Karir

Kenali Manajemen Personalia Serta Manfaat dan Tujuannya

Manajemen personalia erat kaitannya dengan bagian yang merekrut, menggunakan serta memelihara tenaga kerja perusahaan. Tidak heran, jika manajemen ini sangat peduli dengan karyawan. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa manajemen personalia itu merupakan Human Resource Department. Padahal keduanya sangat berbeda. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar manajemen personalia, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Apa Itu Pengertian Manajemen Personalia?

Manajemen personalia merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara pemberian fasilitas kepada karyawan. Fasilitas yang diberikan akan digunakan untuk perkembangan, pekerjaan serta partisipasi dalam kegiatan perusahaan.

Menurut Marihot Manullang, personalia adalah bidang ilmu mengenai pemberian fasilitas kepada karyawan. Bidang ilmu ini juga membahas tentang bagaimana cara memberikan fasilitas berguna untuk kepentingan karyawan. Dimana ada rasa partisipasi dalam aktivitas ataupun kegiatan yang berkaitan dengan personalia.

Menurut Prof. Edwin B. Flippo, personnel management merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan juga pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan serta pemutusan hubungan kerja dengan SDM untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi maupun masyarakat.

Sedangkan menurut Edward Francis Leopold Bench, personnel management merupakan salah satu unsur penting dalam suatu perusahaan. Personnel management sangat dibutuhkan perusahaan untuk membantu mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan.

Manfaat Manajemen Personalia

  1. Bisa memperbaiki pemanfaatan sumber daya manusia (SDM).
  2. Mampu meningkatkan efektivitas serta efisiensi pendayagunaan sumber daya manusia.
  3. Bisa menyesuaikan aktivitas sumber daya manusia (SDM) serta kebutuhan di masa depan secara efisien.
  4. Bisa melengkapi informasi sumber daya manusia (SDM) yang bisa membantu kegiatan sumber daya manusia (SDM) dan unit organisasi lainnya.
  5. Mempu meningkatkan efisiensi dalam menarik pegawai baru.
  6. Memastikan kesejahteraan karyawan dalam perusahaan.
  7. Mengurus proses pemberhentian karyawan (pensiun, pemutusan hubungan kerja (PHK) dan sebagainya).
  8. Menyusun anggaran yang berhubungan dengan karyawan yang dibutuhkan perusahaan.
  9. Membuat rencana kerja bagi sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan, seperti job analysis, job description, dan job specification.
  10. Menentukan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan serta didedikasikan untuk perusahaan.
  11. Melakukan seleksi karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.
  12. Memastikan calon karyawan yang akan direkrut berada di posisi yang tepat.
  13. Mengurus, pendidikan dan juga mengembangkan sumber daya manusia (SDM).

Tujuan Manajemen Personalia

Dari beberapa pengertian yang disebutkan diatas, personalia memiliki tujuan utama untuk mensinergikan tujuan perusahaan dengan seluruh sumber daya yang ada. Menurut Marihot Manullang, tujuan personalia ada dua, antara lain:

  1. Production Minded (Efisiensi dan juga daya guna).
  2. People Minded (kerjasama).

Dalam hal ini, manajemen personalia memiliki tujuan yang sangat berhubungan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dimana setiap karyawan bisa memberikan sumbangsing maksimal kepada atasannya. Efisiensi dapat dicapai apabila terdapat kerjasama yang maksimal diantara para karyawan perusahaan.

Itulah informasi tentang manajemen personalia beserta manfaat dan tujuannya. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda memahami lebih mendalam personalia. Untuk mengembangkan perusahaan seperti membentuk manajemen yang solid serta pelatihan yang profesional tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Parta Setiawan. 19 Agustus 2021. Manajemen Personalia – Pengertian, Penataan, Manfaat, Tujuan, Fungsi, Tugas, Pengembangan, Para Ahli. Gurupendidikan.co.id. https://bit.ly/3Fequqh

M.Prawiro. 06 Juni 2020. Manajemen Personalia: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tugasnya. Maxmore.com. https://bit.ly/3FjJV0O

Share this Post