How-To

Apa Itu Marketing Plan? Berikut Pengertian Lengkapnya

Sebagai salah satu elemen penting dalam berbisnis, marketing plan adalah suatu rencana pemasaran. Marketing plan harus disusun dengan tepat dan penuh pertimbangan. Dari rencana itulah, Anda dapat memasarkan produk dengan lebih maksimal untuk mendapatkan imbal hasil besar.

Marketing plan dapat diibaratkan blueprint. Di dalam marketing plan inilah terdapat panduan yang harus dijalankan saat melakukan marketing, seperti strategi promosi serta campaign yang dilakukan dalam periode tertentu. Sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lebih terarah dengan mengikuti panduan supaya dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Rencana pemasaran tentu memiliki manfaat bagi bisnis Anda. Nah, untuk memahami lebih lengkap mengenai rencana pemasaran, simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Marketing Plan bagi Bisnis 

Marketing plan sangat penting bagi bisnis bukan tanpa alasan. Dengan adanya marketing plan, Anda akan merasakan beberapa manfaatnya yaitu:

1. Membantu Menyusun Strategi

Tanpa ada perencanaan yang tepat, bisnis Anda nantinya akan berjalan tak tentu arah. Marketing plan juga dapat membantu Anda untuk memutuskan mana yang harus dilakukan secepatnya, mana yang harus ditunda dan mana yang tidak perlu dijalankan.

2. Mengevaluasi Kinerja

Dalam marketing plan terdapat target-target yang harus Anda capai. Target-target tersebutlah yang akan menjadi parameter keberhasilan serta sarana mengevaluasi kinerja bisnis Anda.

3. Mempersiapkan Bisnis dalam Menghadapi Perubahan

Perjalanan bisnis tidak selalu mulus. Bisa jadi Anda akan menghadapi tantangan di masa depan yang mengharuskan untuk mengubah rencana. Disitulah peran marketing plan, yaitu sebagai pedoman saat mempertimbangkan keputusan.

Cara Membuat Marketing Plan yang Tepat

Marketing plan harus dibuat dengan sebaik mungkin sebab nantinya itu akan digunakan sebagai pedoman dalam memasarkan produk. Begini cara membuatnya sebagai pedoman untuk Anda.

1. Mengenali Bisnis Anda

Dalam membuat rencana pemasaran, Anda terlebih dahulu mengenali bisnis sendiri. Maksud dari mengenali bisnis disini yaitu dengan mengetahui bagaimana kondisi bisnis Anda baik secara internal maupun eksternal. Gunakanlah analisis Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats untuk mempermudah Anda.

Analisis ini dapat membantu Anda untuk memahami keunggulan, kekurangan, peluang, bahkan ancaman dalam bisnis Anda. Dengan begitu Anda dapat memahami bisnis sendiri dengan lebih baik.

2. Menentukan Target Pasar

Target pasar termasuk tahapan yang tak boleh terlewatkan. Untuk menentukannya, buatlah gambaran target pasar yang ideal untuk bisnis Anda, yang istilah kerennya disebut dengan buyer persona.

Buatlah dengan detail target pasar ideal Anda. Masukkan informasi selengkapnya meliputi informasi demografi hingga tingkah laku dan kebiasaan konsumen.

3. Menganalisis Kompetitor

Ketika menyusun rencana pemasaran, Anda juga perlu menganalisis kompetitor yang berjalan di bidang bisnis yang sama. Tujuannya supaya Anda dapat mencari beberapa hal yang membuat bisnis atau produk Anda lebih unggul dari kompetitor.

4. Menetapkan Tujuan Marketing

Menetapkan tujuan yang besar memberikan dampak yang baik bagi bisnis Anda. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan berbagai aspek terutama yang sekiranya bisa menjadi kendala. Buatlah tujuan yang realistis.

5. Menyusun Strategi Marketing

Setelah itu Anda pun bisa menyusun strategi promosi yang tepat untuk produk Anda. Promosi memiliki banyak jenisnya. Seperti social media marketing, digital marketing, content marketing, dan masih banyak lagi. Sebaiknya sesuaikan jenis promosi dengan gaya bisnis serta target konsumen yang dituju.

6. Menetapkan Anggaran

Terakhir Anda perlu membuat anggaran untuk pemasaran. Fokuslah untuk menetapkan budget untuk hal-hal yang berkaitan dengan promosi. Dengan promosi, usaha Anda berkembang lebih jauh. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk promosi dan mengembangkan usaha juga untuk memperkuat cashflow perusahaan, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa marketing plan adalah suatu perencanaan dalam memasarkan produk yang memiliki beragam manfaat untuk bisnis. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Amelia Shinta. 5 Agustus 2021. Apa Itu Marketing Plan? Simak Contoh dan Cara Membuatnya di Sini!. Dewaweb.com: https://bit.ly/3nXm9l8

Share this Post

Artikel Terbaru