Perbedaan Direktur dan Manajer Dalam Usaha, Wajib Tahu!

Perbedaan direktur dan manajer perlu diketahui dengan jelas terutama dalam dunia bisnis atau usaha. Peran keduanya sangat penting dan saling terkait satu sama lain. Namun masih banyak yang bingung serta kurang jelas porsi tugas dan tanggung jawab keduanya. Di sini akan diulas secara jelas tentang beda direktur dan manajer tersebut.

Perbedaan Direktur dan Manajer

1. Berdasarkan Posisi

Manajer adalah orang yang disebut sebagai kepala unit atau kepala suatu divisi khusus yang bertanggung jawab atas kinerja divisi atau unit tersebut. Sementara Direktur adalah orang yang telah dipilih para pemegang saham atau investor untuk memantau dan mengawasi kegiatan perusahaan agar sesuai dengan visi perusahaan.


Jadi dilihat dari posisinya Direktur berada di atas Manajer. Tugas Direktur jauh lebih berat dan tanggung jawabnya secara menyeluruh. Perusahaan berjalan dengan baik atau tidak diawasi dan diatur langsung oleh direktur. Sementara Manajer ruang lingkup kerjanya hanya terbatas pada satu divisi saja.

2. Berdasarkan Fungsi

Manajer berfungsi untuk memimpin bawahannya dalam satu divisi. Manajer berfungsi untuk memberikan instruksi dan mengawasi setiap anggota divisi agar bekerja sesuai dengan porsi dan tanggung jawab masing-masing. Manajer akan memberikan tugas pada setiap anggota divisi, sehingga bisa menyelesaikan project tepat waktu dan memberikan tugas tersebut pada anggota yang sesuai dengan ahlinya.


Sementara seorang direktur berfungsi untuk memberikan arahan pada setiap manajer dan star senior perusahaan. Direktur berfungsi memberikan pengawasan pada kinerja manajer dalam mengatur setiap divisi yang dipegang.

3. Dilihat dari Tingkat Manajemen

Manajer adalah bagian manajemen tingkat menengah dimana artinya di atas posisi manajer masih ada posisi lain. Sedangkan untuk direktur, ialah masuk pada manajemen tingkat atas dimana di atas posisi direktur tidak ada lagi posisi lain. Sederhananya, Manajer menjalankan tugas dari Direktur. Sementara Direktur menjalankan tugas sesuai dengan rapat direksi para investor.

4. Tanggung Jawabnya

Perbedaan direktur dan manajer selanjutnya dilihat dari tanggung jawabnya. Manajer memiliki tanggung jawab untuk manajemen perusahaan secara keseluruhan. Jadi setiap pekerjaan serta kualitas kinerja setiap unit atau divisi diawasi langsung oleh manajer.Sementara itu, dari semua kegiatan manajer tersebut, ada pengawasan Direktur yang bertanggung jawab memberikan pengawasan pada administrasi perusahaan secara menyeluruh.

5. Dilihat Dari Perannya

Perbedaan direktur dan manajer yang cukup mencolok juga terlihat dari perannya. Manajer berperan sebagai eksekutif dan memberikan perintah atau tugas. Sementara Direktur memiliki peran yang murni hanya menentukan atau mengambil keputusan dan  bersifat legislatif. Jadi disini Direktur menyusun sebuah rencana dan kebijakan organisasi dan manajer yang bertugas untuk menjalankannya sesuai dengan yang sudah ditetapkan Direktur.

6. Berdasarkan Tugasnya

Manajer bertugas untuk menjaga perusahaan beroperasi dengan baik setiap harinya. Manajer bertugas untuk membuat rencana jangka pendek bagi perusahaan. Sementara Direktur bertugas untuk membuat rencana jangka panjang atau bisa disebut sebagai sistem sebuah perusahaan yang akan dijalankan oleh manajer. Sudah menjadi tugas Direktur untuk mengamankan masa depan dari usahanya.

7. Laporan yang Dibuat

Baik Direktur dan Manajer dalam pekerjaannya sama-sama membuat laporan. Manajer membuat laporan kerja yang harus disampaikan kepada Direktur. Sementara itu, Direktur juga membuat laporan kerja namun ditujukan kepada pemangku kepentingan perusahaan yang dijalankan. Jika terjadi kebangkrutan pada perusahaan, ada beberapa tanggung jawab hukum yang dilimpahkan hanya pada Direktur.


Pada intinya, perbedaan direktur dan manajer terletak pada hak dan kewajiban masing-masing. Keduanya tidak bisa dipisahkan karena memang dalam prakteknya perusahan membutuhkan Direktur dan Manajer agar bisa beroperasi dengan baik. Baik Manajer dan Direktur sama-sama memegang fungsi penting bagi sebuah perusahaan. Dengan Manajer dan Direktur handal, keuangan perusahaan berjalan baik dengan pilihan pendanaan yang tepat. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Pendanaan di Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender untuk mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

 

Referensi :

Gadget Info. Perbedaan Antara Manajer dan Direktur. Id.gadget-info.com : https://bit.ly/3nq7b5j