Investasi

Apa Itu Sukuk? Simak Pengertian Lengkapnya Di Sini

Sukuk adalah salah satu bentuk surat utang negara yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu membiayai pembangunan Negara. Sukuk membantu Negara untuk menekan atau menurunkan utang dari pihak luar negeri, lembaga, maupun pihak ketiga yang memiliki agenda politik tertentu.

Sukuk dianggap lebih baik daripada berhutang. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi di dalamnya untuk mewujudkan kemandirian finansial khususnya untuk Negara. Dalam penjualannya, pemerintah menunjuk berbagai Mitra Distribusi yang terdiri dari perbankan, perusahaan efek, dan fintech, salah satunya adalah platform yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Investree. Untuk dapat membeli Sukuk Ritel (SR) maupun Sukuk Tabungan (ST), Anda harus terdaftar sebagai Lender di Investree terlebih dahulu kemudian mendaftar sebagai Investor Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Investree.

Alur pemesanan sukuk ritel dimulai dari registrasi, pemesanan, pembayaran, hingga konfirmasi. Di Investree, Anda dapat memesan dengan nominal mulai Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar dengan kelipatan Rp 1 juta. Setiap pilihan nominal memiliki tenor sama, yaitu 3 tahun sejak pembelian untuk Sukuk Ritel dan 2 tahun untuk Sukuk Tabungan. Prosesnya dilakukan 100% online dan dijamin aman oleh Pemerintah RI.

Sebelum membeli produk Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, Anda harus terlebih dahulu memahami informasi lengkap terkait produk Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang ditawarkan melalui Memorandum Informasi yang telah tersedia.

Pengertian Sukuk

Menurut Dewan Syariah Nasional, sukuk merupakan surat berharga jangka panjang yang menggunakan prinsip syariah serta penerbitnya adalah emiten pada pemilik obligasi syariah. Artinya emiten harus membayar pendapatan kepada pihak pemilik obligasi syariah dengan sistem bagi hasil. Ketika jatuh tempo pun emiten juga harus membayar kembali dana obligasinya.

Sementara menurut Bapepam dan LK, sukuk menjadi bentuk efek syariah yang berwujud sertifikat kepemilikan yang memiliki nilai sama serta mewakili penyertaan yang tidak bisa dibagi untuk aset dengan wujud tertentu.

Sederhananya, sukuk merupakan surat atau sertifikat yang mempunyai nilai sama serta termasuk bentuk dari bukti kepemilikan yang tidak bisa dibagikan asetnya. Dengan kata lain, sukuk bukan bentuk surat utang seperti obligasi melainkan surat pernyataan kepemilikan pada manfaat suatu aset.

Tujuan Diadakan Sukuk

Tujuan penerbitan sukuk ada beberapa macam, tentunya pemerintah menginginkan hal yang baik untuk negara terutama soal finansial. Berikut ini adalah beberapa tujuan diterbitkannya sukuk:

  • Memperluas jaringan sumber pendanaan anggaran negara.
  • Mengoptimalkan perkembangan pasar dengan prinsip syariah.
  • Menciptakan benchmark di pasar syariah.
  • Mengembangkan pilihan untuk melakukan investasi.
  • Mengoptimalkan pemanfaatan barang dengan kepemilikan negara.
  • Memanfaatkan dana masyarakat yang tidak terjadi pada sistem perbankan konvensional.
  • Membiayai anggaran nasional seperti proyek pembangunan.

Dari beberapa tujuan sukuk di atas artinya sukuk sangat penting untuk membantu perekonomian negara. Oleh karenanya membutuhkan partisipasi masyarakat agar terwujud kemandirian finansial bagi Indonesia.

Keunggulan Investasi Melalui Sukuk

Selain bisa membantu negara memiliki kondisi finansial yang lebih baik, sukuk sendiri juga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat, di antaranya:

  • Dapat dimiliki investor ritel dengan nilai rendah serta mudah untuk dicairkan.
  • Bagi penerbit sukus merupakan sumber modal karena hasil penjualan sukuk dijadikan tambahan modal si penerbit.
  • Bisa diterbitkan oleh pemerintah dan menjadi SBSN.
  • Tingkat keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Sukuk adalah salah satu instrumen investasi yang cocok untuk Anda pilih. Selain ikut membantu negara, sukuk juga bermanfaat untuk diri sendiri terutama dalam hal pengembangan aset pribadi. Yuk, kita berinvestasi sukuk pada masa penawaran berikutnya!

Referensi:

Muhammad Idris. 31/01/2021, 17:51 WIB. Mengenal Investasi Sukuk: Definisi, Keuntungan, dan Cara Membelinya. Money.kompas.com: https://bit.ly/3nI18uR

Share this Post

Artikel Terbaru