Marketing

Tips Memulai Usaha Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan

Usaha budidaya ikan hias adalah salah satu jenis usaha menguntungkan yang bisa Anda pertimbangkan. Meski terlihat memiliki pasar yang sempit, namun pada prakteknya, ikan hias bisa menjangkau semua kalangan tanpa pengecualian. Siapa saja bisa memilih atau menentukan ikan hias jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan masing-masing. Selain itu, harga ikan hias juga tergolong tinggi. Tentu peluang ini tidak boleh Anda lewatkan. Bagi Anda yang tertarik memulai usaha ini, bisa simak tips membuka usaha budidaya ikan hias di sini.

1. Tentukan Dulu Target Market

Untuk memulai usaha budidaya ikan hias yang paling utama adalah menentukan target pasar. Setiap target pasar memiliki ketertarikan akan ikan hias yang berbeda-beda. Misalnya orang dari kalangan menengah ke bawah akan lebih tertarik membeli ikan cupang. Sementara kalangan menengah ke atas lebih suka dengan ikan hias seperti Arwana atau Lohan.

Jika target pasar adalah kalangan menengah ke bawah maka sediakan beragam ikan hias yang sesuai dengan jangkauan dompet para target pasar. Sementara untuk yang menargetkan kalangan menengah ke atas bisa menjual ikan hias yang memang lebih unik dan dibanderol dengan harga lumayan tinggi.

2. Sesuaikan Jenis Ikan Hiasnya

Tentukan ikan hias apa yang akan dijual. Selera kalangan bawah dan atas tentu berbeda. Hal ini karena minat untuk membeli dan memiliki ikan hias disesuaikan dengan budget atau kondisi ekonomi masing-masing. Jenis ikan hias yang beragam bisa dijual dengan beraneka ragam harga.

Untuk ikan hias yang mudah didapatkan bisa dijual dengan harga yang relatif murah. Sementara untuk ikan hias yang unik, perawatannya cukup sulit, serta susah untuk didapatkan bisa dijual dengan harga yang relatif tinggi.

3. Siapkan Peralatan Usaha

Setelah sudah jelas siapa saja target pasarnya dan ikan hias seperti apa yang akan dijual, saatnya menyiapkan semua peralatan untuk memulai usaha ini. Beberapa peralatan untuk membuka usaha budidaya ikan hias adalah akuarium, jaring, tabung oksigen, hingga kolam pemeliharaan. Ada banyak perlengkapan yang mungkin terlihat sepele namun memberikan peran penting dalam usaha ini. Jadi sebaiknya siapkan semua peralatan dengan teliti dan jeli.

4. Tentukan Lokasi

Dalam menentukan lokasi bisnis ikan hias ini sebaiknya pilih tempat yang strategis. Akan lebih bagus jika berjualan di pasar khusus penjualan hewan peliharaan. Untuk yang baru ingin memulai usaha ini secara sederhana, bisa juga menggunakan halaman rumah yang tersedia. Cara tersebut cocok bagi pelaku bisnis yang memiliki modal minim. Nanti jika usaha sudah berjalan, sedikit demi sedikit usaha yang sederhana akan bisa berkembang dan menjadi besar.

5. Promosi

Ini adalah kegiatan paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Apapun jenis bisnisnya kunci agar usaha tersebut bisa berjalan adalah melakukan promosi. Lakukan promosi secara berkala dan menyesuaikan dengan target pasar yang sudah ditentukan. Promosi ini sendiri sekarang bisa dilakukan secara online maupun offline.

Jika memang modal sangat terbatas bisa dengan cara menggunakan media sosial. Cara ini dinilai lebih efektif dan memiliki jangkauan pasar yang luas. Pada intinya untuk bisa memulai  sebuah bisnis khususnya usaha budidaya ikan hias adalah modal. Setelah itu baru mempersiapkan segalanya secara detail.

Itulah beberapa tips memulai usaha budidaya ikan hias. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha budidaya ikan hias, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha budidaya ikan hias dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Investasi Untung. 21 Mei 2021. Cara Membuka Usaha Bisnis Ikan Hias yang Cepat Berhasil. Investasiuntung.com : https://bit.ly/3FzVPDH

Share this Post