Karir

Kenali Human Resource Manager Serta Tugas dan Fungsinya

Human Resource Manager menjadi bagian paling penting dalam perusahaan besar untuk memanage tenaga kerja. Tidak semua perusahaan memiliki bagian ini, biasanya hanya ada di di perusahaan berskala besar dan sudah memiliki prosedur serta pola yang baik. Untuk mengetahui apa itu Human Resource Manager, tugas beserta fungsi-fungsinya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Apa Itu Human Resource Manager?

Human Resource Manager merupakan sistem yang dibuat untuk mengatur sumber daya manusia (tenaga kerja) yang ada di dalam perusahaan. Sistem ini dibuat dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja setiap tenaga kerja secara efektif sehingga tujuan bersama bisa tercapai dengan baik.

Human Resource Manager merupakan pemanfaatan keahlian yang dimiliki tenaga kerja sesuai dengan bidang yang dikuasainya dan menempatkannya pada posisi yang tepat. Dengan begini diharapkan tenaga kerja yang ditempatkan pada posisi tertentu bisa berperan maksimal dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab yang sudah disepakati.

Tugas Human Resource Manager

Human Resource Manager memiliki 3 tugas utama, antara lain:

  • Merencanakan, mengatur, serta memantau tindakan maupun aktivitas dari bagian Human Resource.
  • Mengembangkan maupun mengurus perencanaan Sumber Daya Manusia.
  • Bertanggungjawab dalam pengembangan dan juga perencanaan bagian Human Resource, tujuan serta prosedur pelaksanaannya.

Fungsi Human Resource Manager

Human Resource Manager memiliki 2 fungsi umum, antara lain:

1. Fungsi Manager

Fungsi Human Resource Manager yang pertama mencakup beberapa hal, seperti:

a. Perencanaan

Perencanaan menjadi fungsi utama Human Resource Manager. Dimana perencanaan yang dibuat akan menentukan nasib perusahaan. Jika perencanaannya buruk maka bisa berisiko menyebabkan kegagalan dan mempengaruhi keseluruhan sistem. Untuk itu, diperlukan penyusunan perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan.

b. Pengorganisasian

Agar perencanaan yang dibuat bisa berjalan dengan baik maka diperlukan organisasi yang baik. Untuk itu, Human Resource Manager perlu untuk mendirikan divisi atau departemen, menciptakan sistem untuk mengkoordinasi pekerjaan staf, memberikan tugas khusus kepada masing-masing staf Human Resource dan sebagainya.

c. Kepegawaian

Kepagawaian merupakan salah satu fungsi utama dari Human Resource Manager. Dalam fungsi pegawaian, HR Manager bertugas untuk memberikan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja yang sesuai, memberikan gaji yang memuaskan dan  menempatkan tenaga kerja di posisi yang tepat.

d. Pengarah

Seorang Human Resource Manager diharuskan untuk memiliki kemampuan mengarahkan. Ini dikarenakan memiliki kemampuan ini akan mempermudah dalam menjalankan tugas-tugasnya. Contohnya seperti memberikan kejelasan kepada karyawan apa yang harus dilakukan serta diinginkan oleh pihak manajemen.

e. Pengontrolan

Human Resource Manajer juga harus memiliki pengetahuan mumpuni dalam mengendalikan hal-hal yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia. Dengan pengetahuan ini maka bisa digunakan untuk mengukur serta melakukan penilaian atau evaluasi terhadap kinerja karyawan.

2. Fungsi Umum

Fungsi umum Human Resource Manager mencakup beberapa hal, seperti:

  1. Perekrutan

Human Resource Manager bertugas untuk merekrut karyawan. Sebelum melakukan perekrutan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Seperti analisis pekerja yang berkaitan dengan spesifikasi jenis pekerjaan yang dibutuhkan, rekrutmen serta seleksi kepada calon karyawan, induction dan orientasi serta sosialisasi.

b. Pengembangan

Dalam fungsi pengembangan, Human Resource Manager harus mendorong semua karyawan dengan cara memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Cara lain yaitu dengan mempromosikan ke jenjang pekerjaan yang lebih tinggi sesuai keterampilan serta pengetahuan yang dimiliki.

c. Kompensasi

Dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan kompensasi, Human Resource Manager diperbolehkan untuk mengadopsi berbagai metode untuk menilai kinerja masing-masing karyawan. Penilaian kinerja dan evaluasi menjadi tugas inti dan utama dari Human Resource Manager.

d. Motivasi

Human Resource Manager memiliki tugas untuk memberikan motivasi kepada para karyawan. Dimana semua karyawan harus diperlakukan dengan manusiawi sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan.

e. Integritas

Human Resource Manager harus memiliki integritas supaya bisa menekan terjadinya konflik. Dalam perusahaan sering terjadi konflik antara atasan dengan bawahan. Untuk mengatasi konflik ini diperlukan peran Human Resource Manager.

Itulah informasi tentang Human Resource Manager serta tugas dan fungsinya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha agar menjadi perusahaan besar dengan Human Resource Manager yang baik, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Talenta. 23 Juli 2020. HR Manager, Definisi, Fungsi dan bagaimana Peran Pentingnya di Perusahaan. Talenta.co. https://bit.ly/3AvHPHR

Maderendika. 13 Mei 2019 . Penjelasan Tugas HR Manager dan Perannya di Perusahaan. Sleekr.co.  https://bit.ly/2WYnaOM

Azora Antari. April 2021. Human Resource Management: Pengertian Serta Fungsinya. Jojonomic.com. https://bit.ly/3uY3iYC

Share this Post

Artikel Terbaru