Keluarga

Terapkan 5 Cara Hidup Hemat Dalam Rumah Tangga Berikut

Cara hidup hemat dalam rumah tangga adalah hal yang cukup penting. Masa depan anak yang cerah dan kondisi finansial keluarga yang stabil, bisa dicapai dengan berhemat. Bagi ibu rumah tangga mengatur keuangan adalah salah satu hal yang harus dilakukan dengan tepat supaya kebutuhan tiap anggota keluarga terpenuhi dengan baik. Jika tidak, maka kondisi keluarga tentu akan kacau dan bisa mengalami masalah finansial yang menyulitkan.

Cara Berhemat Dalam Rumah Tangga

1. Kurangi Makan di Luar

Makan di luar rumah atau membeli makanan jadi memang tidak ada salahnya. Namun hal tersebut jangan dijadikan sebagai rutinitas karena membutuhkan uang yang cukup banyak. Memasak sendiri jauh lebih hemat dan menyehatkan. Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sendiri di rumah tentu yang berkualitas dan masih segar. Jauh dari bahan pengawet yang bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Selain itu memasak sendiri di rumah lebih murah karena porsinya bisa jauh lebih banyak. Satu bahan makan bisa diolah menjadi dua macam masakan. Misalnya membeli daging ayam satu kilo, bisa menjadi dua hidangan lezat seperti ayam kecap dan sop ayam yang sehat. Itulah kenapa memasak sendiri lebih hemat dan aman.

2. Mencari Hiburan yang Sederhana

Menghibur anggota keluarga tidak harus selalu berlibur ke tempat wisata yang jauh atau mahal. Bersenang-senang bersama keluarga bisa dilakukan dengan cara sederhana dan tak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Ada beberapa alternatif hiburan di dalam rumah yang cukup murah dan bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk kumpul keluarga.

Contoh hiburan yang murah meriah dan menyenangkan adalah bermain boards games di rumah. Bisa juga men-download film atau streaming film sebagai ganti nonton di bioskop. Hal-hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mempererat hubungan anak dan orang tua yang menyenangkan. Jika bosan dengan suasana rumah, bisa jalan-jalan ke taman dekat rumah dan berolahraga bersama atau hanya sekedar melihat pemandangan.

3. Mengurangi Belanja Online

Semakin banyaknya toko online membuat orang banyak tergoda untuk belanja sampai tidak terkontrol. Ini perlu dihindari dan dihentikan agar tidak menjadi rutinitas atau kebiasaan. Jika terus dibiasakan melihat sesuatu di toko online lalu membelinya maka pengeluaran rumah tangga akan membengkak. Untuk mengatasinya bisa dengan cara melakukan kegiatan yang positif agar tidak terlalu sering bermain gadget atau smartphone yang terdapat aplikasi marketplace

Belanja online bisa membuat pengeluaran jadi membengkak karena transaksinya dilakukan secara online dan menggunakan uang yang ada dalam rekening. Tanpa sadar tabungan di rekening habis karena terlalu sering belanja online. Daripada uang digunakan untuk belanja online, lebih baik uangnya Anda gunakan untuk pendanaan untuk mendapatkan imbal hasil di Investree.

Download aplikasi Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel (e-SBN), dan Reksa Dana for Lender. Berikan pendanaan pada pinjaman yang Anda inginkan secara nyaman untuk memperoleh imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Anda akan langsung menerima bunga yang dibayarkan oleh Borrower beserta prinsipal tanpa beban biaya apapun, proses mudah dan 100% online.

4. Atur Belanja Bulanan

Saat belanja bulanan hal yang paling penting adalah membuat catatan atau daftar barang yang akan dibeli. Dengan membuat catatan tersebut bisa terlihat mana barang pokok yang harus dibeli dan diutamakan dan mana yang tidak perlu dibeli. Ini bisa membantu dalam membedakan kebutuhan dengan keinginan. Selain itu akan lebih bagus jika daftar nama barang diberikan juga perkiraan harganya sehingga ada anggaran belanja. Anggaran belanja ini bisa dijadikan patokan besar pengeluaran maksimal, caranya dengan menargetkan pengeluaran tidak lebih dari anggaran yang sudah dibuat.

5. Membeli Barang Bekas

Cara hidup hemat dalam rumah tangga yang terakhir adalah dengan membeli barang bekas yang masih layak pakai. Barang bekas yang masih layak pakai seperti lemari baju, meja makan, sofa, atau mungkin barang elektronik bisa dibeli dan dipakai di rumah. Ini adalah salah satu cara berhemat yang bisa dicoba.

Itulah beberapa cara hidup hemat dalam rumah tangga yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Aprillia Ika. 30/04/2016, 21:00 WIB. Hargai Uang Anda, Terapkan Lima Cara Berhemat ala Rumah Tangga Ini. Money.kompas.com : https://bit.ly/39iaeWA

Share this Post

Artikel Terbaru