Tujuan Finansial

Merdeka Finansial Itu Mungkin, Asal Lakukan 6 Langkah Berikut!

Apa yang Anda ketahui soal merdeka secara finansial? Apakah itu berarti punya harta yang banyak? Atau, bisa bebas melakukan apapun?

Hmm, sebenarnya arti dari merdeka secara finansial tidak sesempit itu. Merdeka secara finansial lebih diartikan sebagai kemampuan untuk bisa membuat keputusan hidup tanpa terlalu stres memikirkan dampak finansialnya. Misal, bisa bebas memilih karir yang diminati tanpa mengkhawatirkan besarnya pendapatan, atau bebas melakukan perjalanan ke luar negeri setiap tahun tanpa membebani anggaran. Nah, masing-masing orang pasti punya mimpi dan tujuan keuangan yang berbeda-beda. Itu mengapa, merdeka secara finansial sifatnya lebih pribadi yang bisa dicapai melalui kendali penuh atas keuangan Anda. Karena percuma bila hanya punya uang yang banyak tapi tidak juga bisa mengendalikan keuangan. Kemerdekaan finansial tentu hanya akan menjadi mimpi. Kali ini, Investree ingin berbagi seputar langkah-langkah yang bisa Anda ambil agar bisa merdeka secara finansial. Simak ulasannya, yuk!

Berkomitmen untuk hidup sesuai kemampuan

Untuk bisa merdeka secara finansial memang dibutuhkan keberanian. Mungkin dapat dimulai dengan memilih jalan yang banyak diabaikan orang lain. Seperti, memiliki prinsip untuk tidak memaksakan diri saat menjalani hidup. Ubahlah pola pikir untuk mau menganalisis kemampuan pribadi dan mengetahui bagaimana kondisi keuangan Anda. Jangan berasumsi bahwa kekayaan adalah sesuatu yang hanya bisa dicapai oleh mereka yang berpenghasilan tinggi. Ketahuilah bahwa merdeka secara finansial tidak harus selalu menjadi kaya lebih dulu. Bahkan, keluarga kelas menengah juga bisa mencapainya dengan memiliki gaya hidup yang sesuai dengan kondisi finansial, atau selama mereka bisa membelanjakan lebih sedikit uang dari yang bisa mereka peroleh.

Pangkas anggaran yang tidak perlu

Pertama-tama Anda harus rutin melacak pengeluaran. Itu mengapa penting untuk selalu mencatat pengeluaran yang Anda lakukan. Dari situ Anda bisa melihat, apakah pengeluaran yang dilakukan sudah sesuai dengan anggaran bulanan? Setelah Anda mengetahui pola pengeluaran, sekarang saatnya memangkas anggaran yang dinilai tidak perlu, atau masih bisa Anda hemat untuk dialihkan ke tabungan/investasi. Tidak hanya pengeluaran kecil seperti mengurangi anggaran entertainment, kebiasaan hangout, hingga keanggotaan gym, tapi juga pengeluaran besar yang memberi pengaruh secara signifikan. Seperti, menjual rumah atau membeli mobil bekas yang lebih murah bisa menjadi pengorbanan yang lebih berarti. Pertimbangkan untuk melakukan suatu perubahan besar dalam gaya hidup Anda agar dapat menghasilkan perubahan yang signifikan pada kondisi keuangan. Ini akan membantu Anda mencapai tujuan akhir untuk merdeka secara finansial seumur hidup.

Buat rencana pelunasan utang

Merdeka secara finansial juga berarti terbebas dari utang. Jadi, bukan merdeka namanya bila Anda masih memiliki banyak utang. Meski kenyataannya sulit untuk memiliki tempat tinggal tanpa hipotek, menghapus utang kartu kredit, hingga menghindari pinjaman pembelian kendaraan, namun utang yang macet dapat membunuh mimpi Anda untuk merdeka secara finansial karena hal tersebut akan mengunci Anda pada situasi yang membuat sulit untuk maju. Cara termudah melunasi utang adalah dengan fokus pada rencana pelunasan satu per satu utang yang dimiliki. Pilihan yang disarankan adalah memilih utang dengan saldo terkecil atau yang paling urgent untuk didahulukan pelunasannya. Tujuannya agar Anda dapat terhindar dari masalah yang lebih besar, serta dapat membangun momentum dan motivasi lebih dulu. Pastikan Anda memfokuskan semua uang ekstra yang dimiliki untuk mengutamakan melunasi utang. Terus lakukan rencana tersebut secara berulang hingga semua utang Anda dapat dilunasi.

Bangun dana darurat yang memadai

Kenapa hal ini penting? Sebab, dana darurat dapat menyelamatkan Anda dari situasi yang tidak bisa Anda prediksi. Selain itu, dana darurat bisa mencegah Anda untuk berutang ketika situasi yang buruk terjadi. Juga sebaiknya Anda tidak menggunakan dana darurat untuk membayar dan melunasi utang karena itu pendekatan yang salah. Utang bukan diartikan sebagai kondisi darurat/tidak terduga, sebaliknya utang adalah kondisi yang direncanakan. Untuk itu sebaiknya Anda memastikan bahwa sudah memiliki tabungan dana darurat yang mencukupi, yaitu sebesar 6 kali pengeluaran rutin bulanan. Bila Anda sudah berhasil mengumpulkannya, simpan di rekening terpisah yang tidak akan membuat Anda tergoda menggunakannya.

Cerdas dalam memilih karir

Sarana untuk membangun kekayaan, jelas adalah penghasilan Anda sendiri. Itu mengapa, saat memilih karir ada banyak hal yang dipertaruhkan. Jangan sampai Anda terjebak pada pekerjaan yang membuat Anda sengsara. Temukanlah pekerjaan yang Anda sukai, yang juga dapat mendukung tujuan finansial di masa depan agar Anda dapat lebih menikmatinya. Lakukan pertimbangan seperti:

1. Dimana Anda ingin berada dalam 10 tahun ke depan?

2. Apa pekerjaan yang sesuai dengan tujuan Anda secara keseluruhan?

3. Apakah ada potensi untuk menghasilkan pendapatan yang meningkat seiring peningkatan kemampuan Anda?

4. Apakah ada peluang untuk Anda berkembang secara pribadi dan profesional?

5. Apakah Anda menikmati pekerjaan yang dipilih?

Pertimbangan tersebut dilakukan karena pilihan karir dapat berdampak besar pada rencana keuangan jangka panjang, jadi sebaiknya bisa lakukan dengan serius.

Pilih investasi yang tepat

Memang tidak ada investasi yang bebas risiko, tapi Anda bisa memilih investasi yang tepat agar dapat meminimalisir risiko dan membantu Anda mencapai kemerdekaan finansial. Seperti ketika Anda memiliki tujuan jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan hari tua atau biaya perguruan tinggi anak, Anda bisa memilih investasi yang lebih menguntungkan dengan skema jangka panjang, sebagai contoh reksa dana campuran/saham, logam mulia. Sedangkan, bila Anda ingin berinvestasi hanya untuk jangka waktu 1 - 5 tahun, Anda bisa memilih investasi jangka pendek yang lebih likuid, seperti reksa dana pasar uang, deposito, obligasi, atau peer-to-peer lending. Tetapi yang lebih penting adalah melakukan mitigasi risiko dengan tidak hanya berinvestasi di satu instrumen saja. Bahkan, tidak ada salahnya bila Anda berinvestasi pada asuransi jiwa yang berguna bagi ahli waris, untuk berjaga-jaga agar Anda bisa hidup lebih tenang.

Tentu tidak hanya negara tempat kita tinggal yang bisa merdeka, kita sebagai penduduknya juga akan lebih bahagia bila bisa merdeka secara finansial. Apa yang Anda bayangkan bila mampu membuat keputusan tanpa memikirkan soal uang? Pasti akan sangat menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk mencapai kemerdekaan finansial, pasti manfaat jangka panjangnya tetap bisa Anda rasakan. Seperti pernyataan “sekali merdeka, tetap merdeka”, bukan?

Referensi:

Maryalene LaPonsie. 13 Juli 2020. 10 Steps to Achieve Financial Freedom. USNews: https://bit.ly/2DQXrxI

Chris Hogan. How Do I Achieve Financial Freedom?. Daveramsey.com: https://bit.ly/2PB3SYu

Share this Post

Artikel Terbaru