Mengenal Defisit Secara Lebih Lengkap dan Mendalam

Defisit adalah kondisi dimana jumlah pengeluaran Anda melebihi jumlah pendapatan. Contoh dari defisit yang sederhana yaitu ketika uang Anda hanyalah Rp. 200 ribu tapi Anda berbelanja Rp. 300 ribu. Artinya Anda sudah mengalami defisit sebesar Rp. 100 ribu.

Meskipun defisit merupakan istilah yang jarang digunakan dalam keuangan pribadi atau individu tapi sebenarnya mungkin Anda sering mengalaminya. Defisit memang lebih sering digunakan dalam anggaran belanja negara maupun perusahaan. Arti sederhananya juga tidak berbeda yaitu ketika kondisi pengeluaran keuangan negara jumlahnya lebih besar daripada penerimaan atau pendapatan.

Definisi dan Arti Defisit

Meskipun secara mudah dikatakan bahwa defisit merupakan kondisi keuangan dimana jumlah pengeluaran melebihi penghasilan namun ada beberapa pengertiannya yang lebih luas dari beberapa sumber. Definisi dan arti dari kata defisit menurut beberapa sumber yang telah dirangkum yaitu :

1. Menurut KBBI

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI bahwa defisit adalah kondisi kekurangan yang biasanya terjadi dalam anggaran belanja pemerintah pusat maupun daerah. Kekurangan juga bisa terjadi dalam anggaran belanja suatu perusahaan atau organisasi.

2. Menurut Investopedia

Sedangkan menurut laman Investopedia kata defisit diartikan sebagai kondisi keuangan dimana jumlah belanja melebihi dari pendapatan, nilai impor lebih besar dari ekspor dan ketika jumlah beban melampaui aset yang dimiliki.

3. Menurut John Maynard Keynes

John Maynard Keynes juga memberikan sedikit gambaran tentang defisit terutama dalam fiskal. Menurut ahli ekonomi dari Inggris tersebut bahwa defisit fiskal bisa memicu peningkatan perekonomian suatu negara melalui pembelian barang serta jasa.

Anda bisa mengatakan juga bahwa defisit dalam arti yang mudah sama dengan rugi yang bisa terjadi ketika seseorang, organisasi ataupun pemerintah melakukan belanja yang jumlahnya lebih besar daripada pendapatan. Salah satu sumber pendapatan negara misalnya dari pajak yang kita  bayarkan setiap tahun.

Jenis Defisit pada Pemerintah

Secara umum pemerintahan suatu negara bisa mengalami defisit dalam dua hal, yaitu :

1. Defisit Anggaran

Defisit anggaran adalah kondisi suatu negara melakukan belanja yang besarnya melebihi jumlah pendapatan yang diterimanya dalam satu periode tertentu. 

Laporan anggaran tersebut jika di Indonesia dinamakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang jumlahnya berbeda setiap tahun.

2. Defisit Perdagangan

Negara juga dapat mengalami suatu defisit perdagangan saat nilai impornya lebih tinggi daripada nilai ekspor yang dilakukannya. Misalnya impor suatu negara mencapai nilai USD 5 sementara ekspornya hanya sekitar USD 3 saja artinya telah mengalami defisit sebesar USD 2.

Hubungan Defisit dengan Kepercayaan

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa defisit yang terjadi harus segera diatasi dengan cara yang tepat. Mengapa? Defisit secara tidak langsung menunjukkan kinerja keuangan yang kurang bagus dan bisa juga menimbulkan utang. Defisit pada suatu negara otomatis mengurangi surplusnya dan menambah besarnya beban utang yang harus ditanggung.

Tidak jauh berbeda ketika seorang individu ataupun organisasi sering mengalami defisit dapat mengurangi skor kredit ketika akan mengajukan permohonan pinjaman. Skor kredit rendah diasumsikan bahwa seseorang atau perusahaan tersebut kurang mampu dalam melunasi pinjamannya.

Namun tidak perlu kuatir meskipun defisit adalah hal yang bisa saja terjadi pada keuangan Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Mutia Fauzia. 5 September 2021. Apa Itu Defisit? Kompas.com: https://bit.ly/3HhGx6Z