Bisnis

3 Tujuan Perencanaan Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Masih sedikit yang mengetahui tujuan perencanaan bisnis. Padahal perencanaan bisnis sangatlah penting terlebih dalam memulai suatu usaha. Perencanaan yang matang dapat membantu Anda untuk lebih terarah dalam menjalankan bisnis yang dirintis.

ACD marketplace

Perencanaan usaha atau yang disebut juga bisnis plan dilatarbelakangi oleh beberapa hal, seperti visi, misi, tujuan, hingga strategi. Rencana bisnis inilah yang akan Anda gunakan sebagai pedoman baik dalam menjalankan bisnis, membuat keputusan, hingga menarik para investor untuk memberi modal bagi kemajuan bisnis Anda.

Di dalam perencanaan bisnis juga terdapat target-target baik jangka panjang maupun jangka pendek yang harus dicapai. Target-target inilah yang akan membantu Anda dalam mengevaluasi kinerja bisnis hingga membuat keputusan yang tepat.

Sebagai salah satu aspek penting dalam memulai usaha, perencanaan bisnis memiliki tujuan serta manfaat. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai tujuan dari perencanaan bisnis.

3 Tujuan dari Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis dibuat dengan suatu tujuan. Tujuan tersebut adalah untuk menjawab pertanyaan seperti “di mana saya sekarang?”, “ke mana saya harus pergi?”, dan “bagaimana caranya supaya saya dapat mencapai ke sana?”. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu dapat Anda ketahui dari 3 tujuan berikut.

1. Sebagai Rencana Aksi

Tindakan yang Anda ambil untuk kepentingan bisnis dapat terbantu dengan adanya perencanaan bisnis yang matang. Dengan mengacu pada bisnis plan, Anda pun terbantu dalam memilah-milah proses menyelesaikan masalah yang awalnya terlihat rumit menjadi bagian-bagian kecil yang lebih jelas. Dengan begitu Anda dapat memecahkan masalah kecil satu persatu hingga tak terasa masalah besar pun akan ikut terselesaikan.

Hal ini akan sangat berguna bagi Anda yang baru memulai suatu usaha. Proses memulai usaha tampak cukup menakutkan dan terlalu rumit. Maka dari itu untuk mengatasinya, dibuatlah bisnis plan yang dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa takut dan kerumitan tersebut.

ACD lender

2. Sebagai Roadmap

Setelah bisnis berjalan pun, perencanaan yang telah Anda buat tetap sangat berguna. Tujuan dari perencanaan usaha berikutnya yaitu sebagai roadmap atau peta jalan ketika menjalankan bisnis. Anda tak akan luput dari berbagai rintangan dan tantangan yang mau tak mau harus dihadapi bila ingin bisnis Anda tetap berjalan.

Tanpa adanya perencanaan bisnis yang matang, Anda bisa jadi akan kehilangan arah di tengah hiruk pikuk dan lika-liku kegiatan bisnis. Untuk membantu Anda tetap fokus, disitulah perencanaan bisnis diperlukan. Bisnis plan ini juga dapat membantu pihak lain yang berhubungan dengan bisnis Anda dalam memahami visi yang sedang dijalankan. Diantaranya seperti produsen, supplier, karyawan, rekan bisnis, dan masih banyak lagi.

3. Sebagai Alat Penjualan

Selain sebagai rencana aksi serta roadmap untuk bisnis Anda, perencanaan bisnis pun bertujuan sebagai alat penjualan. Maksud dari alat penjualan ini lebih kepada mencari dana modal bagi mengembangkan usaha. Anda dapat memanfaatkan bisnis plan sebagai suatu alat untuk meyakinkan para penyandang dana untuk menempatkan modal di usaha Anda.

Pemilik modal tentu juga ingin mendapatkan imbal hasil dari dana yang mereka berikan ke bisnis Anda. Hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan usaha. Bila Anda membuat perencanaan usaha yang detail dan baik, maka investor pun akan yakin untuk membangun relasi yang saling memberi manfaat bagi kedua belah pihak.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Sst... Bisa juga daftar menjadi Lender Institusi jika Anda ingin mendanai berbagai tawaran pinjaman yang tersedia di marketplace Investree. Manfaatnya Anda dapat mengembangkan aset sekaligus melakukan diversifikasi portofolio bisnis perusahaan Anda. Daftar Investree sekarang juga dan tumbuhkan usaha Anda.

Demikian penjelasan mengenai tujuan perencanaan bisnis. Semoga bermanfaat.

ACD borrower

Referensi:

Admin. 15 November 2015. Tiga Tujuan Perencanaan Usaha. Berdesa.com: https://bit.ly/3lQqdkm

Share this Post