Karir

Kenali Auditor Eksternal dan Fungsinya Bagi Suatu Usaha

Auditor eksternal adalah bagian penting dalam perusahaan yang wajib Anda miliki jika sedang membuka usaha atau mengembangkan usaha. Dalam setiap perusahaan, baik itu skala besar maupun menengah, diperlukan yang namanya auditor eksternal. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu auditor eksternal beserta fungsinya secara lengkap dibawah ini. 

Apa Itu Auditor Eksternal?

Auditor eksternal adalah seseorang yang bekerja sebagai penguji komponen laporan keuangan pada suatu lembaga atau perusahaan. Tujuan pengujian ini adalah apakah komponen laporan tersebut telah benar-benar dihitung berdasarkan akuntansi atau belum. Dalam hal ini, auditor eksternal sedang melakukan aktivitas yang bernama audit eksternal. Hal ini merupakan aktivitas yang dilakukan oleh kantor akuntansi publik bersertifikat dari luar lembaga, perusahaan, atau instansi yang diaudit.

Biasanya auditor eksternal ini hanya melakukan audit dalam sebuah lembaga yang berskala besar saja. Sebab, lembaga dengan skala besar memiliki laporan keuangan yang lebih rumit dan juga lebih beragam sehingga memang harus diperiksa kebenarannya berdasarkan aturan akuntansi. Namun, jika perusahaan Anda masih dalam skala menengah dan ingin diaudit, Anda juga bisa meminta bantuan dari auditor eksternal.

Apa Saja Fungsi Auditor Eksternal Bagi Suatu Usaha?

Auditor eksternal memiliki banyak fungsi untuk usaha agar lebih berkembang dan berjalan sesuai rencana. Fungsi tersebut tentunya sangat penting dan sangat berpengaruh dalam pengelolaan perusahaan agar tidak carut-marut. Lalu, apa saja fungsi dari auditor eksternal yang wajib Anda ketahui? Anda bisa pelajari fungsi-fungsi auditor eksternal untuk usaha dibawah  ini.

1. Mendeteksi Penipuan dan Kecurangan

Fungsi dari pelaksanaan audit eksternal oleh auditor salah satunya untuk mendeteksi adanya penipuan dan kecurangan yang dilakukan oleh oknum tertentu dalam mengendalikan keuangan perusahaan. Biasanya, saat telah dilakukan audit, maka akan muncul berbagai kecurangan yang dilakukan oleh karyawan antara lain skimming pembayaran dari pelanggan, pencurian tunai, transaksi penggajian, dan juga penyalahgunaan kartu kredit.

2. Meningkatkan Praktik Operasional

Walaupun audit eksternal lebih menitikberatkan pada keuangan perusahaan, tetapi yang diperiksa dalam aktivitas ini adalah praktik perusahaannya. Dalam hal ini auditor eksternal akan menelaah apakah bisnis bisa beroperasi secara maksimum atau tidak. Jika memang tidak, maka dipastikan bahwa biaya operasional akan membengkak dan menimbulkan masalah keuangan. Oleh sebab itu, setelah audit eksternal pemegang kuasa perusahaan bisa meningkatkan praktik operasional mereka dengan berbagai cara.

3. Memeriksa Kebijakan dan Prosedur Suatu Usaha

Selain keuangan dan praktik operasional, tujuan dari pelaksanaan audit eksternal selanjutnya yakni memeriksa kebijakan dan prosedur suatu usaha. Dari audit eksternal yang dilakukan, jika prosedur dan kebijakan perusahaan tersebut ada yang bermasalah, maka akan menimbulkan masalah yang lain juga utamanya dalam bidang keuangan. Inilah yang harus diperhatikan setiap pebisnis dan pengusaha setelah proses audit eksternal supaya kebijakan dan prosedur dalam usaha mereka bisa tersusun rapi dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Kesimpulannya, auditor eksternal adalah bagian penting dalam perusahaan yang wajib Anda rekrut. Dengan adanya auditor eksternal yang telah bersertifikat dari kantor Akuntan publik tersebut, diharapkan Anda dan juga perusahaan Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Tujuannya adalah agar perusahaan tetap bisa berkembang dan tidak mudah untuk gulung tikar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Tokopedia. Audit Eksternal. Kamus.tokopedia.com : https://bit.ly/3vjMsUs

Rinda Faradilla. 24 Sep 21 | 18:13. Auditor Eksternal: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya. Idntimes.com : https://bit.ly/3FWgK4y

Share this Post

Artikel Terbaru