Menabung

Berikut 5 Cara Menabung yang Ampuh untuk Membeli Mobil

Cara menabung untuk membeli mobil penting Anda ketahui jika ingin memiliki mobil di masa depan. Mobil sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang aktivitas hariannya dihabiskan di jalan. Menggunakan mobil pribadi jelas lebih praktis karena Anda tidak perlu susah payah berebutan kendaraan umum dengan orang lain.

Sayangnya, mobil bukanlah barang yang murah. Tidak setiap orang memiliki dana cukup untuk membelinya. Kebanyakan orang harus menabung lebih dulu agar bisa membeli mobil secara tunai. Anda memang bisa saja membeli mobil secara kredit namun perhitungannya menjadi jauh lebih mahal daripada tunai.

Tips dan Cara Ampuh Menabung untuk Membeli Mobil

Menabung memang mudah diucapkan, namun nyatanya banyak juga orang yang tidak bisa melakukannya dengan baik sehingga apa yang ditargetkannya meleset. Jika Anda ingin bisa memiliki mobil sesuai waktu yang ditargetkan ikuti beberapa tips dan cara menabung berikut ini.

1. Fokus pada Target

Target Anda hanya akan tercapai kalau benar-benar fokus untuk mewujudkannya. Ibarat orang yang memanah harus fokus penuh supaya bisa tepat pada sasaran. Begitu juga saat menabung untuk membeli mobil maka yang dibutuhkan adalah fokus pada diri Anda sepenuhnya supaya tidak mudah tergoda dengan hal-hal yang berujung pada pemborosan saja.

Dengan selalu mengingat apa yang menjadi target dan tujuan Anda tersebut maka akan timbul semangat untuk menabung. Bahkan Anda bisa menjadi lebih semangat bekerja supaya tabungan segera terkumpul.

2. Buka Rekening Khusus

Sebaiknya buat tabungan khusus untuk membeli kendaraan dan jangan dicampur dengan simpanan yang lain. Jika Anda masih mencampurkan tabungan membeli mobil dengan keperluan lainnya dikhawatirkan nantinya uang justru dipergunakan tidak sebagaimana mestinya misalnya membeli peralatan rumah tangga, jalan-jalan, makan di restoran dan sebagainya.

Kelebihan lainnya dengan membuka rekening khusus maka Anda menjadi lebih mudah untuk melihat dan memperhitungkan berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan hingga mobil terbeli. 

3 Menabung di Awal Gajian

Tahukah Anda mengapa orang sulit sekali menabung dan mengumpulkan uang? Penyebab yang paling sering yaitu karena yang ditabung adalah sisa gaji. Masalahnya bagaimana kalau gaji Anda tidak ada sisanya setiap bulan? Jawabannya, Anda harus menabung adalah di awal gajian. 

Misalnya target Anda menabung untuk beli mobil adalah 20% dari gaji tiap bulan maka jumlah tersebut harus segera diambil begitu gajian sehingga tidak akan terpakai tanpa kejelasan. 

Ingat, berapapun gaji Anda tidak akan pernah cukup jika tidak dikelola dengan baik termasuk disisihkan untuk tabungan. Jadi menabunglah tepat setelah terima gaji bukan di akhir periode bulanan dengan mengharapkan sisa.

4. Kurangi Keperluan Konsumtif

Mulai sekarang Anda mengurangi keperluan untuk hal-hal konsumtif seperti jajan, makan di restoran, jalan-jalan, beli baju dan sebagainya. Keperluan-keperluan tersebut hanya akan menghabiskan uang saja dan kurang bermanfaat secara finansial.

Berbeda jika Anda mempergunakan uang untuk hal yang produktif seperti membeli properti atau melakukan pendanaan. Anda bisa mengalokasikan sisa uang Anda untuk Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download Investree for Lender sekarang dan dapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% d.a.

5. Sisihkan Bonus 

Saat Anda menerima bonus atau insentif dari kantor sebaiknya jangan digunakan untuk senang-senang tapi lebih baik masukkan ke dalam tabungan. Bonus Anda tersebut mungkin hanya akan habis dalam satu malam untuk senang-senang namun sangat berarti untuk menambah jumlah tabungan.

Itulah cara menabung untuk membeli mobil yang bisa Anda lakukan. Kuncinya adalah Anda harus berkomitmen pada diri sendiri untuk menabung agar bisa membeli mobil.

Referensi :

15 Maret 2021. Tahapan Cara Menabung untuk Beli Mobil. Auto2000.co.id : https://bit.ly/3054HkN

Adi Hidayat. 5 September 2021. Cara Menabung Efektif untuk Beli Mobil Secara Tunai. Mobil123.com : https://bit.ly/3AsuvUm

Share this Post

Artikel Terbaru