Keluarga

Untuk Jangka Panjang, Ini Dia Ide Kado Finansial Bagi Pasangan

Bunga atau makan malam romantis sebagai hadiah hari kasih sayang mungkin sudah biasa. Bahkan itu juga bisa kita lakukan bersama pasangan di hari-hari biasa. Kenapa tidak coba memberi suatu hal yang lebih spesial untuk orang-orang terkasih dengan tidak hanya memikirkan tentang mereka saat ini, namun juga saat yang akan datang. Ya, memberi kado dengan tema finansial bisa menjadi pilihan unik untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan.

Apalagi bila Anda dan pasangan sudah memiliki semua yang dibutuhkan secara materi. Hanya akan buang-buang uang saja bila Anda semakin memenuhi rumahnya dengan lebih banyak barang. Coba pikirkan untuk keluar dari kebiasaan lama dan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan uang dengan bijak. Bukankah lebih bagus bila bisa mengajak pasangan Anda ke arah yang lebih baik? Nah, kira-kira apa, ya, kado istimewa dengan tema finansial yang berguna bagi pasangan Anda? Sini, yuk, Investree kasih idenya!

Berguna untuk jangka panjang, kasih kado polis asuransi jiwa

Banyak orang mengabaikan asuransi jiwa karena dianggap tidak dibutuhkan atau banyak yang tidak suka memikirkannya karena kematian adalah topik yang tidak menyenangkan. Padahal, kematian juga merupakan kenyataan yang harus siap kita hadapi. Salah satu bentuk kesiapan itu bisa dengan mempersiapkan asuransi jiwa. Karena ketika seseorang meninggal, polis asuransi jiwa dapat memberikan dukungan keuangan yang sangat dibutuhkan oleh ahli waris yang masih hidup. Itu mengapa, polis asuransi jiwa bisa menjadi ide kado yang lebih bermanfaat untuk jangka panjang. Hadiahkan polis asuransi jiwa atas nama Anda dan cantumkan nama orang tersayang yang ingin Anda tunjuk sebagai penerima polis. Tapi ingat, Anda dan pasangan juga harus tahu cara kerja polis asuransi jiwa yang dipilih karena setiap produk asuransi punya ketentuan yang berbeda-beda.

Kadoin emas batangan/perhiasan bisa untuk investasi

Emas sudah menjadi instrumen investasi yang dipilih banyak orang di Indonesia. Harga jualnya yang terus naik dari tahun ke tahun, membuat emas cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang. Bayangkan saja, harga emas Antam 24 karat pada Desember 2019 tercatat Rp 752.000 per gram. Selang satu tahun pada Desember 2020, harga emas tersebut sudah naik menjadi Rp 965.000 per gram. Itu mengapa, emas menjadi pilihan investasi yang populer. Emas dalam bentuk perhiasan juga bisa menjadi investasi sekaligus dapat digunakan untuk mempercantik diri. Ini yang kemudian membuat emas terbilang sesuai untuk dijadikan kado hari valentine karena selain bisa menyenangkan hati pasangan Anda, emas sendiri bisa bermanfaat untuk jangka panjang.

Ringankan beban dengan bantu lunasi pinjaman

Utang bernilai besar seperti cicilan kendaraan bisa menjadi beban keuangan yang besar. Jika pasangan Anda kesulitan membayar utang tersebut, tawarkan untuk bantu membayar sisanya. Jika Anda tidak mampu melunasi semuanya, paling tidak Anda bisa mengurangi jumlah pokok utang tersebut. Atau, ketika Anda mendukung untuk pasangan Anda menutup kartu kreditnya, bisa tawarkan untuk melunasi utang kartu kredit tersebut dan kemudian segera menutupnya. Jangan sampai pasangan Anda tetap menjaga kartu kreditnya aktif dan malah menimbulkan sifat impulsif yang dengan sengaja membelanjakan uang secara sembarangan setelah Anda melunasinya. Kado finansial ini bisa diartikan sebagai isyarat bagi Anda ke pasangan untuk menuju pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Beri saham dari brand kesayangan

Ketimbang Anda membelikannya produk fashion seperti tas, sepatu, atau baju branded yang harganya mahal, mending alihkan dana tersebut untuk membeli saham dari brand favorit pasangan Anda. Sebut saja dia suka dengan brand seperti ZARA, Bershka, Stradivarius, lalu Anda bisa memilih untuk membeli saham perusahaan merek tersebut seperti Inditex atau Sritex yang menaungi merek ZARA dan Uniqlo. Atau, ketimbang membelikan pasangan Anda tas mahal keluaran merek Hermes, mending beri dia kado berupa saham perusahaan itu (Hermes International SCA). Ini sekaligus bisa menjadi cara menarik untuk mengajak pasangan Anda memulai perjalanan investasinya dengan menjadi bagian dari kisah sukses merek tersebut. Jika dia tergolong pemula dalam investasi saham, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberi buku pegangan investasi agar dapat memperkenalkannya ke pasar saham.

Berinvestasi untuk masa depan pasangan

Mungkin pasangan Anda punya keinginan untuk membuka sebuah bisnis sampingan tapi belum terlaksana karena kekurangan modal usaha. Ketimbang memberikan dia hadiah yang mewah, Anda bisa berinvestasi pada bisnis yang ingin dibangunnya. Bukankah lebih bijak bila Anda bisa berinvestasi untuk masa depan orang yang dicintai? Nah, Anda bisa berikan dia investasi berupa modal usaha untuk bantu memulai sebuah bisnis. Atau pilihan lainnya, Anda bisa memfasilitasi pasangan Anda untuk mengambil kelas/pelatihan yang dapat membuka pintu ke lebih banyak peluang karir. Tawarkan untuk membayar biaya kursusnya sehingga mereka tidak perlu menunggu lama lagi untuk mengumpulkan uang lebih dulu.

Buka rekening tabungan untuk anak

Bagi Anda dan pasangan, anak adalah hal penting yang harus diprioritaskan. Itulah mengapa, tabungan untuk masa depan anak bisa menjadi kado spesial yang benar-benar dibutuhkan pasangan Anda. Sebab, sebagian besar pasangan akan menemukan lebih banyak kegembiraan ketika mampu menjamin kesejahteraan anak-anak mereka. Banyak produk bank yang memberi layanan tabungan untuk anak dengan fasilitas kartu debit yang dapat digunakan atas pengawasan orang tua. Ini juga bisa menjadi langkah awal untuk mengajarkan anak Anda mulai sadar secara finansial sambil menanamkan manfaat tabungan/investasi.

Itu tadi keenam ide kado finansial yang bisa Anda berikan ke pasangan pada momen-momen spesial seperti salah satunya saat perayaan hari kasih sayang. Di luar keenam ide tersebut, Anda masih bisa memilih produk SBN (Surat Berharga Negara) sebagai kado investasi yang aman dan cocok bagi pemula. Sekarang, Obligasi Negara Ritel seri ORI019 sedang ditawarkan dari 18 Januari - 25 Februari 2021. Dengan tingkat kupon tetap sebesar 5,57% p.a., investasi ORI019 juga aman dijamin pemerintah RI. Tidak hanya itu, dengan memesan melalui aplikasi Investree for Lender, Anda berkesempatan memperoleh tambahan cashback hingga Rp 5 juta. Lumayan, kan, Anda jadi bisa memberikan kado bernilai lebih ke pasangan Anda. Kenali ORI019 di investr.ee/info-ORI019 atau pesan sekarang untuk raih keuntungan lebih di investree.id/marketplace/sbn.

Referensi:

Nisary M. 14 Februari 2020. Top 5 Financial Gifts for Your Valentine This Valentine’s Day. Financialexpress.com: http://bit.ly/3p0ASJ6

Valencia Patrice. 27 Januari 2021. 7 Financial Gift Ideas for Valentine’s Day. Mybanktracker.com: http://bit.ly/3jI1Q7n

Share this Post

Artikel Terbaru