Menabung

6 Cara Menghemat Uang yang Baik dan Benar, Wajib Tau!

Menjaga supaya kondisi finansial Anda sehat, Anda harus tahu bagaimana cara menghemat uang yang baik dan benar. Adalah manusiawi ketika Anda menginginkan banyak hal untuk dimiliki atau dilakukan dengan membelinya menggunakan uang sendiri. Akan tetapi supaya daftar keinginan tersebut tidak merugikan diri sendiri, ada baiknya Anda mulai menghemat untuk menekan pengeluaran berlebih.

Menghemat uang akan menjadi mudah apabila Anda mempunyai niat yang kuat. Terutama ketika sudah berkeluarga, keuangan tidak lagi untuk diri sendiri melainkan untuk bersama. Manajemen keuangan yang baik adalah yang dapat mencukupi kebutuhan pribadi dan bersama, serta disimpan sebagian untuk rencana masa depan.

Nah, agar rencana finansial Anda berjalan dengan baik untuk kebutuhan saat ini maupun di masa depan, mulailah untuk menghemat uang dengan mengikuti tips dan trik berikut ini.

1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran Secara Rutin

Mencatat keuangan masuk dan keluar sering sekali disepelekan, padahal cara ini justru dapat membantu Anda untuk menghemat uang. Anda harus tahu dari mana saja pemasukan yang didapat dalam kurun waktu tertentu. Setidaknya Anda harus mencatat semua pengeluaran dalam sebulan.

Kondisi keuangan Anda sehat apabila jumlah pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Jika Anda menemukan banyak pengeluaran di pos yang tidak penting atau bukan termasuk dalam prioritas, maka pos pengeluaran tersebut bisa ditekan atau dihapus. Sehingga di bulan berikutnya Anda akan terhindar dari pengeluaran berlebih dan bisa lebih menghemat uang yang ada.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Saat mencatat pemasukan dan pengeluaran, sebaiknya catat dalam bentuk list atau daftar apa saja kebutuhan yang menjadi prioritas, serta apa saja kebutuhan yang berdasarkan keinginan pribadi. Cantumkan juga perkiraan harga dan berapa banyak yang dibutuhkan dalam sebulan. Dengan begitu dapat diperkirakan berapa besar pengeluaran untuk kebutuhan prioritas dalam kurun waktu 1 bulan.

Pengeluaran berlebih bisa terjadi karena Anda lebih banyak menambahkan kebutuhan yang di luar prioritas. Jika ingin menghemat uang, maka Anda harus mulai mengatur skala prioritas kebutuhan mulai dari sekarang.

3. Mulai Menabung

Menabung bisa menjadi cara untuk menghemat uang. Menabung yang benar adalah dengan menyisihkan, bukan menyisakan. Saat Anda baru mendapat gaji dari perusahaan, segera sisihkan setidaknya 10-20% untuk ditabung.

Manfaat menabung akan terasa di masa depan nanti. Motivasi diri Anda supaya rajin menabung dengan menetapkan tujuan dan keinginan yang jelas di masa depan. Semisal membeli rumah, biaya kuliah anak, biaya menikah, dan masih banyak lagi.

4. Membuat Rekening Bank Terpisah

Tips menghemat uang yang harus Anda ketahui adalah dengan membuat 2 atau lebih rekening bank. Satu rekening digunakan khusus untuk melakukan pembelian atau pembayaran, satu lagi digunakan untuk menabung dan menyimpan dana darurat. Cara ini akan lebih efektif untuk mengatur finansial Anda.

Dengan memisahkan rekening sesuai tujuannya, Anda akan lebih fokus membagi pengeluaran untuk setiap rekening yang dimiliki. Sehingga saat saldo rekening belanja sudah menipis, itu artinya Anda harus berhenti membuat pengeluaran.

5. Membandingkan Harga Saat Berbelanja

Trik berhemat saat belanja bulanan adalah dengan membandingkan harga untuk memilih produk dengan harga terbaik. Jika Anda merasa sudah saatnya untuk menekan pengeluaran bulanan, sebaiknya pilih harga produk yang lebih murah dari produk lainnya yang sejenis.

Anda dapat membandingkan harga produk dengan berbagai merek secara online sebelum memutuskan membelinya di toko fisik seperti supermarket.

6. Berinvestasi

Investasi dapat menjadi alternatif untuk menghemat keuangan. Mengapa? Karena dana yang semula dipergunakan untuk membeli kebutuhan yang bukan prioritas, bisa Anda alihkan untuk investasi. Tujuan dari investasi itu sendiri dapat mempertahankan nilai aset dari inflasi. Anda bisa mencoba investasi reksa dana, saham, maupun emas. Lakukan sesuai dengan preferensi risiko Anda sebagai investor.

Itulah 6 cara menghemat uang yang baik dan benar yang bisa Anda contoh. Semoga dapat membantu Anda mulai menghemat uang dengan baik dan benar.

Referensi:

Lifepal. 15 Juni 2021. 21 Cara Menghemat Uang yang Simpel dan Bikin Kaya Raya. Lifepal.co.id: https://bit.ly/3gvofo8

Share this Post

Artikel Terbaru