Karir

Mengenal Human Resource Development Secara Lengkap

Di dalam suatu perusahaan terdapat beberapa divisi, salah satunya yaitu Human Resource Development atau HRD. HRD ini memiliki peran yang cukup besar dalam pengelolaan maupun pengembangan karyawan dalam suatu perusahaan. Bisa dibilang, perannya selalu berkaitan dengan karyawan. Salah satu perannya yaitu membantu meningkatkan kualitas karyawan. Kualitas karyawan yang meningkat tentu akan membuat kinerja para karyawan dari berbagai divisi bisa berjalan dengan lancar dan tujuan perusahaan bisa tercapai.

Pengertian Human Resource Development

Human Resource Development menjadi salah satu divisi di perusahaan yang memiliki peran dalam perkembangan sumber daya manusia. Dalam perusahaan, Human Resource Development bertugas untuk mengembangkan potensi karyawan melalui pelatihan karyawan atau dengan cara pengembangan karir.

Karyawan yang mengikuti pelatihan dan pengembangan karir akan merasakan banyak manfaat, selain bisa membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal juga bisa mengembangkan potensi dan skill yang dimiliki. Selain itu, juga bisa meningkatkan efektivitas serta performa karyawan saat bekerja di perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Human Resource Development

Biasanya suatu perusahaan membutuhkan karyawan di posisi Human Resource Development dengan kualifikasi pendidikan lulusan jurusan psikologi, hukum dan ekonomi. Alasannya karena bagian ini memiliki tugas yang berkaitan erat dengan karyawan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang tugas dan tanggung jawabnya.

1. Merekrut Karyawan

Salah satu tugas utamanya adalah merekrut karyawan baru untuk menempati posisi tertentu yang dibutuhkan perusahaan. Supaya tugas ini bisa berjalan dengan baik, penting untuk memahami tentang karakteristik karyawan di perusahaan, baik karyawan yang sudah bekerja ataupun yang masih melamar pekerjaan.

2. Melakukan Pengawasan Kinerja Semua Karyawan

Human Resource Development juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengawasi kinerja semua karyawan perusahaan, baik itu karyawan baru maupun karyawan lama. Pengawasan kinerja ini dilakukan dengan tujuan untuk memonitoring setiap kinerja sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Apakah kinerjanya sudah sesuai dengan Standard Operating Procedure yang berlaku di perusahaan atau belum.

3. Memberikan Pelatihan Serta Pengembangan Karyawan

Setelah menyelesaikan tugas untuk merekrut karyawan baru, Human Resource Development juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelatihan serta pengembangan kepada karyawan baru tersebut. Pelatihan dan pengembangan tersebut dilakukan supaya kinerja karyawan bisa dilakukan dengan maksimal. Kinerjanya yang maksimal tentu akan berbanding lurus dengan hasilnya. Hasil yang didapat akan sesuai dengan ekspektasi perusahaan ketika merekrut karyawan baru.

4. Distribusi Penggajian Karyawan

Setiap bulan semua karyawan berhak untuk mendapatkan gaji dengan nominal sesuai dengan Standard Operating Procedure, kontrak atau sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh divisi keuangan. Setelah divisi keuangan menentukan dan mempersiapkan gaji yang diterima oleh masing-masing karyawan, Human Resource Development kemudian bertugas untuk mendistribusikan gaji ke masing-masing karyawan.

5. Memberikan Rekomendasi Pengangkatan Jabatan dan Kompensasi 

Human Resource Development bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi seorang karyawan untuk naik jabatan atau memberikan kompensasi bagi karyawan yang layak untuk mendapatkan kompensasi. Kompensasi yang diberikan biasanya dalam bentuk reward. Rekomendasi yang diberikan tidak boleh sembarangan karena harus objektif berdasarkan kinerja karyawan tersebut. Jika kinerja karyawan tersebut baik maka akan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan rekomendasi.

Itulah informasi lengkap tentang Human Resource Development. Dengan Human Resource Development, karyawan perusahaan Anda akan bekerja lebih maksimal dan usaha semakin berkembang. Selain itu, Anda juga harus memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usaha di sektor lainnya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi, pengembangan produk dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa melakukan promosi dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Aufa Atila. Juli 2021. Human Resource Development: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Tips. Jojonomic.com. https://bit.ly/2ZMeLPY

Talenta.com. 02 Maret 2021. Arti, Fungsi dan Tugas Human Resource Development, Yuk Pahami!. Talenta.com. https://bit.ly/3EsSmFS

Share this Post

Artikel Terbaru