How-To

Apa Itu Sistem Keuangan? Simak Penjelasannya Disini!

Sistem keuangan adalah istilah yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Sistem ini merujuk kepada serangkaian prosedur serta praktik spesifik dalam kegiatan keuangan di perusahaan. Dalam hal ini, mencakup berbagai aspek keuangan seperti pelaporan pendapatan dan beban, sistem informasi keuangan hingga verifikasi neraca keuangan.

Sistem keuangan memiliki definisi yang lebih luas yaitu sebagai seperangkat institusi yang memungkinkan masyarakat melakukan pertukaran dana seperti lembaga keuangan, seperti bank, pasar keuangan, perusahaan asuransi, dan masih banyak lagi.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai fungsi serta komponen utama dari sistem keuangan, Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

Fungsi Sistem Keuangan

Sistem ini berperan sebagai penghubung antara penabung dengan pengguna dana. Penabung dapat dikatakan juga sebagai investor, sementara pengguna dana ialah peminjam yang mendapatkan dana dari penabung. Dana tersebut akan digunakan oleh pengguna dana baik secara individu, perusahaan maupun pemerintah untuk membeli keperluan.

Siapapun dapat menjadi penabung maupun pengguna dana. Penabung memiliki dana yang kemudian diinvestasikan kepada perusahaan maupun pemerintah melalui beberapa instrumen keuangan. Contohnya untuk membeli saham perusahaan, obligasi, surat berharga negara dan masih banyak lagi.

Sedangkan pengguna dana akan menggunakan uang dari penabung sebagai modal untuk bisnisnya, atau sebagai biaya proyek infrastruktur oleh pemerintah. Meski begitu, individu juga dapat meminjam dana untuk keperluan konsumtif mereka, seperti untuk membeli rumah.

Investree termasuk salah satu lembaga keuangan yang menjadi perantara antara penabung dengan pengguna dana. Platform ini menghubungkan antara pemodal atau pemilik dana dengan pengusaha Usaha Kecil Menengah. Dimana, pemodal menempatkan dana mereka kepada Investree yang kemudian disalurkan oleh Investree kepada pengusaha yang mengajukan pinjaman untuk usaha.

Bila Anda memiliki dana yang ingin dikembangkan untuk masa depan, Anda dapat melakukan pendanaan usaha melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Mendanai dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun karena prosesnya 100% online. Nominal pendanaan disesuaikan dengan kemampuan Anda, mulai dari Rp1 juta Anda sudah bisa melakukan pendanaan. Selain itu Anda juga bisa memilih ingin melakukan pendanaan konvensional, syariah atau pendanaan negara melalui Surat Berharga Negara Ritel.

Sebaliknya, jika Anda adalah pengusaha yang membutuhkan dana untuk membeli peralatan modal, maka Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree. Pinjaman juga dilakukan 100% online. Untuk biayanya cukup terjangkau, mulai 1%.

Komponen Utama Sistem Keuangan

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat 3 komponen utama dalam sistem keuangan. Ketiga komponen tersebut antara lain:

  • Penabung sebagai pemilik dana yang menginvestasikan uang ke berbagai instrumen keuangan
  • Perantara keuangan atau lembaga keuangan yang menawarkan produk maupun jasa keuangan
  • Pengguna dana sebagai pembelanja yang membutuhkan dan menggunakan uang tersebut

Sehingga alur dari sistem ini dimulai dari penabung yang menempatkan uang mereka ke berbagai aset dengan maksud untuk menjaga nilai uang serta mengembangkannya untuk mendapatkan imbal hasil. Dana investasi tersebut ditampung oleh lembaga keuangan sebagai perantara. Kemudian dana dipinjam dan digunakan oleh pengguna dana untuk keperluannya.

Karena pengguna dana hanya meminjam dana tersebut, maka pengguna dana memiliki kewajiban untuk mengembalikan. Adapun pengembalian tidak hanya pengembalian pokok, melainkan juga dengan bunga yang telah ditetapkan. Bunga itulah yang menjadi imbal hasil bagi penabung.

Kesimpulannya, sistem keuangan adalah suatu sistem dalam seluruh kegiatan keuangan yang melibatkan 3 komponen utama. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Admin. 27 Juni 2020. Sistem Keuangan. Cerdasco.com: https://bit.ly/3apd7oU

Share this Post

Artikel Terbaru