Pemasaran

5 Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Offline, Wajib Tahu

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pemasaran offline yang penting Anda ketahui. Meski saat ini pemasaran bisa dilakukan secara online, pemasaran offline tetap menjadi pilihan bagi beberapa pelaku usaha. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan pemasaran secara offline.

Kelebihan Pemasaran Offline

1. Kepercayaan Tinggi

Pemasaran secara langsung atau offline bisa meraih kepercayaan konsumen secara maksimal. Hal ini karena calon pembeli bisa melihat langsung kondisi barang yang ditawarkan. Bisa memegang langsung dan mengetahui secara langsung apakah barang yang sedang dipromosikan tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

2. Pelayanan Lebih Mudah

Pemasaran yang dilakukan secara offline bisa sekaligus memberikan pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Ini lebih nyaman bagi pembeli karena pelayanan bisa dirasakan secara langsung dan saat ada yang kurang jelas atau kurang memuaskan dari produk bisa langsung ditanyakan pada penjual.

3. Sistem Pembayaran yang Aman

Jika melakukan pemasaran secara offline maka pembeli dapat melakukan pembelian juga secara langsung. Sistem pembayarannya lebih aman dan sederhana yaitu menggunakan uang tunai. Ini meminimalisir penipuan yang sering terjadi pada promosi online. Baik penjual dan pembeli sama-sama rentan untuk menjadi korban penipuan. Ada penjual yang curang dan ada juga pembeli yang curang.

4. Bebas Biaya Pengiriman

Promosi online artinya pembeli tidak perlu menambah biaya tambahan yaitu ongkos kirim. Tak hanya itu, pihak penjual juga jadi tidak perlu repot melakukan pengemasan barang dan mengirimnya ke jasa pengiriman barang. Segala transaksi bisa langsung selesai di satu tempat saja.

5. Tidak Terlalu Banyak Pesaing

Pesaing untuk pemasaran yang dilakukan offline tidak terlalu ketat jika dibandingkan dengan cara online. Ini merupakan salah satu keunggulan dari marketing secara langsung. Peluang untuk mendapat pelanggan baru dan tetap akan lebih besar di sini. Asal produk berkualitas dan pelayanan pada pelanggan memuaskan.

Kekurangan Pemasaran Offline

1. Jangkauan Terbatas

Pemasaran secara offline pasarnya lebih sempit karena terpaku pada tempat untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun tetap saja dari sini target pasar jadi lebih jelas, promosi pun bisa ditentukan di tempat yang sesuai dengan target yang sudah ditentukan di awal.

2. Perlu Adanya Tempat Khusus

Jika memilih untuk melakukan pemasaran offline, maka harus siap dengan lokasi yang strategis. Ini tentu akan memakan biaya sendiri, misalnya tidak punya bangunan atau tanah sendiri untuk dimanfaatkan, maka harus menyewa tempat yang sesuai untuk menjalankan satu bisnis.

3. Waktu yang Terbatas

Melakukan promosi secara langsung tentu memerlukan waktu yang tepat. Orang atau masyarakat tidak 7/24 melakukan aktivitas. Jadi waktu untuk promosi offline harus tepat dimana. Misalnya saat jam istirahat kantor atau pulang kantor.

4. Membutuhkan Tenaga yang Banyak

Untuk melaksanakan pemasaran offline tentu membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. Setiap orang akan memiliki tugasnya masing-masing untuk bisa mensukseskan kegiatan promosi itu sendiri.

5. Biaya Cukup Besar

Pemasaran secara offline ini cukup memakan biaya yang banyak. Ini karena promosi membutuhkan wujud fisik yang dipamerkan dan ditawarkan, bahkan untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan pemasaran offline. Agar pemasaran offline berjalan maksimal, Anda harus memiliki modal yang cukup. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

qiscus. July 21, 2021. Marketing Online vs Marketing Offline: Kelebihan dan Kekurangannya : https://bit.ly/33Rm1M3

Share this Post