Berikut 3 Perbedaan Antara Pendapatan dan Penghasilan

Meski seringkali dianggap sama, namun perbedaan pendapatan dan penghasilan sebenarnya cukup jauh dan penting untuk Anda pahami. Terutama bagi para pelaku bisnis, jangan sampai salah membedakan keduanya. Lalu, apa perbedaan antara penghasilan dan pendapatan? Yuk, simak informasinya berikut ini! 

Perbedaan Pendapatan dan Penghasilan 

Agar tidak salah mengartikan, inilah perbedaan pendapatan dan juga penghasilan: 

1. Dari Pengertiannya 

Dalam dunia bisnis pendapatan biasa disebut dengan revenue sementara penghasilan disebut dengan income. Banyak orang yang mengatakan kalau keduanya memiliki arti dan pemahaman yang sama. Namun jika digali lebih dalam terutama dari segi akuntansi pendapatan dan penghasilan memiliki pengertian yang berbeda. 

a. Pendapatan

Pendapatan memiliki pengertian yaitu pernyataan yang berkaitan dengan keuangan dari semua hasil usaha pokok produk atau jasa yang dilakukan dalam suatu periode. Sederhananya, revenue adalah jumlah uang yang diterima perusahaan dari hasil penjualan produk kepada pelanggan, bukan dari hasil penanaman modal. Jadi bisa dikatakan revenue adalah jumlah keuntungan yang diperoleh secara bersih oleh pelaku bisnis. 

Pendapatan ini sendiri ada dua macam yaitu yang dihasilkan secara langsung dan tidak langsung. Revenue secara langsung biasa disebut dengan operating revenue yang diperoleh dari penjualan produk. Sementara non-operating revenue adalah pendapatan yang didapatkan secara tidak langsung dari sumber penghasilan tambahan seperti deposito bank atau keuntungan saham. Pendapatan ini dipengaruhi oleh adanya layanan return dan refund, suku bunga, nilai tukar mata uang, harga produk dan jasa, serta variasi produk yang ditawarkan.

b. Penghasilan

Istilah lainnya adalah income yang memiliki pengertian yakni jumlah uang yang diperoleh dari hasil penjualan selama jangka waktu tertentu dan dikurangi dengan harga pokok penjualan, beban, dan biaya lain. Income ini biasanya memiliki titik berat pada pendapatan bersih. Jadi secara sederhana dapat dikatakan income merupakan laba bersih dari serangkaian kegiatan bisnis.

2. Berdasarkan Sumbernya 

Perbedaan yang kedua terletak pada sumber pendapatan dan penghasilannya. Untuk revenue atau pendapatan sumbernya didapatkan dari hasil penjualan perusahaan dan imbal hasil atau bunga dari investasi serta deposito. Semua hal yang mendatangkan uang adalah sumber dari revenue perusahaan. 

Sementara untuk penghasilan atau income, sumbernya pada hasil bisnis saja. Hasil dari penjualan produk baik itu barang atau jasa yang dihitung secara menyeluruh itulah yang termasuk dari income atau penghasilan.

3. Dari Cara Perhitungannya 

Dalam penghitungan pendapatan suatu perusahaan yang perlu dijumlahkan adalah semua komponen biaya penerimaan. Sementara untuk menghitung penghasilan perlu adanya goss profit dan net profit. Gross profit diperoleh dari mengurangi pendapatan dengan harga pokok penjualan. Lalu net profit dihitung dari pengurangan jumlah gross profit dengan biaya tidak langsung yang tidak berhubungan dengan kegiatan produksi. Biaya tidak langsung itu biasanya seperti pajak atau biaya promosi produk.

Melihat perbedaan pendapatan dan penghasilan dapat dikatakan bahwa income atau penghasilan merupakan pendapatan bersih atau laba bersih dari hasil usaha yang sudah dikurangi dengan beban biaya. Lalu untuk revenue atau pendapatan adalah total omzet perusahaan. Setelah mengetahui perbedaan dari kedua istilah tersebut, pelaku bisnis harus lebih teliti dalam melakukan penghitungan keduanya. 

Pasalnya, baik revenue maupun income sama-sama memberikan pengaruh pada para investor untuk melakukan investasi. Nilai income perusahaan memegang peran penting bagi para investor. Jika penghasilan perusahaan tinggi maka investor akan lebih tertarik melakukan investasi. Tapi ini bukan berarti revenue tidak penting, karena pendapatan merupakan bagian dari penghasilan perusahaan itu sendiri.

Itulah perbedaan pendapatan dan penghasilan yang perlu Anda pahami. Kesimpulannya, meski memiliki istilah yang hampir sama namun penghasilan dan pendapatan adalah dua hal yang sangat berbeda. Untuk mendapatkan tambahan pendapatan demi kelancaran pengembangan usaha, maka Anda bisa mengajukan pinjaman di Investree. 

Proses pengajuan pinjaman di Investree terbilang cepat dan juga mudah. Anda bisa bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Tidak perlu khawatir masalah keamanan karena Investree sudah berizin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan modal yang didapatkan, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lebih maksimal. 

Referensi: 

Perbedaan Antara Penghasilan dan Pendapatan. sawakinome.com. https://bit.ly/3GaMpyE