Menabung

Tips untuk Bisa Menabung Lebih Banyak di Tahun 2020

Ketika tahun lalu uang tabungan Anda masih segitu-gitu saja atau bahkan belum memilikinya sama sekali, jangan khawatir, Anda bisa coba buat resolusi di tahun 2020 yaitu memiliki jumlah tabungan yang lebih banyak. Semua memang butuh upaya dan tidak ada yang instan. Tapi kunci keberhasilannya adalah dengan memulai sekarang juga. Berdasarkan hasil survei terhadap 3.000 orang dewasa di Amerika Serikat, terdapat 51% keluarga yang punya resolusi tahun ini untuk terbebas dari utang, dan ada 53% keluarga yang ingin menghemat lebih banyak supaya tabungan mereka jumlahnya bertambah secara signifikan. Coba bagaimana dengan penduduk di Indonesia, apakah punya semangat yang sama soal rencana finansial mereka?

Kalau kita tidak juga mencobanya, kita tidak akan pernah tahu. Karena itu, coba simak 6 (enam) tips dari Investree berikut yang bisa membuat Anda menabung lebih banyak di tahun 2020. Jangan sampai terlewatkan!

Mau belajar

Semua dimulai dari mendapatkan ilmunya dulu baru coba untuk mempraktikkan. Anda bisa mencari berbagai informasi mengenai cara menghemat pengeluaran dan pelajari juga tips dan trik berhemat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada batasan waktu untuk menimba ilmu. Sampai kapan pun kalau kita masih ingin banyak tahu dan mau belajar sesuatu hal yang baru, bukankah itu hal yang bagus? Jadi, bila Anda ingin menambah jumlah tabungan di tahun 2020 ini, cobalah untuk mencari tahu bagaimana caranya karena saat ini sudah banyak artikel yang bisa Anda temukan dengan mudah di mesin pencari Google. Namun bila Anda sudah menguasai ilmunya, tidak akan berarti apa-apa juga jika tidak diterapkan di kehidupan Anda. Karena untuk bisa mewujudkan nilai tabungan yang lebih banyak di tahun 2020, juga membutuhkan upaya yang harus Anda usahakan.

Hindari pengeluaran demi media sosial

Media sosial saat ini menjadi tempat untuk saling pamer kekayaan. Media sosial dipenuhi oleh berbagai kiriman orang memamerkan rumah mewah, barang-barang bermerek, hingga liburan eksklusif ke berbagai benua. Sehingga, secara tidak sadar akan memberi tekanan atau dorongan untuk berperilaku sama seperti yang lainnya. Juga supaya menghasilkan foto-foto yang bagus demi menarik perhatian para followers. Hasil survei dari Allianz di tahun 2018 menyebutkan, 90% milenial menciptakan kecenderungan untuk saling membandingkan kekayaan atau gaya hidup mereka dengan teman-teman sebayanya. Dengan begitu, banyak orang rela melakukan apa saja demi terlihat ‘mapan’ dalam kiriman media sosial mereka.

Samuel Deane seorang perencana keuangan di Amerika juga mengatakan banyak orang rela berutang demi mendapatkan liburan dan pengalaman eksklusif untuk kepuasan instan atau untuk mengesankan orang lain di media sosial. Nah, cara agar tidak menjadi korban tekanan akibat media sosial dan bisa menghindari potensi mengeluarkan uang secara berlebihan adalah dengan mengetahui tujuan Anda. Buat tujuan jelas yang ingin dicapai di tahun ini. Jangan biarkan tujuan Anda ditentukan oleh masyarakat atau rekan Anda di media sosial.

Tidak memaksakan membeli produk bermerek

Memang, produk bermerek mudah sekali membuat kita tergoda untuk membelinya. Tapi bila keuangan Anda tidak mendukung untuk terus-terusan membeli produk bermerek eksklusif jangan terlalu dipaksakan, nanti ujung-ujungnya kondisi keuangan Anda jadi berantakan. Anda bisa coba untuk mulai mengalihkan barang-barang dengan kualitas premium dan bermerek mahal ke yang standar dengan harga lebih murah. Dimulai dari kebutuhan obat-obatan, kosmetik, pakaian, dan lain-lain. Ini adalah cara untuk membuat keuangan Anda jadi lebih hemat. Untuk mencari tahunya Anda bisa melakukan perbandingan. Coba untuk melacak berapa banyak uang yang telah berhasil Anda hemat dari waktu ke waktu setelah melakukan pengalihan dari barang bermerek mahal ke yang standar. Jika tidak dilakukan perbandingan, Anda tidak akan tahu perbedaannya bila telah terjadi perubahan yang berarti dan kemungkinan besar Anda akan kembali ke merek-merek yang mahal tersebut. Bila penghematan tersebut benar-benar bisa dilakukan, Anda jadi punya tabungan lebih banyak tahun ini.    

Manfaatkan langganan berbagi

Berlangganan keanggotaan gym, TV kabel, dan langganan streaming online dapat dengan cepat menghabiskan uang yang Anda hasilkan. Karena pembagian di beberapa tempat dengan nilai yang kecil membuatnya tidak terlihat memberatkan dan Anda cenderung meremehkannya. Padahal, bila digabung jadi satu dan ditotal selama satu tahun, nilainya juga cukup besar. Alih-alih terbuang begitu saja, lebih baik dialihkan ke tabungan Anda. Jika membatalkan langganan terasa terlalu drastis, Anda bisa mencari alternatif lain yang lebih murah, seperti berbagi akun Netflix/Spotify/Amazon Prime dengan teman-teman atau menggunakan tiket harian ke gym Anda dan mencampurnya dengan melakukan olahraga sendiri di rumah. Tentu ini akan menghemat pengeluaran dengan tetap mendapatkan semua manfaat yang sama untuk biaya bulanan yang lebih hemat.

Manfaatkan cashback untuk ditabung

Begitu banyak aplikasi yang menawarkan promo cashback untuk menarik perhatian konsumen, mulai dari aplikasi e-wallet, sampai aplikasi khusus cashback yang berlaku untuk berbagai pembelanjaan yang Anda lakukan. Anda bisa memanfaatkan semua aplikasi tersebut ketika berbelanja dengan berkomitmen untuk menabung setiap cashback yang Anda peroleh. Ini bisa berguna sebagai dana tambahan untuk tabungan Anda di samping dana tabungan wajib yang Anda anggarkan setiap bulan. Atau, Anda bisa mulai mengumpulkan uang kembalian untuk ditabung di celengan pribadi sebagai tambahan untuk tabungan utama yang Anda sisihkan secara otomatis setiap bulannya. Anda bisa membuka celengan tersebut nanti di pertengahan tahun atau di akhir tahun.

Komitmen menabung 20% dari gaji per bulan

Para pakar keuangan menyebutkan jumlah penghasilan yang sebaiknya ditabung adalah minimal 10%. Namun bila tahun ini Anda menginginkan nilai tabungan yang lebih banyak dari tahun sebelumnya, Anda harus mengupayakan untuk menabung paling tidak 20% dari total penghasilan Anda setiap bulan. Bila di tahun lalu Anda sudah terbiasa menabung dengan nilai 10% dari gaji per bulan, pasti tidak akan berat kalau tahun ini Anda menambahkannya menjadi 20% dari gaji bulanan. Intinya dalam aktivitas menabung adalah proses pembiasaan. Ketika Anda sudah bisa terbiasa menabung setiap minggu atau setiap bulan, pasti ke depan akan semakin enteng untuk melakukannya. Setelah Anda bisa terbiasa menabung, Anda tinggal meningkatkan nominal uang yang ditabung setiap bulan. Lama-kelamaan Anda akan menyadari, ternyata jumlah tabungan yang dimiliki sudah mencapai target yang diinginkan atau bahkan melebihinya.

Selain dari keenam tips di atas, ada tips yang paling mudah untuk Anda coba lakukan pertama kali, yaitu dengan mengganti konsumsi kopi dari coffee shop menjadi kopi buatan sendiri di rumah. Anda hanya perlu berinvestasi pada satu alat grinder espresso/coffee yang bisa digunakan sendiri di rumah untuk membuat kopi favorit. Soal tutorial cara membuatnya juga sudah ada banyak di YouTube, jadi bisa dipelajari sendiri dengan mudah. Setuju?

Referensi:
Herb Weisbaum. 3 Januari 2020. How to get out of debt and save more money in 2020. NBC News: https://nbcnews.to/37XgDns
Sam Richardson. 5 Januari 2020. 13 ways to save money in 2020. Which.co: http://bit.ly/35OHDnt

Share this Post