Marketing

Ketahuilah 3 Perbedaan Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

Meski sering dianggap sama, ternyata ada beberapa perbedaan pemasaran dan manajemen pemasaran yang harus Anda ketahui dari sekarang. Mulai dari perbedaan segi definisi sampai segi hasil harus dipahami dengan baik agar Anda bisa menjalankan usaha jasa lebih maksimal. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari perbedaanya dibawa ini.

Perbedaan Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

1. Perbedaan dari Segi Definisi

Pemasaran merupakan sebuah kegiatan manusia yang diarahkan dan ditujukan untuk memenuhi sebuah keinginan melalui sebuah proses pertukaran. Dalam bisnis, hal ini mengacu pada proses sosial. Di samping itu, pemasaran juga merupakan sebuah sistem yang memang sengaja dirancang untuk menentukan harga, melakukan promosi, mendistribusikan barang, dan menjual barang. Di dalam sistem pemasaran tersebut tentunya telah diatur strategi khusus yang mana tujuannya adalah agar barang atau jasa yang dipasarkan bisa dikenal oleh banyak orang.

Lain dengan pemasaran yang merupakan sistem dan di dalamnya terdapat banyak komponen, manajemen pemasaran merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menghandle pemasaran yang akan dilakukan. Dengan kata lain, manajemen ini lebih mengacu pada sebuah hal yang dilakukan untuk menyukseskan pemasaran yang ada. Manajemen pemasaran ini terdiri dari program-program yang telah dirancang dengan matang supaya pemasaran yang dilakukan berhasil dan nantinya perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan.

2. Perbedaan dari Segi Konsep

Konsep dari pemasaran yakni mengedepankan mutu produk. Sebab, pelanggan sangat tertarik dengan produk yang bagus, tetapi biaya terjangkau. Oleh karena itu, perusahaan harus memutar otak dengan melakukan efisiensi produksi dan distribusi. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk meminimalisir biaya produksi produk, tetapi tetap dihasilkan produk yang berkualitas. Dengan begitu, nantinya akan dihasilkan sebuah produk dengan penjualan yang lebih terjangkau.

Beda dari konsep pemasaran, manajemen pemasaran lebih menekankan pada konsep untuk terus mengefisiensi Langkah dan strategi pemasaran yang dijalankan. Konsep manajemen ini tidak akan secara langsung berhubungan dengan konsumen, tetapi hal tersebut hanya di dalam internal penggerak manajemen pemasaran saja. Jadi, lingkupnya tidak menyoal pada biaya, tetapi lebih kepada penyusunan strategi pemasaran.

3. Perbedaan dari Segi Hasil

Pemasaran tentu akan menghasilkan penjualan pada perusahaan. Sedikit atau banyak produk atau jasa yang terjual pada perusahaan hal itu ditentukan oleh seberapa baik kualitas pemasaran yang dilakukan. Ini juga akan sangat berpengaruh dengan keuntungan yang didapatkan nantinya.

Untuk hasil dari manajemen pemasaran sendiri, hal tersebut akan menghasilkan sebuah strategi dan inovasi. Keduanya selanjutnya akan ditetapkan dan dijalankan pada proses pemasaran sehingga proses pemasaran dapat berjalan dengan lancar dan tujuan utama perusahaan untuk meraih keuntungan pun tercapai dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan pemasaran dan manajemen pemasaran. Ketika Anda melakukan pemasaran, secara otomatis hal tersebut akan melibatkan manajemen pemasaran. Kedua hal tersebut memang harus benar-benar diperhatikan dengan seksama agar pemasaran yang Anda lakukan benar-benar berhasil. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha jasa, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha jasa dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Ilmu Ekonomi ID. PENGERTIAN PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN. Ilmu-ekonomi-id.com: https://bit.ly/3rMIh1P

Share this Post