Pentingnya Supervisi dalam Perkembangan Suatu Usaha

Supervisi adalah salah satu faktor penunjang keberhasilan usaha Anda. Jika ingin usaha berjalan dengan baik dan bisa berkembang dengan pesat, maka Anda harus melakukan supervisi sebaik mungkin pada seluruh komponen yang ada pada usaha tersebut. Supervisi ini bisa Anda lakukan secara internal yang mana sebagai pimpinan perusahaan Anda memang mempunyai wewenang dalam bidang tersebut. Jadi, jangan ragu untuk melakukan supervisi karena itu demi mencegah agar usaha Anda tidak gulung tikar sejak dini. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari supervisi dibawah ini.

Apa Itu Supervisi dalam Bidang Usaha?

Supervisi menjadi salah satu kegiatan yang telah direncanakan dan disusun dengan rapi dengan tujuan untuk melakukan penilaian terhadap aspek atau kinerja seseorang dalam sebuah instansi atau perusahaan. Nantinya, akan dihasilkan sebuah hasil yang baik atau buruk dari supervisi yang dilakukan. Selanjutnya,dari hasil supervisi tersebut akan dilakukan tindak lanjut dan evaluasi demi kebaikan bersama.

Dalam bidang usaha sendiri juga sangat penting untuk dilakukan supervisi. Hal ini untuk melakukan pengecekan kinerja karyawan, melakukan pengecekan terhadap sistem yang dijalankan perusahaan, mengetahui kondisi alat-alat yang sedang digunakan, mengetahui kondisi pengelolaan keuangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biasanya, supervisi di perusahaan akan dilakukan oleh bos dari perusahaan tersebut atau atasan yang ditunjuk oleh pimpinan perusahaan untuk melakukan supervisi. Bisa juga, supervisi dilakukan oleh pihak eksternal yang memang memiliki kewenangan dalam hal ini terkait dengan perusahaan tersebut. Yang terpentin adalah instrumen supervisi harus disiapkan dengan lengkap saat melakukan supervisi agar penilai mengerti hal apa saja yang seharusnya dinilai dan nantinya dilakukan evaluasi.

Jenis-Jenis Kegiatan Pada Tahapan Supervisi

Menurut jenisnya, ada beberapa kegiatan supervisi yang bisa dilakukan dalam dunia bisnis yakni meliputi:

1. Supervisi Penelitian

Supervisi penelitian merupakan kegiatan supervisi tahap pertama yang dilakukan oleh supervisor untuk mengetahui kondisi sebuah perusahaan lengkap beserta karyawannya. Dalam tahapan ini, supervisor baru akan melaksanakan pengamatan saja dan belum sampai melakukan penilaian.

2. Supervisi Penilaian

Setelah melakukan pengamatan dalam tahapan penelitian, selanjutnya supervisor akan melakukan penilaian di perusahaan yang dituju. Aspek-aspek yang akan dinilai dalam hal ini sudah termasuk dalam instrumen yang disiapkan dengan lengkap.

3. Supervisi Perbaikan

Supervisi perbaikan merupakan sebuah tahapan evaluasi yang akan dilakukan oleh supervisor setelah melakukan penilaian. Pada tahapan ini akan diketahui dengan jelas tentang kelemahan karyawan dan kondisi perusahaan. Di samping itu, diketahui juga suatu hal yang kuat dan tetap harus dipertahankan dalam perusahaan tersebut.

4. Supervisi Bimbingan

Kegiatan supervisi juga mempunyai kewajiban untuk memberikan bimbingan kepada para karyawan perusahaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu karyawan supaya bekerja secara maksimal dan memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

5. Supervisi Kerjasama

Selain memberikan bantuan atau bimbingan pada perusahaan, kegiatan supervisi yang lainnya yakni melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini sangat baik dalam mengembangkan perusahaan dan membangun relasi dengan mitra terkait supaya nantinya perusahaan bisa melakukan branding dengan mudah.

Kesimpulannya, supervisi adalah hal paling penting yang harus dilakukan perusahaan dengan skala kecil dan menengah. Sayangnya, hingga kini masih banyak perusahaan yang abai dan enggan melakukannya. Hal ini harus dihindari karena akan membuat kondisi perusahan melemah dengan sendiri sebab tidak adanya kontrol atau pengawasan yang dilakukan melalui supervisi. Selain itu, modal juga penting dimiliki perusahaan. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Studinews. December 12, 2021. Pengertian Supervisi, Fungsi & Jenis Kegiatan Supervisi (Lengkap). Studinews.co.id : https://bit.ly/3GVwPY8