Bisnis

4 Cara Mudah Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Dengan melakukan cara memulai bisnis online yang tepat, usaha semakin berkembang dan Anda akan menjadi pengusaha yang sukses. Saat ini banyak jenis usaha online yang bisa Anda coba untuk memulai usaha. Selain lebih mudah dan fleksibel dalam pengelolaannya, Anda tidak memerlukan banyak biaya untuk menyewa ruko ataupun ruang bisnis. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak cara dan penjelasan di bawah ini.

Cara Mudah Memulai Bisnis Online

1. Riset Pasar

Anda harus mengetahui kondisi pasar sebelum memulai usaha. Pada fase ini, pelaku usaha memerlukan data objektif sebagai fondasi bisnis online yang lebih kuat. Lewat riset pasar, Anda akan memperoleh data-data yang dibutuhkan, sehingga nantinya saat bisnis online mulai dioperasikan Anda bisa mengambil keputusan berdasarkan data objektif dan bukan sekadar asumsi maupun opini pribadi.

Metode riset pasar online yang bisa dilakukan pun cukup beragam. Mulai dari riset kata kunci, cek tren di media sosial, membuat survei sederhana, hingga bergabung dengan forum-forum tertentu.

2. Analisis Kompetitor

Anda wajib mempelajari dan menganalisis kompetitor Anda terlebih dahulu. Apa saja kelebihan yang dimiliki kompetitor, bagaimana cara kompetitor tersebut menarik perhatian konsumen, serta apa saja kekurangan kompetitor. Dengan informasi tersebut, Anda dapat memproduksi barang yang dapat bersaing dengan kompetitor. Untuk menganalisis kompetitor, Anda bisa meniru langkah-langkah berikut:

  • Mengelompokkan perusahaan kompetitor dalam 3 kategori utama, yakni kompetitor utama, kompetitor sekunder, dan kompetitor tersier. Cara ini dapat membantu Anda lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan menyaingi kompetitor terkait.
  • Kunjungi website kompetitor kemudian perhatikan setiap detail yang ada. Bagaimana kompetitor memposting produknya, apa isi deskripsi produknya, sampai seberapa cepat layanan support yang dimilikinya menanggapi pertanyaan pelanggan.
  • Kunjungi media sosial kompetitor.
  • Cari review orang lain yang berkaitan dengan produk yang dikeluarkan perusahaan kompetitor.
  • Identifikasi market positioning perusahaan kompetitor.
  • Bandingkan harga produk antara kompetitor satu dengan kompetitor lainnya.

3. Tentukan Target Pasar

Masing-masing produk memiliki target pasarnya sendiri. Oleh sebab itu, Anda wajib menentukan target pasar secara spesifik agar produk yang dibuat bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Disamping itu, kesesuaian produk dengan pangsa pasar bakal memudahkan Anda dalam menyusun strategi pemasaran. Agar lebih mudah dalam menentukan target pasar, Anda dapat meniru tips berikut ini.

  • Kelompokkan target pasar berdasarkan psikografi dan demografinya.
  • Ciptakan buyer pesona yang lebih spesifik.

4. Buat Website Resmi

Berdasarkan data survei internasional, lebih dari 50% pengguna internet tidak mempercayai bisnis online yang tidak memiliki website resmi. Dengan data ini, Anda harus membuat website untuk bisnis karena memiliki peran penting dalam menarik loyalitas pengunjung.

Untuk pembuatan website, Anda tidak perlu bingung karena sudah banyak jasa pembuatan website di internet. Anda hanya menyiapkan modal yang cukup untuk membayar jasa tersebut. Semakin besar modal yang Anda keluarkan tentu semakin tinggi kualitas website usaha Anda. 

Jika sudah menggunakan jasa pembuatan website, Anda bisa menjelaskan website seperti apa yang Anda inginkan. Agar lebih menarik, buat penataan interface sesuai dengan target pasar dan citra produk Anda. Misalnya saja dengan mengaplikasikan warna gelap untuk produk dengan kesan misterius dan ditujukan untuk kalangan pria dewasa. Atau paduan warna colorful dengan penataan button menarik untuk menangkap lebih banyak pasar remaja.

Demikianlah cara memulai bisnis online paling simpel yang bisa coba Anda terapkan. Dengan mengaplikasikannya secara tepat, usaha online Anda bakal berkembang pesat dan meraih lebih banyak pengunjung setiap harinya!

Referensi:

Ilham Mubarok. Januari 2021. Cara Bisnis Online dari Nol untuk Pemula dalam 9 Langkah. Niagahoster.co.id: https://bit.ly/3xlFi13

Share this Post

Artikel Terbaru