Berikut 3 Perbedaan Debit dan Kredit, Wajib Kamu Tahu!

Ada beberapa perbedaan debit dan kredit yang penting Anda ketahui. Umumnya kredit diartikan sebagai pengeluaran sementara debit dianggap sebagai pemasukan uang. Namun pada kenyataannya, debet dan kredit tidak hanya soal pengeluaran dan pemasukan saja. Berikut ini beberapa perbedaan yang bisa Anda pelajari.

Perbedaan Debit dan Kredit

Dalam perbankan, kredit dikenal sebagai penyediaan uang atas kesepakatan pihak peminjam dan bank sebagai penyedia dana. Pihak bank menentukan jangka waktu pada peminjam agar bisa melakukan pelunasan pinjaman secara rutin dengan cara dicicil. Sementara untuk debit sendiri dalam perbankan juga tidak hanya seputar pertambahan jumlah uang. Simak dibawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Menurut Pengertian

Jika dilihat dari pengertiannya, debit merupakan kegiatan pencatatan akuntansi dimana aset dan biaya mengalami kenaikan. Debet umumnya terletak di sebelah kiri dan yang masuk debet seperti penambahan uang, peralatan, perlengkapan, dan juga sewa atau piutang. 

Sementara untuk kredit sendiri merupakan sebuah pencatatan akuntansi pada akun hutang serta ekuitas yang bertambah atau naik. Letaknya berada di sebelah kanan, dimana aset atau beban yang ada di kolom kredit, artinya terjadi pengurangan pada akun aset itu sendiri. Sementara saat hutang yang berada di kolom kredit, maka terjadi kenaikan pada akun hutang itu.

2. Dalam Akuntansi

  • Posisi: debit terletak di sebelah kanan sementara kredit penulisannya berada di sebelah kiri. Penerima masuk dalam akun debit, sementara pemberi akan tercatat di dalam akun kredit.
  • Pada laporan laba dan rugi, untuk kerugian yang terjadi akan dimasukkan dalam akun debit sementara semua transaksi yang keluar akan dimasukkan pada akun kredit.
  • Saat membuat laporan laba rugi, semua pendapatan dimasukkan pada kolom kredit, sementara kerugian pada kolom debit.
  • Hal yang mempengaruhi kenaikkan debit adalah peningkatan cash, mesin perlengkapan, bangunan, asuransi, sampai inventaris. Sementara untuk kredit yang mempengaruhi kenaikkan kredit biasanya dana investor, biaya, laba ditahan, serta hutang.

Dilihat dari beberapa poin perbedaan debit dan kredit di atas dapat disimpulkan, debit adalah sebuah pencatatan pengurangan nominal uang dan kredit mencatat setiap adanya penambahan uang. Dalam transaksi, debit sering diartikan sebagai sebuah kegiatan menabung di bank dan kredit adalah peminjaman uang pada pihak bank. Terakhir, debit adalah pencatatan yang menampilkan berkurangnya tabungan maupun deposito.

3. Dalam Perbankan

Untuk debit dan kredit dalam dunia perbankan perbedaannya juga terlihat cukup jelas. Debit dalam perbankan bisa juga dikatakan sebagai kartu debit, dimana itu adalah pelengkap rekening nasabah. Dengan kartu tersebut, penggunanya bisa melakukan berbagai transaksi dengan sederhana dan mudah. Kartu debit ini juga tidak memiliki limit, asalkan isi tabungan di rekening tidak kosong.

Sementara itu ada kredit yang biasa dipakai untuk melakukan pembayaran dengan adanya batasan atau limit dan juga syarat yang perlu dipatuhi dan dipahami. Syarat setiap produk kartu kredit sendiri sesuai dengan kebijakan bank masing-masing.

Itulah ulasan lengkap seputar perbedaan debit dan kredit. Debit dan kredit sendiri memiliki fungsinya masing-masing baik di dunia akuntansi maupun perbankan. Dengan debit dan kredit, Anda bisa mengetahui modal yang masuk dan keluar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Gie. June 25th, 2020. Debit dan Kredit: Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaannya dalam Akuntansi. Accurate.id : https://bit.ly/3fkcyzv