Tujuan Finansial

Mengenal Sistem Perekonomian Secara Mendalam Di Sini

Setiap negara memiliki sistem perekonomian yang yang berbeda-beda, termasuk Indonesia. Sistem ekonomi Indonesia menggunakan sistem ekonomi campuran. Sistem ekonomi yang dianut Indonesia dan negara lainnya dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai ideologi hingga ke struktur perekonomiannya.

Sederhananya, sistem ekonomi menjadi sebuah sistem yang berisi berbagai macam tata cara dan peraturan yang mengatur perilaku seluruh masyarakat dalam berkegiatan di bidang ekonomi. Fungsi sistem ekonomi bagi sebuah negara sangatlah penting karena memiliki fungsi sebagai pendorong untuk sistem produksi.

Definisi dari Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi terdiri dari susunan elemen-elemen perekonomian yang saling terhubung satu dengan lainnya serta bekerja untuk memberikan solusi pada permasalahan ekonomi dan mencapai tujuan tertentu. Di dalam sistem ekonomi tercakup kegiatan produksi, proses distribusi hingga konsumsi yang memiliki peranan sama besarnya.

Sistem ekonomi bisa juga diartikan sebagai perangkat yang dipergunakan oleh sebuah negara dalam pengelolaan faktor ekonomi serta mengalokasikan berbagai sumber daya yang dimilikinya ke dalam lembaga-lembaga ataupun unit-unit perekonomian guna menghindari terjadinya kekacauan pada bidang tersebut.

Sebuah sistem ekonomi berperan untuk menciptakan sebuah mekanisme yang tujuannya untuk membuat proses pendistribusian barang maupun jasa bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. 

Jenis Sistem Ekonomi Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Sistem ekonomi yang berlaku dalam sebuah negara dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Yang termasuk dalam faktor internal misalnya sumber daya alam dan manusia, kondisi fisik dan juga letak secara geografis. Sementara itu faktor eksternal contohnya kondisi keamanan global, perkembangan teknologi dan situasi perekonomian global. Sedangkan sistem ekonomi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis seperti dijelaskan berikut ini.

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi yang sangat berkaitan erat dengan adat istiadat dan tradisi. Umumnya sistem ekonomi ini digunakan oleh negara-negara agraris yang masih sangat bergantung dari sektor pertanian.

Kelebihan :

  • Sumber daya serta lingkungan akan sangat terjaga karena tidak ada eksploitasi berlebihan.
  • Hubungan yang terjadi antar masyarakat sifatnya masih sangat kuat.

Kekurangan :

  • Pemenuhan kebutuhan masyarakat masih tergantung dari sumber daya alam.
  • Peradaban masyarakat didalamnya mengalami kesulitan untuk menjadi lebih maju dan berkembang.

2. Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi dimana pemerintahnya memiliki kekuasaan penuh dan bersifat dominan terhadap semua kegiatan ekonomi yang dilakukan di negaranya.  Nama lain dari ekonomi komando ini adalah ekonomi terpimpin yang pernah juga dianut oleh negara Indonesia zaman dulu. Contoh negara yang hingga saat ini menggunakan sistem ekonomi komando yaitu Rusia, Korea Utara dan Tiongkok.

Kelebihan :

  • Perekonomian masyarakatnya ditanggung oleh pemerintah atau negara.
  • Inflasi lebih mudah dikendalikan oleh negara begitu juga dengan harga-harga.
  • Pasar dalam negeri kondisinya relatif stabil.

Kekurangan :

  • Masyarakat tidak diberikan kebebasan dalam sektor perekonomian.
  • Inovasi di dalam masyarakat bisa mengalami hambatan.
  • Jika terjadi konflik politik maka kondisi ekonomi menjadi rentan dari bahaya.

3. Sistem Ekonomi Liberal

Apakah yang dimaksud dengan sistem ekonomi liberal itu? Yaitu sistem ekonomi dimana rakyatnya diberikan kebebasan seluas-luasnya di sektor perekonomian. Amerika Serikat, Jerman dan Belanda adalah contoh negara dengan sistem ekonomi liberal.

Kelebihan :

  • Produktivitas rakyat lebih tinggi.
  • Rakyat memiliki kesamaan hak di bidang ekonomi.

Kekurangan :

  • Monopoli pasar sangat mungkin terjadi.
  • Terdapat kesenjangan di sektor ekonomi dan mudah menjadi tidak stabil.

4. Sistem Ekonomi Campuran

Yaitu adanya peranan yang seimbang antara pemerintah dengan masyarakat di sektor ekonomi. Contohnya adalah sistem ekonomi di Malaysia, India dan juga Indonesia.

Kelebihan :

  • Monopoli pasar bisa dicegah.
  • Ekonomi menjadi lebih stabil.
  • Sektor perekonomian diarahkan untuk kesejahteraan rakyat.

Kekurangan :

  • Keuntungan yang didapatkan oleh swasta tidak bisa maksimal
  • Batas yang tidak jelas antara pemerintah dan swasta di sektor perekonomian.

Penjelasan mengenai sistem perekonomian ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan sektor ekonomi pada sebuah negara dan sejauh apa peranan pemerintah di dalam bidang tersebut.

Referensi:

Ali MT Soshum. 29 Juli 2021. Macam-macam Sistem Ekonomi. Ruangguru.com : https://bit.ly/3if0fGF

Ahmad. Macam-macam Sistem Ekonomi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Gramedia.com : https://bit.ly/3fl1IcJ

Share this Post

Artikel Terbaru