Karir

Ini 4 Fungsi Perencanaan SDM Dalam Suatu Badan Usaha

Fungsi perencanaan SDM memegang peranan vital bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Sayangnya, masih banyak organisasi dan perusahaan yang belum mengerti atau bahkan mengabaikan proses perencanaan ini. Lantas, apa sajakah fungsi perencanaan sumber daya manusia itu? Dan bagaimana dengan manfaatnya? Anda bisa pelajari fungsi sumber daya manusia secara lengkap dibawah ini.

Mengenal Perencanaan Sumber Daya Manusia

Secara garis besar, perencanaan sumber daya manusia merujuk pada analisis sistematis yang diperuntukkan untuk memastikan ketersediaan jumlah karyawan yang tepat dengan kemampuan yang sesuai ketika diperlukan. Kegagalan dalam perencanaan sumber daya manusia dinilai akan memperburuk performa perusahaan dan masalah seperti kerugian finansial yang diakibatkan oleh lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan, juga hilangnya kesempatan bisnis menjadi lebih besar.

Fungsi Perencanaan Sumber Daya Manusia

1. Membuat Kinerja Perusahaan Lebih Efektif dan Efisien

Adanya perencanaan sumber daya manusia yang tepat guna akan membuat perusahaan berjalan secara lebih efektif dan efisien. Maksudnya, ketika perusahaan berjalan baik dengan jumlah yang sesuai kebutuhan serta personel yang produktif. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan karyawan produktif adalah karyawan yang bisa bekerja sebagaimana standar operasional perusahaan yang diterapkan, pun mengikuti jam kerja yang sudah ditentukan. Karyawan-karyawan tersebut adalah pegawai yang mengerjakan dan menghasilkan lebih banyak dibandingkan dengan pegawai rata-rata. Mengikuti produktivitas yang tinggi, perusahaan tidak perlu memperlakukan jam kerja ekstra alias lembur, atau memperbanyak karyawan demi mencapai tujuan usahanya.

2. Menumbuhkan Sikap Positif Karyawan

Perencanaan sumber daya manusia yang sempurna bakal menumbuhkan sikap positif dalam setiap karyawan. Adanya pelatihan teknis dan soft skill yang dilaksanakan secara berkesinambungan, jenjang karir yang jelas dan sistem kompensasi berikut insentif yang menarik akan membuat karyawan merasa nyaman dan betah dalam melakukan pekerjaannya. Mereka akan merasa mempunyai kemampuan dan memperoleh kesempatan yang cukup untuk terus bertumbuh, berkembang, dan maju bersama perusahaan terkait. Selain itu, karyawan juga akan merasa dihargai dan diperhatikan dengan tulus, daripada hanya sekadar menjadi ‘pegawai rodi’ perusahaan.

3. Meningkatkan Kompetensi Karyawan

Sumber daya manusia maju dan kompeten biasanya diperoleh melalui perencanaan yang terarah. Perlu dicatat, hanya karyawan yang mempunyai kinerja bagus lah yang akan terus mendorong kemajuan suatu entitas usaha. Sementara karyawan yang enggan berkembang secara otomatis bakal terdesak oleh sistem. Mengingat karyawan tidak dapat mengandalkan sistem senioritas dalam lingkup pekerjaannya lagi.

 

Sistem sumber daya manusia yang direncanakan dengan matang akan meningkatkan koordinasi antar karyawan sekaligus menciptakan atmosfer kerja yang kondusif dan nyaman. Tumbuhnya rasa kekeluargaan dapat dipupuk dengan baik, sehingga hanya ada sedikit perbedaan pada opini para karyawan terkait rumah dan tempatnya bekerja.

 

Disamping itu, sebuah perencanaan sumber daya manusia yang baik dan menyeluruh diharuskan mampu menjawab berbagai pertanyaan penting dalam perusahaan seperti bagaimana cara perusahaan dapat mempertahankan karyawan yang baik? Apa saja kekuatan sumber daya manusia dari suatu perusahaan? Karyawan dengan skill seperti apa yang harus dimiliki sebuah perusahaan? Dan lain sebagainya.

4. Memperkuat Posisi Perusahaan di Pasar

Saat ini, cukup banyak perusahaan yang berlomba menjadi yang paling unggul di pasar. Kendati demikian, tidak semua perusahaan tersebut dapat mengungguli satu sama lain dan menjadi yang nomor satu. Ini disebabkan kompetensi dari setiap perusahaan yang berbeda-beda.

 

Berlanjut dari sana, setiap perusahaan harus mengupayakan peningkatan kompetensi perusahaan lewat perencanaan sumber daya manusia yang efektif. Pada saat perusahaan memiliki kompetensi yang cukup, perusahaan tersebut akan lebih kuat dan kokoh meski harus terombang-ambing arus persaingan bisnis di pasar.

 

Itulah beberapa fungsi perencanaan sumber daya manusia yang baik untuk Anda ketahui. Untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk training dan lain sebagainya. Selain itu, modal juga sangat penting untuk mengembangkan usaha pada sektor lainnya. Untuk urusan modal, Investree bisa jadi solusi yang cerdas untuk mengembangkan perusahaan lebih maju lagi. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Investree sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan perusahaan Anda.

 

Referensi :

Admin LinovHR. 14 November 2017. Manfaat Perencanaan SDM yang Baik Bagi Perusahaan. Linovhr.com : https://bit.ly/3EOQw2l

Share this Post

Artikel Terbaru