10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dalam Sebuah Negara

Perdagangan internasional adalah salah satu bentuk kerja sama dagang yang bisa dilakukan oleh dua negara sekaligus atau lebih. Tentu saja ada berbagai faktor pendorong perdagangan internasional dapat terjadi antara dua negara.

Umumnya, negara yang memang menjalin kekerabatan dengan negara lain akan membentuk wujud kekerabatannya dengan menjalin kerja sama dagang. Sebab, perdagangan internasional menjadi hal yang penting karena berkaitan dengan kebutuhan negara dan para penduduknya.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu apa saja faktor pendorong perdagangan internasional, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini, ya.

10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada berbagai faktor pendorong suatu negara memutuskan untuk menjalin kerja sama dagang dengan negara lain. Berikut ini adalah 10 faktor pendorong perdagangan internasional yang perlu Anda ketahui.

1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Tentu semua negara mempunyai sumber daya alam yang sama. Hal inilah yang mendorong negara tersebut menjalin kerja sama dengan negara lain guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Artinya, negara yang membutuhkan sumber daya alam akan mencari negara yang memilikinya sehingga terjalin perdagangan internasional.

2. Penghematan Biaya Produksi, SDM, serta Ilmu Pengetahuan

Negara yang memiliki SDM mumpuni serta teknologi yang canggih tentu dapat memproduksi barang dengan kualitas yang lebih baik. Berbeda halnya dengan negara yang memiliki SDM dan teknologi minim. Jadi, membeli dari negara pembuatnya akan jauh lebih murah dibanding memproduksinya sendiri.

3. Pemenuhan Kebutuhan Nasional

Dikarenakan tidak semua negara mempunyai sumber daya yang sama, maka mau tidak mau negara tersebut harus menjalin kerja sama internasional untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan para penduduknya.

4. Meningkatkan Pemasukan Negara

Faktor pendorong perdagangan internasional yang selanjutnya sudah pasti untuk meningkatkan pemasukan negara. Kegiatan ekspor dan impor menjadi salah satu cara negara untuk meningkatkan pendapatan. Hal ini karena negara akan diuntungkan dari nilai pajak barang tersebut.

5. Memperluas Pasar

Ekspansi produk ke banyak negara sudah pasti menjadi salah satu faktor pendorong perdagangan internasional. Ekspansi juga dilakukan untuk memperluas pasar dari produk tersebut. Dengan begitu, negara akan mendapat keuntungan lebih tinggi.

6. Peningkatan Produk UMKM

Kualitas produk dalam negeri sudah pasti berpotensi mempunyai nilai jual yang tinggi apabila dijual dan didistribusikan ke pasar internasional. Kebutuhan inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab terjadinya perdagangan internasional. Untuk bahan bakunya sendiri bisa diperoleh dari dalam maupun luar negeri. Dengan begitu, maka produk lokal dapat bersaing di pasar internasional.

7. Kerja Sama Antarnegara

Sering kali ada beberapa produsen dari suatu negara yang membuka produksinya di negara lain. Hal ini tentu saja dapat terjadi karena adanya kecocokan bisnis dan industri. Sebab, pada dasarnya perdagangan internasional harus bisa membawa dampak positif bagi kedua negara.

8. Kondisi Iklim yang Berbeda

Kondisi iklim tentu dapat memengaruhi kekayaan sumber daya suatu negara. Perbedaan inilah yang kemudian membuat sebuah negara tidak dapat memproduksi semua kebutuhan mereka sendiri sehingga harus mempersiapkan untuk melakukan perubahan modal. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan impor barang.

9. Adanya Kelebihan Produk

Kelebihan produk di suatu negara juga menjadi faktor pendorong perdagangan internasional lainnya. Ketika pemenuhan kebutuhan suatu barang atau produk dianggap sudah cukup, tentu negara tersebut dapat mengekspor barang-barang itu ke negara lain.

10. Era Globalisasi

Tidak dapat dipungkiri jika era globalisasi membuat sebuah negara tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Hal inilah yang membuat produsen bisa dengan bebas mengeluarkan maupun memasukkan barang ke negara lain. Kondisi globalisasi memaksa setiap negara harus turut andil di dalamnya.

Nah, itu dia 10 faktor pendorong perdagangan internasional yang perlu Anda kenali. Jadi, kini Anda sudah paham mengapa suatu negara perlu melakukan kerja sama dagang secara internasional, kan?