dengan serius pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah di bidang pertanian sangat berpotensi menjadi pebisnis yang sukses dengan keuntungan tinggi. Terlebih lagi Indonesia dikenal memiliki tanah yang sangat subur sehingga disebut sebagai zamrud khatulistiwa.

Contoh UMKM Bidang Pertanian

Usaha di bidang pertanian masih menjadi favorit bagi masyarakat yang hidup di daerah pedesaan maupun pegunungan. Selain itu, usaha ini juga menjadi sumber penghasilan utama bagi mayoritas masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Jika Anda tertarik untuk mencoba menjalani Usaha Mikro, Kecil Menengah bidang pertanian, bisa pelajari beberapa contohnya sebagai berikut.

1. Menjual Berbagai Bibit Tanaman

Anda tidak harus menjadi petani dan memiliki lahan agar bisa sukses dengan usaha pertanian. Anda cukup memulainya dengan menjual berbagai jenis bibit tanaman seperti bibit sayuran, bibit tanaman buah hingga bibit tanaman hias. Untuk tempat usaha, Anda bisa mempergunakan halaman rumah sendiri tanpa harus menyewa tempat sehingga lebih irit dari segi permodalan.

2. Distributor atau Penjual Pupuk Tanaman

Tanaman membutuhkan pupuk agar bisa tumbuh dengan bagus dan menghasilkan. Artinya pupuk tanaman akan selalu diperlukan sehingga bisa menjadi celah bisnis yang menjanjikan keuntungan.

 

Kalau modal Anda cukup besar bisa langsung menjadi distributor pupuk dari pabrik-pabrik dan menjualnya kembali ke toko-toko. Namun kalau modal yang dimiliki terbatas, Anda bisa membuat sendiri pupuk organik yang saat ini justru banyak dicari orang.

 

Pupuk organik bisa dibuat dari kotoran hewan maupun pembusukan tanaman seperti sayuran dan buah-buahan. Selain murah pupuk organik juga aman bagi kesehatan sehingga lebih dipilih orang.

3. Distributor atau Penjual Obat-Obat Pertanian

Serangan hama memang tidak bisa dipisahkan dari siklus kehidupan tanaman. Hama ada yang ringan namun banyak juga yang sifatnya sangat merusak tanaman dan menyebabkan gagal panen.

 

Semua petani selain memupuk tanamannya juga memberikan obat-obatan tertentu agar tumbuhan bebas dari serangan hama merugikan. Menjadi distributor ataupun penjual obat-obatan pertanian juga merupakan bisnis yang tidak bisa dianggap enteng. 

 

Berbagai jenis obat-obatan pertanian seperti insektisida, herbisida, fungisida, rodentisida maupun nematisida dapat Anda sediakan untuk para petani. Dari penjualan obat-obatan pertanian tersebut tentu saja Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

4. Penjualan Peralatan Pertanian

Pilihan usaha lainnya yaitu menjual peralatan pertanian mulai dari yang sederhana hingga yang besar kalau memang modal Anda mencukupi. Peralatan pertanian sederhana seperti cangkul, sabit, parang maupun penyemprot hama tidak hanya dibutuhkan oleh petani saja tetapi juga orang kebanyakan yang memiliki hobi berkebun.

 

Apalagi sejak terjadinya pandemi Covid aktivitas berkebun menjadi kegiatan yang banyak dilakukan orang dan menjadi tren. Itu artinya kebutuhan peralatan pertanian sederhana juga makin tinggi.

Itulah beberapa contoh UMKM pertanian yang bisa Anda coba dari sekarang. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha pertanian, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha pertanian dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

4 Bisnis UMKM Bidang Pertanian yang Menguntungkan. Lokerpns.web.id : https://bit.ly/3dh3IkS

Lutfa. 9 November 2021. 5 Contoh Usaha UMKM di Bidang Pertanian. Oyindonesia.com : https://bit.ly/3rE3XPk

Share this Post