Karir

Apa Itu Chairman? Kenali Kedudukannya Dalam Suatu Usaha

Chairman adalah jabatan atau posisi di perusahaan yang kedudukannya paling senior dianggap sebagai ketua. Chairman dalam perusahaan sangat penting tugas dan tanggung jawabanya. Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu chairman, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Pengertian Chairman

Secara harfiah, chairman juga dianggap sebagai ketua, yang mana kedudukannya paling senior dari jajaran direksi yang ada dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Chairman juga bisa disebut sebagai seseorang yang memiliki jabatan paling tinggi dari suatu perusahaan yang dicalonkan serta terkait dengan jajaran direksi sebuah entitas bisnis secara hukum.

 

Menindaklanjuti pengertian tersebut, posisi dewan direksi ini memiliki tanggung jawab atas berbagai pernyataan yang menjadi strategi atau upaya perusahaan guna meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan.

Tugas dan Tanggung Jawab Chairman

  1. Memberikan persetujuan atas rancangan anggaran tahunan oleh perusahaan.
  2. Memimpin perusahaan serta mampu menerbitkan sejumlah kebijakan yang diyakini memberikan efek positif terhadap perusahaan terkait.
  3. Menyampaikan kegiatan dan proses kinerja perusahaan kepada para pemegang saham, baik saham mayoritas maupun saham biasa.
  4. Berkewajiban untuk memilih, menetapkan, sekaligus mengawasi setiap tugas karyawan berikut manajer alias kepala bagian yang terlibat dalam operasional perusahaan.
  5. Bertanggung jawab atas pihak ketiga dan hukum yang sudah ditentukan untuk setiap jenis perusahaan yang didirikan seperti Perseroan Terbatas, Persekutuan Komanditer, dan Firma.

Tipe Pemimpin Chairman

1. Inovator

Inovator diartikan sebagai orang yang mengenalkan gagasan, metode, atau hal-hal baru lainnya yang belum pernah diketahui. Umumnya, pemimpin bertipe inovator memiliki kegigihan yang tinggi karena inovasi bukan hanya menyoal ide yang fantastis, namun juga dibutuhkan tekad dalam perwujudannya.

 

Seorang inovator umumnya bakal lebih terbuka atas kemungkinan-kemungkinan baru, penuh rasa penasaran, berani mengambil risiko, siap menghadapi masalah, juga mampu mengkombinasikan berbagai hal yang sebelumnya tidak terkait menjadi suatu hal yang baru dan memiliki nilai plus.

2. Pionir

Tipe ini lebih mengacu pada pemimpin perintis, pembuka jalan, penganjur, atau pelopor. Biasanya, seorang pemimpin dengan gaya pionir akan mempunyai gaya kepemimpinan yang khas. Sebut saja tidak egois atau hanya mementingkan dirinya sendiri, mempunyai kekuatan secara prospektif alias berpikir lebih jauh kedepan, tidak bernilai konvensional, dan berani mengambil keputusan besar.

3. Motivator

Sejalan dengan apa yang termaktub dalam KBBI, motivator diartikan sebagai perangsang, dalam hal ini seseorang, yang mengakibatkan munculnya motivasi dalam diri orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Bisa disimpulkan, seorang motivator dapat berasal dari berbagai kalangan, termasuk seorang pemimpin.

 

Pemimpin dengan gaya motivator lazimnya menunjukkan beberapa gaya kepemimpinan seperti mampu mengambil keputusan yang besar dalam hal ekspansi bisnis atau perkara mendesak lainnya. Mempunyai beberapa keunggulan yang salah satunya berupa kemampuan untuk memperluas potensi sumber daya manusia dalam suatu perusahaan terkait. Juga merupakan sosok yang inspirasional, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, pun merupakan seorang visioner yang mampu memprediksikan minat masyarakat berdasarkan histori penawaran dan permintaan mereka secara efektif.

 

Kesimpulannya, chairman adalah sosok yang banyak berperan dalam memajukan suatu perusahaan, bukan hanya sekadar memimpin dan memberikan perintah namun juga dengan terlibat langsung dalam operasionalnya. Tentu dalam operasional usaha, modal sangat penting dimiliki. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

 

Referensi :

 

Ester. 17 Desember 2021. Chairman Adalah. Mobifrance.com : https://bit.ly/3p6Exsb

Share this Post