Tujuan Finansial

Apa Itu Government Bond? Mari Simak Lebih Dalam Di Sini

Government bond adalah nama lain untuk obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Hingga saat ini obligasi pemerintah tersebut dianggap sebagai bentuk investasi yang cukup tinggi keamanannya dan rendah risiko. Itulah mengapa semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadikan government bond atau obligasi pemerintah sebagai cara untuk berinvestasi.

Ada beberapa jenis obligasi pemerintah yang bisa dibeli oleh masyarakat dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pemerintah menjamin 100% keamanan atas segala bentuk government bond tersebut. Government bond juga menjadi alternatif investasi yang relatif mudah dilakukan bahkan oleh pemula.

Jenis Government Bond di Indonesia

Mungkin Anda masih belum tahu apa saja jenis government bond yang bisa Anda dijadikan sebagai instrumen investasi. Nah, sebagai panduan dan referensi, Anda bisa pelajari di bawah ini.

1. Obligasi Negara Ritel

Yang dimaksud dengan Obligasi Negara Ritel adalah Surat Berharga Negara yang diterbitkan oleh pemerintah, kemudian ditawarkan kepada masyarakat individu perorangan melalui mekanisme di pasar perdana. Dilanjutkan dengan bekerja sama dengan mitra atau agen penjualan seperti lembaga finansial terpercaya yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti Investree. Investree menjadi salah satu Mitra Distribusi Penjualan Surat Berharga Negara Ritel yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pesan Obligasi Negara Ritel sekarang di https://sbn.investree.id/ori atau aplikasi mobile Investree for Lender.

Contoh ORI yang belum lama diterbitkan oleh pemerintah yaitu ORI019 yang dananya kemudian digunakan untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. ORI019 merupakan salah satu contoh instrumen investasi berupa government bond yang dijamin keamanannya oleh pemerintah.

2. Sukuk Ritel

Takut dengan adanya riba dalam berinvestasi maka Anda bisa memilih Sukuk Ritel yang juga merupakan bentuk government bond. Sukuk Ritel adalah instrumen investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh pemerintah lalu ditawarkan kepada Warga Negara Indonesia perorangan atau individu. Sukuk Ritel juga bisa menjadi pilihan investasi yang aman, terjangkau, mudah dilakukan dan tentunya imbal hasil yang menguntungkan.

Penerbitan Sukuk Ritel mengacu pada akad ijarah dan memenuhi prinsip syariah. Anda cukup menyediakan dana sebesar Rp 1 juta saja sudah bisa melakukan investasi melalui Sukuk Ritel dengan keamanan sepenuhnya dijamin oleh pemerintah. Anda bisa melakukan pemesanan Sukuk Ritel di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pesan Sukuk Ritel sekarang di https://sbn.investree.id/sr atau aplikasi mobile Investree for Lender.

3. Sukuk Tabungan

Pemerintah telah menerbitkan Sukuk Tabungan dengan seri ST007 yang merupakan instrumen investasi dengan prinsip syariah. Sukuk Tabungan tersebut diterbitkan oleh pemerintah untuk kemudian ditawarkan kepada WNI individu. ST007 merupakan investasi yang aman, mudah dilakukan, cukup terjangkau dan pastinya memenuhi unsur syariah.

Pesan Sukuk Tabungan sekarang di https://sbn.investree.id/st atau aplikasi mobile Investree for Lender. Investree menjadi Mitra Distribusi Penjualan Sukuk Tabungan yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pemesanan ST007 bisa dilakukan mulai dengan harga Rp 1 juta saja dengan tenor selama 2 tahun. Namun yang perlu diketahui bahwa Sukuk Tabungan ini tidak bisa diperjualbelikan.

4. Savings Bond Retail

Government bond yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat adalah Savings Bond Retail atau SBR. Dengan membeli produk SBR ini maka secara tidak langsung warga negara ikut serta dalam pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Imbal hasil dalam SBR diberikan dalam bentuk kupon dan akan dibayarkan oleh pemerintah setiap bulan.

Selain aman dan mudah dilakukan, berinvestasi e-SBN juga memberikan manfaat yang cukup tinggi. Pesan SBR sekarang di https://sbn.investree.id/sbr atau aplikasi mobile Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Simpulannya, government bond adalah pilihan investasi yang tepat untuk menyimpan dana dan menyiapkan masa depan Anda. Aman dan dijamin oleh pemerintah. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Arkan Perdana, 19 Mei 2021, Investasi Sambil Membantu Pembangunan Negara? Yuk, Kenalan dengan SBR. Glints.com: https://bit.ly/3lmT7IY

Admin. 25 Januari 2021. Kenali Obligasi Pemerintah, Investasi Aman dan Bebas Risiko. Daihatsu.co.id: https://bit.ly/39cy8Ta

Green Sukuk Ritel. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Kemenkeu.go.id: https://bit.ly/3EhCM0K

Share this Post

Artikel Terbaru