Investasi

Mengenal Perbedaan Investasi dan Menabung Lebih Dalam

Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai hari ini nyatanya masih banyak orang yang belum paham betul apa perbedaan investasi dan menabung. Meskipun sama-sama menyimpan uang namun kegiatan investasi dan menabung memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Perbedaan keduanya tersebut bisa dilihat dari definisi masing-masing.

Definisi Investasi dan Menabung

Definisi dari investasi yaitu menyisihkan uang yang kemudian nantinya akan dikembangkan agar suatu saat nanti bisa mendapatkan manfaat dan imbal hasil yang besar. Banyak instrumen investasi yang bisa dipilih baik jangka pendek maupun jangka panjang seperti obligasi, saham, emas atau properti.

Sementara menabung adalah kegiatan menyisihkan uang atau sebagian dari penghasilan dengan tujuan persiapan untuk menghadapi kondisi darurat. Menabung biasanya dilakukan seseorang dengan tujuan jangka pendek tertentu. Contohnya menabung untuk biaya kuliah S2 beberapa tahun mendatang. Beberapa jenis tabungan bisa dipilih misalnya tabungan umum, deposito maupun giro.

Perbedaan Mendasar Investasi dan Menabung

Setelah dijelaskan apa definisi dan pengertian dari investasi maupun menabung lalu di mana sebenarnya perbedaan di antara keduanya? Silakan temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

1. Fungsinya

Perbedaan antara investasi dan menabung yang pertama dilihat dari fungsinya. Fungsi dari investasi biasanya bisa dirasakan dalam jangka panjang dengan adanya imbal hasil yang cukup besar.

Contohnya investasi dalam bentuk properti maka baru bisa dirasakan fungsinya ketika dijual kembali 5 atau 10 tahun ke depan dengan nilai yang sudah mengalami kenaikan cukup tinggi. Sedangkan menabung pada umumnya memiliki fungsi untuk mencukupi keperluan darurat yang bisa datang kapan saja. Contohnya biaya pengobatan ketika sakit.

2. Imbal Hasil dan Risiko

Perbedaan selanjutnya dilihat dari segi imbal hasil dan risiko dari investasi maupun menabung. Imbal hasil pada kegiatan investasi bisa bermacam-macam tergantung dari instrumen yang dipilih. Misalnya imbal hasil dari investasi saham tentu saja akan berbeda dengan emas.

Namun perlu diingat bahwa investasi mengandung risiko tertentu sehingga sebaiknya pilih instrumen yang tingkat risikonya lebih kecil. Berbeda dengan menabung yang bisa dikatakan hampir tidak ada risiko yang harus ditanggung nasabah.

Bagaimana dengan tingkat imbal hasil dari menabung? Jika bicara tentang imbal hasil menabung memang tidak terlalu tinggi namun hal tersebut sepadan dengan minimnya risiko yang harus dihadapi.

3. Jenis Produk dan Bentuk

Jika Anda menabung maka pilihan produknya hanya ada beberapa saja yaitu tabungan umum, deposito dan giro. Bentuk simpanannya berupa uang yang disimpan melalui lembaga keuangan seperti bank maupun koperasi.

Bagaimana dengan investasi? Jenis produk dalam investasi cukup beragam termasuk dalam jangka waktu, besarnya imbal hasil dan risikonya. Anda bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi. Sedangkan bentuk dari investasi juga ada beberapa jenis seperti surat berharga misalnya ORI, aset riil berupa properti dan emas serta produk pasar modal lainnya.

4. Kemudahan Mengakses Dana

Perbedaan yang cukup mendasar dari investasi dan menabung yaitu kemudahan dalam mengakses dana. Kalau Anda menginginkan akses dana yang mudah maka pilihan terbaik adalah menabung. Uang tabungan Anda bisa diambil kapanpun dan di manapun baik lewat teller ataupun mesin ATM.

Sedangkan kalau investasi sudah tentu Anda tidak bisa sembarangan menarik dana. Uang modal maupun dana Anda baru bisa dicairkan ketika sudah habis jangka waktunya atau jatuh tempo. Begitu juga kalau investasi Anda berupa properti seperti rumah, apartemen dan lainnya maka baru bisa mendapatkan modal berikut imbal hasil ketika sudah laku dijual lagi.

Memahami lebih dulu apa perbedaan investasi dan menabung diharapkan bisa membantu Anda untuk memutuskan manakah yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda pun bisa melakukan keduanya untuk mengatur dan mendiversifikasi risiko. Selamat mencoba! 

Referensi:

  1. Richard. 02 Desember 2020. Kawula Muda, Ini Lho Beda Tabungan dan Investasi. Simak Yuk!. Finansial.bisnis.com: https://bit.ly/3C8AoIC

Clara Aprilia Sukandar. Jum'at, 22 Maret 2019, 15:18 WIB. Apa Beda Investasi dan Menabung?. Wartaekonomi.co.id: https://bit.ly/3CdOhFA

Share this Post

Artikel Terbaru