Pemasaran

Apa Itu Manajemen Pemasaran? Simak Pengertiannya Disini

Manajemen pemasaran sangat penting untuk menjalankan usaha lebih optimal dan semakin berkembang. Pemasaran yang dilakukan dengan baik bisa membuat produk jasa bisa dikenal orang banyak. Jika sudah dikenal, maka tingkat penjualan bisa meningkat sehingga imbal hasil yang didapatkan juga sangat banyak. Agar pemasaran produk atau jasa Anda bisa dilakukan dengan baik maka diperlukan manajemen pemasaran atau marketing management. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Manajemen Pemasaran?

Manajemen pemasaran adalah kegiatan perencanaan, tindakan, pengawasan serta evaluasi yang berhubungan dengan proses untuk memperkenalkan  suatu produk atau jasa kepada konsumen. Pengertian lainnya yaitu manajemen pemasaran Manajemen pemasaran merupakan proses pengelolaan di dalam bidang pemasaran. Pihak yang berwenang untuk melakukan manajemen pemasaran yaitu seorang manajer.

Adapun tujuan keberadaan manajemen ini dalam suatu perusahaan adalah untuk mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas atau konsumen. Pemasaran yang dilakukan diharapkan bisa membuat banyak orang mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan begini maka akan ada banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa.

Jika pemasaran bisa dilakukan dengan baik maka bisnis yang dijalankan bisa mencapai kesuksesan dan mendapatkan imbal hasil yang maksimal. Tanpa keberadaan marketing management dalam suatu bisnis maka kegiatan pemasaran tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya produk yang Anda jual tidak dikenal oleh masyarakat. Akibatnya tidak ada produk yang dijual sehingga tidak ada pemasukan.

Adapun pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Philip Kotler

Philip Kotler mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah kegiatan menganalisis planning yang berkaitan dengan aktualisasi dan juga pengendalian program yang sudah terencana dengan tujuan untuk menghasilkan pertukaran yang baik dalam suatu pasar yang sudah ditargetkan.

2. Buchari Alma

Menurut Buchari Alma, manajemen pemasaran adalah kegiatan merencanakan, mengarahkan an juga mengawasi semua aktivitas pemasaran produk perusahaan. Biasanya jenis manajemen ini dijalankan oleh unit kerja pada bagian marketing.

Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Membangun Permintaan

Transaksi penjualan hanya bisa terjadi apabila terdapat permintaan dari pelanggan atau konsumen. Maka dari itu, perusahaan harus membangun permintaan tersebut dengan cara melakukan pemasaran. Pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara. Dilakukannya aktivitas pemasaran bisa bisa membuat calon konsumen memiliki ketertarikan dengan produk yang dijual sehingga melakukan permintaan.

2. Mendapatkan Market Share

Marketing management ini bertujuan untuk mendapatkan perkembangan positif dari market share suatu produk. Dimana setiap perusahaan pasti berharap untuk terjadinya peningkatan serta perluasan penjualan atau market share. Namun, tak jarang ada perusahaan yang hanya memiliki target untuk mempertahankan penjualan yang sudah diperoleh.

3. Membangun Kepuasan Konsumen

Dalam mencapai target perusahaan ternyata tidak hanya diperoleh dari permintaan konsumen saja. melainkan juga bisa didapatkan dari kepuasan konsumen. Untuk itu perlu membangun kepuasan konsumen. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangunnya, seperti memahami keinginan atau kebutuhan konsumen serta mengetahui bagaimana cara supaya produk yang diproduksi bisa memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen.

4. Mendapatkan Imbal Hasil

Bisa dipastikan target yang dimiliki oleh semua perusahaan adalah mendapatkan imbal hasil sebanyak-banyaknya. Perlu diketahui, setiap perusahaan akan menetapkan nominal imbal hasil yang berbeda-beda. Dimana nominal imbal hasil tersebut ditentukan untuk mengukur tingkat keberhasilan perusahaan. Agar nominal imbal hasil yang ditentukan bisa dicapai harus melakukan manajemen pemasaran dengan baik.

Itulah informasi tentang pengertian manajemen pemasaran serta tujuannya. Untuk mengatur manajemen pemasaran tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal sangat penting untuk manajemen pemasaran dalam melakukan promosi dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal

Referensi :

Accurate.id. 28 April 2020 . Apa Itu Manajemen Pemasaran? Mari ketahui lebih Jauh dan lengkap. Accurate.id. https://bit.ly/3IGJXHZ

Virtina Thionita,BBA. 14 Februari 2019. Pengertian Manajemen pemasaran: Fungsi, Konsep dan Tujuan. Finansialku. https://bit.ly/31EbxKh

Share this Post

Artikel Terbaru