Menabung

Pengertian Tabungan Berjangka, Ayo Pelajari di Sini

Pengertian dari tabungan berjangka adalah simpanan yang disetorkan oleh nasabah dengan periode waktu tertentu sesuai yang telah ditetapkan sebelumnya di mana jumlah uangnya bersifat tetap. Simpanan tersebut tidak bisa diambil sebelum masa jatuh temponya. Periode pada simpanan jenis berjangka ini biasanya antara 6 bulan hingga mencapai 20 tahun.

Karena simpanan jenis ini memiliki jangka waktu atau tenor maka nasabah tidak boleh mengambilnya setiap saat. Jika terjadi nasabah mengambil uang simpanan sebelum masa jatuh temponya maka bank akan memberikan denda. Namun meskipun begitu bank juga memberikan toleransi sebanyak tiga kali bagi nasabah yang menunggak setoran.

Alasan Memilih Tabungan atau Simpanan Berjangka

Bagi orang yang paham dan memiliki perhitungan cermat biasanya akan lebih memilih produk tabungan jenis berjangka. Adapun alasan orang memilih tabungan atau simpanan berjangka tersebut karena keuntungan yang dianggap lebih besar. Keuntungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Suku Bunga Lebih Tinggi

Kalau Anda memilih jenis tabungan yang berjangka maka akan mendapatkan bunga yang nilainya lebih tinggi daripada tabungan biasa walaupun masih sedikit di bawah deposito. Suku bunga simpanan berjangka antara 4% - 5% setiap tahunnya, lebih tinggi daripada tabungan jenis konvensional.

Setiap bulan bank tempat Anda menyimpan tabungan tersebut menerapkan suku bunga tertinggi sehingga keuntungan nasabah semakin besar. Makin banyak jumlah tabungan Anda maka otomatis semakin besar juga keuntungan yang didapatkan.

2. Tabungan Lebih Aman

Salah satu tujuan orang menabung adalah untuk menyimpan uangnya dengan aman. Nah, begitu pun dengan simpanan berjangka tersebut di mana dana Anda akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Anda tidak perlu menyimpan sendiri uang fisik di tempat yang belum terjamin keamanannya. Adanya aktivitas auto debit dan teknologi memungkinkan Anda menyimpan dana tanpa harus keluar rumah.

3. Bisa dengan Setoran Rendah

Menyimpan uang dalam tabungan jenis berjangka bisa Anda lakukan tanpa memberatkan finansial. Bahkan Anda bisa menabung hanya dengan Rp 100.000 per bulannya. Sedangkan untuk setoran awalnya bisa dimulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 tergantung dari kebijakan bank tempat Anda menabung.

Cara Membuka Tabungan atau Simpanan Berjangka

Bagaimanakah cara untuk bisa membuka tabungan jenis berjangka tersebut. Cara dan syaratnya mudah dan tidak jauh berbeda dengan tabungan konvensional biasa. Cara untuk membuka rekening simpanan berjangka antara lain yaitu:

  • Siapkan identitas diri yang diperlukan yaitu KTP/SIM/kartu pelajar atau paspor baik yang asli maupun fotocopy-nya sebagai persyaratan administrasi.
  • Siapkan uang tunai sebesar jumlah setoran awal yang telah ditetapkan bank di mana Anda membuka rekening.
  • Langsung datangi bagian Customer Service (CS) untuk melakukan pembukaan rekening baru.
  • Isi semua kolom pada formulir yang diberikan oleh CS dengan benar.
  • CS akan memberikan simulasi dan ilustrasi mengenai perhitungan dana simpanan berjangka tersebut lengkap dengan berapa asumsi jumlah uang yang harus disetorkan setiap bulan.
  • Jika semuanya sudah disetujui maka CS akan memproses pembukaan rekening simpanan berjangka Anda.
  • CS akan memberikan buku tabungan kepada Anda sebagai bukti bahwa proses pembukaan rekening sudah selesai dilakukan dan Anda sudah memiliki simpanan berjangka pada bank tersebut.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai tabungan berjangka. Jika mencari opsi mendanai supaya bisa mendapatkan keuntungan lebih, Anda juga bisa mendaftar sebagai lender di platform fintech yang sudah berizin di OJK seperti Investree contohnya. Anda akan mendapatkan imbal hasil dan manfaat sebagaimana (bahkan lebih!) kalau mempunyai simpanan berjangka.

Referensi:

Tabungan Berjangka. Cermati.com: https://bit.ly/3dd9HYz

Share this Post