Marketing

Pahami Digital Marketing untuk Membantu Bisnis Anda

Digital marketing adalah salah satu istilah yang sangat familiar dalam dunia bisnis. Istilah ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk atau jasanya kepada masyarakat luas. Jika dahulu pemasaran atau promosi dilakukan secara offline seperti memasang spanduk, menyebar brosur, pamflet dan sebagainya. Sekarang, semua cara pemasaran atau promosi serba dilakukan secara online menggunakan teknologi yang canggih. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu digital marketing dibawah ini.

Apa Itu Digital Marketing? 

Digital marketing merupakan suatu aktivitas promosi atau pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan suatu produk, brand ataupun jasa menggunakan media digital. Singkatnya, digital marketing adalah suatu aktivitas promosi yang dilakukan secara online. Pengertian digital marketing selanjutnya adalah kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa melalui internet atau media online.

Jika dibandingkan dengan promosi secara tradisional atau konvensional, saat ini digital marketing lebih diminati. Alasannya karena return of investment (ROI) cukup tinggi. selain itu, biayanya lebih murah tetapi hasilnya lebih maksimal. Tentu ini akan meningkatkan penjualan produk atau jasa sehingga imbal hasil yang diperoleh lebih banyak.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Digital marketing ini memiliki beberapa jenis, antara lain:

1. Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu jenis digital marketing yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis. Alasannya karena bisa digunakan untuk kegiatan promosi tanpa dipungut biaya atau gratis. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook dan Instagram. Selain gratis, media sosial juga lebih memberikan kemudahan dalam membuat atau mempublikasikan materi, mendongkrak efektivitas pemasaran dan didukung oleh pengikut yang jumlahnya sangat banyak.

Tips untuk melakukan promosi di media sosial adalah membuat materi semenarik mungkin untuk di posting atau upload. Materi yang menarik akan meningkatkan interaksi pengikut terhadap bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO juga menjadi salah satu istilah yang sangat populer saat menggunakan digital marketing. SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya untuk meningkatkan kemungkinan supaya tautan ke situs bisnis muncul di halaman pertama hasin mesin pencarian Google. Tautan tersebut tidak hanya diharapkan muncul di halaman pertama saja melainkan juga berada di urutan paling atas.

Jika situs berada di halaman pertama dan paling atas, maka kemungkinan dibuka dan dibaca sangat tinggi sehingga bisa menarik banyak pelanggan. SEO itu sendiri bisa dilakukan secara organik yaitu dengan cara menyisipkan kata kunci yang relevan di artikel tertentu yang ada di situs Anda.

3. Periklanan Online

Jenis digital marketing ini bisa memastikan situs Anda lebih unggul dari situs-situs lain dengan kata kunci atau keyword pencarian yang sama. Penyedia layanan ini cukup banyak, seperti Google Ads, Linkedin Ads, Facebook Ads dan Twitter Ads. Dengan beriklan di media tersebut, produk dan jasa Anda bisa menjangkau lebih banyak orang.

4. Website

Website juga banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk media promosi produk atau jasanya. Penggunaan jenis digital marketing ini terus meningkat karena bisa membuktikan eksistensi bisnis yang dijalankan. Selain itu, banyak calon pelanggan yang menilai kredibilitas bisnis dari kualitas websitenya. Website juga bisa digunakan sebagai alat bantu tim marketing untuk meyakinkan calon konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Kelebihan Digital Marketing

Beberapa kelebihan digital marketing adalah sebagai berikut:

  1. Biaya lebih rendah untuk jangkauan yang sama.
  2. Mempermudah dalam melakukan komunikasi berkala.
  3. Memudahkan Anda dalam memilih target spesifik.
  4. Mudah diukur efektivitasnya.
  5. Bisnis Anda menjadi lebih terkenal.

Itulah informasi tentang digital marketing untuk membantu bisnis Anda. Kesimpulannya yaitu digital marketing adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa secara online. Cara promosi ini bisa memaksimalkan penjualan sehingga imbal hasil yang diterima semakin banyak. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis dengan digital marketing, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisins dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Accurate.id. 27 November 2020. Pengertian Digital Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis. Accurate.id. https://bit.ly/31M4Sm5

Sasanadigital.com. 20 Agustus 2021. Pengertian dan Kelebihan Digital Marketing Beserta Contohnya. Sasanadigital.com. https://bit.ly/3lPT6Oz

Share this Post