Investasi

4 Perbedaan Tabungan dan Investasi yang Wajib Diketahui

Menabung dan investasi adalah kegiatan yang sama-sama terkait dengan keuangan Anda. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami perbedaan tabungan dan investasi. Sehingga, investasi dan menabung dianggap sebagai kegiatan yang sama. Padahal, keduanya cukup berbeda. 

Perbedaan dari tabungan dan investasi sebenarnya sudah bisa dilihat dari segi definisinya. Tabungan adalah cara seseorang untuk menyimpan sebagian dari penghasilan untuk berbagai keperluan di masa depan. Sedangkan yang disebut dengan investasi yaitu adalah bentuk usaha dari pemilik dana untuk menambah nilai aset yang dimilikinya. 

4 Perbedaan Antara Tabungan dan Investasi

Melihat pengertian tabungan dan investasi memang sudah sedikit terlihat dimana letak perbedaan keduanya. Meskipun memang tabungan bisa juga bermanfaat untuk meningkatkan nilai aset seseorang sebagaimana investasi. Nah, agar lebih jelas silahkan simak apa saja perbedaan antara tabungan dan investasi berikut ini.

  1. Fungsi dan Penggunaan Dana

Perbedaan yang pertama erat hubungannya dengan apa yang menjadi tujuan dari seseorang. Pada umumnya orang yang menabung hanya memikirkan tujuan jangka pendek saja. Contohnya ingin membeli mobil baru tapi uangnya belum mencukupi maka dia akan menabung agar suatu saat bisa mewujudkan keinginannya tersebut.

Sedangkan orang yang berinvestasi mayoritas menginginkan manfaat jangka panjang misalnya mempersiapkan pendidikan anak. Namun meskipun begitu ada juga jenis investasi yang jangka waktunya cukup pendek seperti obligasi. Sebaliknya, meskipun belum banyak yang melakukannya tabungan bisa juga diambil manfaat jangka panjangnya. Contohnya, tabungan dana pensiun.

  1. Tingkat Risiko Produk

Tabungan merupakan pilihan yang cocok bagi seseorang yang hanya ingin menyimpan uangnya dengan aman. Hampir tidak ada risiko yang harus ditanggung oleh nasabah kalau menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan.

Sementara itu kalau ingin berinvestasi maka Anda memang harus paham dan mengerti tentang segala seluk beluknya termasuk risiko dan manfaatnya. Investasi meskipun memiliki risiko tertentu namun memang menjanjikan imbal hasil yang lumayan.

  1. Profit yang Didapatkan

Siapapun yang menyimpan uangnya pasti menginginkan profit dari kegiatan tersebut baik tabungan maupun investasi. Namun harus diketahui lebih dulu bahwa nilai profit yang bisa didapatkan dari tabungan dan investasi tidaklah sama.

Di Indonesia pada umumnya besarnya profit yang bisa didapatkan dari tabungan berkisar antara 0,25% sampai 2% per tahunnya. Sedangkan nilai profit tabungan berupa giro ada pada kisaran 2,85% hingga 3,25%.

Bagaimana dengan profit yang bisa diperoleh dari investasi? Besaran profit investasi berbeda-beda tergantung dari jenis yang Anda pilih misalnya obligasi, saham, properti ataupun yang lainnya. Sebagai contoh profit investasi properti bahkan mencapai 10% per tahun. 

Besarnya profit tentu saja sudah sepadan dengan tingkat risiko dari kedua produk tersebut. Nilai profit tabungan memang lebih rendah namun hampir tidak ada risikonya. Sebaliknya investasi meskipun memiliki profit lebih tinggi namun ada risiko yang harus dihadapi.

  1. Perlindungan Terhadap Dampak Inflasi

Inflasi tidak mungkin bisa dihindari termasuk pengaruhnya pada nilai uang yang Anda miliki. Semakin tinggi tingkat inflasi akan semakin menurun juga nilai uang kita. Jika Anda menginkan produk keuangan yang bisa memberikan perlindungan lebih baik terhadap inflasi maka investasi adalah pilihan yang tepat. Meskipun bukan berarti tabungan tidak memiliki proteksi terhadap inflasi namun investasi lebih terjaga dari pengaruh buruknya jika Anda bisa memilih jenis produk yang tepat.

Mengetahui sejak awal apa saja perbedaan tabungan dan investasi diharapkan bisa membantu Anda memilih produk yang paling sesuai dengan kondisi serta kebutuhan. Pada intinya, baik menabung dan investasi bisa membantu Anda dalam mengalokasikan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Semoga informasi ini bermanfaat ya! 

Referensi:

Cermati.com. 1 Desember 2020. Perbedaan Tabungan dan Investasi yang Perlu Diketahui. Cermati.com : https://bit.ly/3ydqTpg

14 Juni 2021. Perbedaan Menabung dan Investasi. Bni-life.co.id : https://bit.ly/3i6Qbzt

Share this Post

Artikel Terbaru