Keluarga

10 Aktivitas Bermain Bersama Anak Selama #DiRumahAja dengan Anggaran Minimalis

Sekolah yang sudah libur hampir 3 bulan lamanya karena pandemi, membuat anak-anak harus berada di rumah saja sambil belajar online dari rumah. Kadang mereka merasa bosan karena tidak ada teman bermain seperti di sekolah, atau Anda yang sudah mulai kehabisan ide memikirkan aktivitas apalagi yang bisa mengisi waktu anak-anak selama #dirumahaja yang mampu mengusir kebosanan mereka. Nah, kali ini Investree punya 10 ide aktivitas menarik yang bisa dilakukan di rumah bersama anak dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Menanam bibit tanaman

Bila Anda punya hobi berkebun, ini waktu yang tepat untuk mengajarkan anak Anda hobi yang sama. Selain bisa memperkenalkan berbagai jenis tumbuhan yang punya banyak manfaat bagi lingkungan, kegiatan berkebun juga dapat membantu menyegarkan pikiran mereka dari kebosanan selama #dirumahaja. Tidak lupa untuk melengkapi mereka dengan topi agar tidak kepanasan dan juga sarung tangan berkebun. Mereka bisa mulai berkebun dengan membantu Anda mengaduk tanah di dalam pot, menyemai bibit, hingga menyiram tanaman. Percayakan mereka dapat melakukan sendiri tugas yang Anda berikan agar anak juga sekaligus belajar soal keteraturan dalam bekerja.

2. Membuat playdough buatan sendiri

Anak kecil mana yang tidak suka bermain playdough? Bila terus-menerus membelinya di luar membuat keuangan jadi boros, Anda bisa, kok, membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat playdough di rumah sangat sederhana dan mudah didapatkan, seperti tepung terigu, garam, air putih, dan pewarna makanan. Cara membuatnya adalah campurkan ½ kg tepung terigu dan 250 gr garam ke dalam satu wadah, sisihkan. Lalu, tuang beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air putih, aduk rata, dan tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam wadah tadi sambil diuleni hingga mendapatkan warna yang diinginkan atau hingga kalis. Playdough sudah jadi dan siap untuk dimainkan.

3. Membuat makanan pencuci mulut

Anak-anak suka penasaran dan ingin ikut terlibat saat Anda sedang memasak. Sehingga tidak ada salahnya mengajak mereka membuat suatu makanan pencuci mulut yang simpel dan aman, yang tidak perlu menggunakan terlalu banyak benda berbahaya. Seperti membuat milkshake, cupcakes, bola-bola coklat dari biskuit marie dan susu kental manis, eskrim, hingga cookies. Selain untuk mengisi waktu selama #dirumahaja, makanan yang dibuat justru bisa menghemat budget Anda untuk membeli jajan mereka. Karena kalau bisa membuatnya sendiri di rumah, kenapa harus beli?

4. Ajak ikut berolahraga

Nah, buat Anda yang hobi berolahraga di rumah, Anda bisa ajak anak-anak ikut berolahraga. Ajarkan mereka untuk mengikuti setiap gerakan yang Anda contohkan. Secara nggak langsung, aktivitas tersebut juga mengajarkan mereka memiliki pola hidup sehat sejak dini dengan membiasakan mereka berolahraga. Olahraga juga membantu anak-anak bisa tidur lebih nyenyak dan tidak rewel. Pastikan Anda memilih gerakan yang ringan, serta mudah untuk mereka ikuti.

5. Bermain kreatif

Untuk mengasah kreatifitas anak selama berada di rumah, Anda bisa mengajak mereka bermain balok susun, puzzle, hingga lego. Mainan ini juga mudah sekali ditemukan dan ada yang terbuat dari kayu atau plastik. Adapun manfaat bermain mainan ini banyak sekali, seperti mengembangkan imajinasi, melatih kesabaran dan ketekunan, mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkan pengetahuan mereka seputar warna, bentuk, ukuran, dan keseimbangan. Setelah selesai bermain, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk tertib membereskan mainannya sendiri agar tidak ada bagian yang hilang agar bisa digunakan kembali.

6. Bermain gelembung sabun

Permainan gelembung sabun selalu populer di kalangan anak-anak dari segala usia. Nah, supaya rumah tidak berantakan dan lantai tidak menjadi basah, ada baiknya ajak anak Anda bermain gelembung sabun di pekarangan rumah sambil mereka berjemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 8.30 - 9.30. Bukankah berjemur juga baik untuk kesehatan dan sangat dianjurkan di masa sekarang ini? Anda bisa membuat gelembung sabun sendiri dari bahan-bahan yang murah, seperti air, sabun cair, dan bunga kembang sepatu. Caranya, campurkan deterjen cair/sabun cuci piring ke dalam wadah berisi ½ liter air, aduk rata pelan-pelan, jangan sampai berbusa. Lalu, giling 7 - 10 kuntum bunga kembang sepatu (tanpa tangkai) hingga halus dan beri sedikit air hingga berbentuk pasta. Campurkan ke dalam wadah tadi dan gelembung sabun siap dimainkan.

7. Membuat art and craft

Ada banyak sekali karya art and craft yang bisa Anda buat bersama anak. Berikut beberapa contohnya: (1) membuat bingkai foto, caranya kumpulkan beberapa batu/kerikil dan kemudian diwarnai menggunakan cat akrilik dan tempelkan pada potongan kardus hingga membentuk sebuah bingkai foto, (2) membuat lukisan dengan cap telapak tangan/telapak kaki yang dililitkan bubble wrap pada kedua kakinya, (3) membuat boneka jari, caranya temukan gambar karakter favorit anak di Google lalu pindah gambar ke dokumen Word dan sesuaikan ukurannya menjadi selebar jari, cetak, warnai, serta rekatkan, boneka jari sudah jadi.

8. Perbanyak membaca buku

Buku adalah gudang ilmu, itu adalah istilah yang sering kita dengar untuk menggambarkan keistimewaan sebuah buku. Ya, dengan banyak membaca buku akan menambah ilmu pengetahuan dan membuka cakrawala. Selain itu, dengan sering membaca buku dapat melatih konsentrasi anak, menambah kosakata, meningkatkan keterampilan komunikasi, serta bermanfaat sebagai pendidikan karakter yang membentuk pola perilaku anak. Sehingga, ada baiknya Anda menggunakan waktu di rumah untuk lebih sering mengajak mereka membaca buku.

9. Adakan pesta dansa

Mengadakan pesta dansa benar-benar dapat membantu Anda bila anak-anak memiliki banyak energi yang terpendam. Kumpulkan mereka di ruang keluarga, nyalakan lampu disko mini yang bisa Anda beli di online shop, dan gunakan pengeras suara untuk musiknya. Anda bisa memilih musik yang sesuai untuk anak-anak, seperti album Bethel Music Kids: Come Alive yang bisa Anda temukan dengan mudah di YouTube, dimana para penyanyi melakukan tarian yang mengesankan dan dapat ditiru oleh anak-anak Anda.

10. Menulis surat untuk teman

Bila anak-anak sudah mulai merasa kangen dengan teman-teman sekolahnya, Anda bisa mengajak mereka menulis surat untuk temannya, dan mengirimkan ke alamat rumah teman tersebut. Secara tidak langsung ini juga akan melatih kemampuan mereka dalam menulis. Rasa kangen yang timbul karena tidak ada kesempatan untuk bertemu secara langsung bisa terobati dengan surat-menyurat, sekaligus mengurangi anak-anak berinteraksi menggunakan smartphone dengan teman-temannya.

Selama di rumah saja, Anda jadi punya lebih banyak waktu bersama anak dan justru ini harus dimanfaatkan dengan baik. Bangun hubungan yang erat antara orang tua dan anak pada saat sekarang ini dengan menghabiskan waktu bersama melakukan beragam aktivitas seru. Anak-anak juga pasti senang bila orang tuanya lebih sering ‘hadir’ untuk mereka dan tidak hanya sibuk bekerja. Good luck and cheer up for your loved ones!   

Referensi:

24 April 2020. 35 Activities for Kids at Home (for when you’re out of ideas). This Simple Balance: https://bit.ly/2TjSzGu

Tiara Syahra S. 2 April 2020. 7 Contoh Kegiatan Anak di Rumah yang Sederhana & Bikin Gembira. 99.co: https://bit.ly/2X3NJ16

Share this Post