Menabung

5 Tips Menabung Jangka Panjang yang Dapat Anda Lakukan

Tips menabung jangka panjang penting Anda lakukan dari sekarang. Dalam prakteknya banyak yang masih gagal dalam menabung jangka panjang. Contoh menabung untuk jangka panjang yaitu menyisihkan uang untuk down payment rumah atau biaya kuliah anak. Dibutuhkan ketekunan dan juga usaha cukup keras supaya bisa menabung jangka panjang bisa sukses. Tabungan jangka panjang ini biasanya sulit tercapai bahkan banyak yang tidak bisa mewujudkannya sama sekali. Untuk itu, Anda bisa pelajari beberapa tips menabung untuk jangka panjang dibawah ini.

Tips Untuk Menabung Jangka Panjang

1. Tetapkan Target

Agar proses menabung bisa berjalan dengan lancar, solusinya adalah dengan menetapkan target atau tujuan menabung. Jika target atau tujuan dari menyisihkan uang sudah jelas, tentunya ini akan menjadi motivasi saat menjalani proses menabung. Misalnya saja target menabung adalah berlibur ke luar negeri, saat ada godaan untuk menyisihkan uang jika mengingat target atau tujuan tersebut maka semangat menabung kembali lagi.

Target menabung jangka panjang ada beragam, bisa untuk modal menikah, untuk pergi ke tanah suci, bisa juga untuk membayar down payment rumah, hingga membeli sebuah mobil. Tujuan yang konkret dan jelas seperti itu akan menjadi semangat tersendiri dalam menjalani proses menabung jangka panjang.

2. Mengontrol Pengeluaran

Tips menabung jangka panjang kedua adalah dengan mengontrol pengeluaran. Ini bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah catatan atau pembukuan sederhana. Pembukuan sederhana yang dimaksud berisi semua pengeluaran sehari-hari. Setiap ada pengeluaran langsung masukkan atau tulis di dalam pembukuan sederhana untuk bisa mengontrol pengeluaran.

Cara ini cukup efektif untuk bisa mengetahui apakah pengeluaran selama ini seimbang atau lebih besar dari penghasilan setiap bulan. Selain itu dari catatan tersebut juga bisa terlihat pengeluaran apa yang kira-kira menghabiskan banyak uang. Apakah itu pengeluaran kebutuhan atau keinginan. Hal ini bagus untuk mulai membiasakan diri mengurangi pengeluaran karena keinginan.

3. Membuat Anggaran

Anggaran belanja adalah perkiraan pengeluaran untuk belanja bulanan atau kebutuhan sehari-hari. Cara membuatnya sangat sederhana, cukup tulis apa saja barang kebutuhan pokok yang akan dibeli dan tulis juga perkiraan harganya. Jika sudah tersusun dengan rapi, saat pergi belanja sebaiknya gunakan catatan anggaran tersebut sebagai patokan. Usahakan pengeluaran saat belanja tidak melebihi anggaran yang sudah dibuat. Akan lebih bagus jika saat belanja pengeluaran jauh lebih kecil dari dana yang diperkirakan dalam catatan anggaran.

Saat berhasil mengurangi pengeluaran artinya sudah berhasil menerapkan hidup hemat dan sudah membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Sisa uang anggaran pun bisa dimasukkan pada rekening tabungan jangka panjang. Selain itu, Anda bisa mengalokasikan sisa uang anggaran untuk pendanaan di Investree untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a.

Download aplikasi Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel (e-SBN), dan Reksa Dana for Lender. Langsung pilih dan danai pinjaman hanya dengan sentuhan jari melalui aplikasi Investree for Lender.

4. Dahulukan Mana yang Prioritas

Ini merupakan masalah yang sering orang hadapi saat menabung. Banyak yang masih belum bisa membedakan mana yang masuk prioritas dan mana yang bukan. Misalnya ada dua rencana tabungan jangka panjang, satu untuk membeli mobil dan satu lagi untuk biaya kuliah anak. Untuk menabung kuliah anak tentu perlu waktu yang cukup lama. Untuk tabungan membeli mobil artinya itu kebutuhan yang bisa dipenuhi dalam waktu dekat. Jadi prioritas utama adalah mencapai target membeli mobil dan sisanya untuk tabungan kuliah anak.

5. Pilih Produk Keuangan Sesuai Kondisi

Produk keuangan di sini bisa berupa investasi seperti reksa dana atau mengambil asuransi. Agar menabung jangka panjang bisa berhasil produk asuransi bisa menjadi solusi tepat. Asuransi pendidikan bisa sangat membantu untuk mencapai target membiayai kuliah anak di masa mendatang. Sementara produk keuangan seperti reksadana bisa menjadi salah satu opsi yang bagus juga untuk memiliki tabungan yang menjanjikan di masa depan. Anda bisa membeli Reksa Dana di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pesan Reksa Dana sekarang di https://investree.id/invest/reksadana.

Itulah beberapa tips menabung jangka panjang yang perlu Anda ketahui. Untuk bisa mencapai target menabung jangka panjang perlu usaha dan niat. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Djairan. 19 Juli 2020 - 21:23:00 WIB. 7 Tips agar Target Menabung Jangka Panjang Segera Tercapai. Inews.id : https://bit.ly/3EyGdAh

Share this Post