10 Tips untuk Memulai Usaha Fotocopy yang Tepat bagi Pemula

Usaha fotocopy adalah salah satu peluang bisnis yang sangat besar dan tidak terbatas oleh waktu tertentu. Apalagi setiap harinya kebutuhan akan pencetakan dan penggandaan dokumen terus meningkat. Hal inilah yang membuat beberapa orang mulai melirik usaha fotocopy sebagai salah satu sektor bisnis yang menguntungkan.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membuka usaha fotocopy, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Tujuannya agar usaha fotocopy tersebut bisa berjalan lancar dan terus berkembang.

Lantas, kira-kira apa saja tips untuk memulai usaha fotocopy bagi pemula? Yuk, simak penjelasan tentang tipsnya dalam artikel di bawah ini.

10 Tips Memulai Usaha Fotocopy bagi Pemula

Berikut ini adalah penjelasan tentang 10 tentang memulai usaha fotocopy bagi pemula yang perlu Anda ketahui.

1. Memilih Tempat Usaha yang Tepat

Tempat usaha memang menjadi peranan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Maka dari itu, Anda perlu memilih tempat yang tepat untuk membangun usaha fotocopy. Biasanya lokasi yang paling cocok sebagai tempat memulai bisnis fotocopy antara lain kawasan perkantoran, instansi pendidikan, hingga instansi pemerintahan.

2. Menyiapkan Modal Usaha

Jika Anda harus menyewa tempat usaha, maka perlu menyiapkan biaya lebih untuk membayar sewa tempat tersebut. Apalagi jika lokasinya sangat strategis untuk membangun usaha. Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan modal usaha secara detail untuk membeli sejumlah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam membangun usaha fotocopy.

3. Memberi Pelayanan yang Memuaskan

Kunci kesuksesan dari sebuah usaha fotocopy adalah pelayanan yang berkualitas dan juga dapat memuaskan pelanggan. Hal ini akan menjadi poin tambahan jika Anda menyediakan layanan yang lengkap bagi pelanggan. Misalnya, print warna, print laser, fotocopy, scan, dan lainnya. Umumnya, pelanggan lebih suka jika mereka dilayani dengan cepat. Jadi, pastikan Anda melayani pelanggan dengan cekatan, ya.

4. Melakukan Promosi

Promosi adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis. Setelah usaha fotocopy Anda sudah berjalan, jangan lupa untuk melakukan promosi demi mendatangkan konsumen. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk promosi, seperti memasang spanduk berukuran besar, membagikan brosur, hingga memanfaatkan media sosial.

5. Memberi Harga yang Terjangkau

Bisnis fotocopy yang menjamur memang sangat rentan terhadap persaingan harga. Untuk itu, sebaiknya Anda mematok harga yang terjangkau agar tidak ditinggalkan pelanggan. Apalagi jika konsumen Anda adalah mahasiswa dan anak sekolah. Sudah pasti mereka lebih memilih tempat fotocopy yang murah.

7. Hindari Kredit Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy menjadi salah satu peralatan wajib yang Anda miliki sebelum membuka usaha. Namun, harga mesin fotocopy tersebut sangatlah mahal. Hal inilah yang membuat tak sedikit toko yang menawarkan kredit untuk pembelian mesin fotocopy. Meski Anda bisa membelinya secara kredit, namun sebaiknya hal tersebut dihindari.

Hal ini karena membeli mesin fotocopy secara kredit cenderung memberikan dampak buruk bagi kelangsungan bisnis Anda. Sebab, nantinya Anda wajib membayar angsuran setiap bulan. Sedangkan di sisi lain, mesin fotocopy membutuhkan perawatan rutin.

8. Memilih Mesin Fotocopy

Saat ini di pasaran ada banyak sekali tipe mesin fotocopy yang bisa dibeli. Mulai dari mesin fotocopy biasa ataupun mesin yang sudah dilengkapi dengan fitur scanning dan printing. Untuk itu, sebaiknya Anda membeli mesin fotocopy dengan kualitas tinggi dan fitur lengkap agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

9. Membuat Rencana Bisnis

Setiap bisnis membutuhkan perencanaan matang, termasuk pada usaha fotocopy yang Anda jalani. Anda juga perlu menentukan keberlanjutan bisnis tersebut. Tujuannya agar bisnis fotocopy Anda menjadi semakin berkembang.

10. Menjalin Relasi

Menjalin relasi menjadi hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas wilayah pemasaran. Relasi yang paling ideal bagi pemilik usaha fotocopy adalah instansi pemerintahan, perguruan tinggi, sekolah, hingga perkantoran.

11. Pembukuan

Laporan keuangan dalam sebuah bisnis menjadi hal yang tak kalah penting. Maka dari itu, Anda perlu membuat pembukuan yang berisi catatan seluruh pengeluaran dan juga pemasukan usaha. 

Itulah 10 tips untuk memulai usaha fotocopy bagi pemula. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membangun usaha fotocopy?

Referensi:

https://bukuwarung.com/tips-memulai-usaha-fotocopy/

https://www.etalasebisnis.com/tips/4712/cara-memulai-usaha-fotocopy-untuk-pemula.html