Karir

Apa Itu Lending Officer? Mari Pahami Pengertiannya

Lending officer adalah bagian dari account officer yang penting dalam bisnis perbankan. Lending officer memiliki tugas khusus untuk menyalurkan dan mengawasi dana dari funding officer. Dimana Funding officer menghimpun dana masuk melalui produk kredit, menangani nasabah, dan beberapa tugas mendasar lainnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari tugas dan jenis lending officer dibawah ini.

Tugas Lending Officer

Lending officer memiliki tugas mencari nasabah untuk dilakukan analisis profil, menilai likuiditas finansial sekaligus mengevaluasinya, dan melakukan pengusulan jumlah kredit sesuai kriteria bank terkait. Lending officer mempunyai beberapa tugas pokok seperti:

1. Mengenalkan Produk Kredit Terhadap Nasabah

Seorang Lending officer bertugas memberikan pengenalan produk perkreditan, baik dari perbankan ataupun perusahaan tempat lending officer bekerja, kepada nasabah, klien, atau konsumen. Umumnya, produk yang ditawarkan berupa jasa pinjaman, deposito, kredit, dan lainnya yang berhubungan dengan dunia perbankan.

Pengenalan produk sendiri bisa dilakukan dimana saja. Baik di kantor saat klien berkunjung, di pameran atau tempat lain yang ramai pengunjung, atau mengunjungi nasabah secara langsung di perusahaannya.

2. Follow Up

Baik untuk nasabah lama maupun calon konsumen baru, Lending officer harus menjaga hubungan baik satu sama lain. Mungkin melalui telepon, media sosial, SMS, atau alat komunikasi lainnya, atau bisa juga dengan mendatangi langsung kediaman nasabah meski hanya mempertanyakan kabarnya saja. Hal ini dikarenakan nasabah akan merasa diperhatikan, sehingga memberikan nilai plus bagi perusahaan secara umum, dan Lending officer secara khusus. Mengingat Lending officer mengangkat beban yang sangat berat di punggungnya atas risiko dan tanggung jawab pekerjaannya. Sehingga jika ada sedikit saja kesalahpahaman dari sisi nasabah, Lending officer bisa berakhir dikeluarkan dari perusahaan lantaran diklaim tidak cukup cakap dalam memberikan penjelasan kepada kliennya.

3. Memberikan Penjelasan jika Nasabah Kurang Mengerti

Jika ada nasabah yang kurang mengerti tentang produk kredit yang ditawarkan, Lending officer memiliki tugas untuk menyampaikan penjelasan seterang mungkin agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Mengingat banyaknya risiko dan tanggung jawab yang harus ditanggung oleh Lending officer itu sendiri.

Tanggung Jawab Lending officer

Lebih jauh, seorang account officer memegang tanggung jawab penuh atas:

  1. Penjagaan kredibilitas dan nama baik perusahaan.
  2. Memastikan hubungan perusahaan dan klien tetap terjaga dengan baik.
  3. Memastikan produk jasa atau kredit perusahaan bisa berkontribusi dan dikenal masyarakat dengan baik.
  4. Memastikan nasabah memperoleh solusi alternatif yang tepat terkait dengan permasalahan yang dihadapinya dengan produk kredit atau perusahaan penyedia kredit.
  5. Memastikan nasabah memahami dengan baik penjelasan produk yang disampaikan.

Perbedaan Funding Officer dan Lending Officer

Pada dasarnya, account officer dibagi menjadi 2 jenis, yakni funding officer dan lending officer. Dimana funding officer memiliki peran untuk menghimpun dana nasabah dan menerapkan marketing atas berbagai jenis produk perbankan, baik dana maupun jasa, demi mengoptimalkan bisnis kantornya.

Sementara lending officer berperan menyalurkan juga mengawasi dana berdasarkan rekomendasi yang disampaikan oleh funding officer. Adapun deskripsi pekerjaan dari seorang lending officer adalah:

  1. Menyediakan informasi kredit secara teknis untuk calon nasabah.
  2. Menyediakan hasil analisis kompleks terkait transaksi-transaksi akuntansi dari perusahaan terkait.
  3. Memberikan rekomendasi, menangani, sekaligus berpartisipasi aktif dalam pengimplementasian visi dan misi perusahaan.
  4. Membangun perencanaan matang, memprioritaskan, menempatkan, serta memberikan ulasan pekerjaan staf yang menangani urusan grants, payroll, utang piutang, dan pengumpulan atau pemasukan data lainnya.
  5. Menangani dan merekomendasikan bagian manajemen akuntansi suatu entitas, termasuk di dalamnya masalah staf training, gaji karyawan, hingga implementasi prosedur-prosedur operasional yang ada.

Kesimpulannya, lending officer adalah profesi yang tugas utamanya menyalurkan dan mengawasi dana berdasarkan rekomendasi funding officer untuk mengajukan kredit, baik di perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Salah satu platform lending memiliki tim lending officer yang profesional dan terpercaya adalah Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif kepada peminjam (Borrower) berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Sedangkan bagi Anda yang ingin memberikan pinjaman (Lender) di Investree mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Daftar Investree sekarang!

 

Referensi :

7 Agustus 2018. Tugas-Tugas Account Officer Beserta Tanggung Jawabnya. Draftgorenh.com : https://bit.ly/2YJIXdT

Share this Post

Artikel Terbaru