Bisnis

3 Contoh Rencana Pengembangan Usaha untuk Panutan Anda

Bagi Anda yang sedang akan memulai usaha atau ingin mengembangkan usaha, maka wajib mengetahui contoh-contoh rencana pengembangan usaha yang mudah diterapkan. Hal ini sangat penting, karena contoh-contoh tersebut dapat menginspirasi Anda untuk membangun usaha yang sedang diminati di pasaran. Dengan mengetahui contohnya terlebih dahulu, Anda juga bisa memperkirakan bagaimana konsep, sistem manajemen, serta berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Berikut ini contoh rencana pengembangan usaha kuliner yang bisa Anda coba.

Contoh Rencana Pengembangan Usaha Kuliner

Usaha dalam bidang kuliner memang tidak pernah ada matinya. Hingga kini banyak pengusaha yang berbondong-bondong ingin mengembangkan usaha mereka dalam bisnis kuliner kekinian yang sedang diminati oleh pasar.

Adapun, untuk contoh rencana mengembangkan usaha dalam bidang ini dapat Anda lakukan sebagai berikut:

1. Keunikan Produk Makanan

Pembuatan kue tart mini dengan bahan baku labu ini merupakan suatu inovasi baru yang ada. Bahan yang digunakan merupakan bahan yang aman untuk kesehatan. Di samping itu, rasanya dijamin enak dan membuat siapa saja yang memakannya ketagihan. Tidak hanya itu saja, kelebihan dan keunikan lain yang membuat kue ini berbeda yakni dari segi bentuk dan pengemasannya. Bentuknya dibuat dalam berbagai karakter dan juga sesuai request pelanggan. Untuk pengemasannya disajikan dalam sebuah kardus dengan desain full colour atau terdapat juga pilihan mika transparan.

2. Target Pasar

Belum banyak yang tahu tentang kue tart mini dengan bahan baku labu ini. Untuk itu, target pasar yang disasar dalam pemasaran kue tersebut yakni ibu rumah tangga, anak-anak, kerjasama dengan pemilik catering, kerjasama dengan wedding organizer, dan pihak-pihak yang akan sedang melaksanakan ulang tahun atau hajatan.

3. Lokasi Usaha

Usaha kue tart mini dengan bahan baku labu siam ini rencananya dibangun di pusat kota. Hal ini dilakukan sebab tempat yang pilih merupakan tempat yang sangat strategis sehingga siapa saja bisa menjangkaunya dengan baik. Nantinya, pembangunan tempa akan dilakukan dengan desain kekinian dan dengan tema unik yang mencerminkan sebuah bakery atau toko roti. Di dalam tempat tersebut harus bersih, terdapat AC, dan juga terdapat tempat tunggu supaya pelanggan nyaman ketika berbelanja di toko tersebut. Untuk detail letak toko dan juga bangunan dapat disimak sebagai berikut:

  • Alamat toko di Jalan Ahmad Yani Nomor 56 Sukolilo Surabaya
  • Toko akan dibangun dengan lantai 2 dengan rincian lantai satu sebagai tempat pembuatan kue secara terbuka yang dapat dilihat oleh semua pengunjung dan tempat tunggu bagi pelanggan yang membeli kue untuk dibungkus. Untuk lantai 2 merupakan tempat untuk pelanggan yang ingin makan kue di tempat.
  • Tempat didesain dengan desain vintage dan diberi ornamen-ornamen istimewa yang terlihat mewah dan tentunya mengesankan bagi siapa saja yang melihatnya

Itulah contoh rencana pengembangan usaha yang bisa Anda pelajari saat ini dan Anda terapkan di kemudian hari nanti ketika telah mengembangkan usaha. Jangan bosan-bosan untuk terus belajar mengupgrade kemampuan bisnis supaya hard dan soft skill yang Anda miliki seimbang sehingga bisnis yang dijalankan dapat berkembang dengan baik dan lancar. Selain itu, modal juga penting Anda miliki untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti pengembangan produk dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Toiletbisnis. Oktober 13, 2020. Contoh Bisnis Plan Makanan Unik Terbukti Berhasil. Toiletbisnis.com : https://bit.ly/3BhqrqL

Share this Post

Artikel Terbaru