Karir

4 Sumber Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi yang Bisa Anda Coba

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat di seluruh dunia. Bahkan pada awal pandemi, beberapa sektor perekonomian terpaksa tidak bisa berjalan sehingga mengakibatkan terjadinya PHK massal. Hal inilah yang kemudian mendorong sebagian orang untuk mencari penghasilan tambahan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sebenarnya mencari pendapatan tambahan adalah hal yang relatif mudah. Apalagi jika Anda mampu melihat peluang pasar dan didukung dengan keterampilan berwirausaha yang mumpuni. Akan tetapi, sebagian orang belum tahu harus mencari uang tambahan dari mana.

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi sumber penghasilan tambahan yang bisa Anda coba lakukan di masa pandemi Covid-19. Penasaran? Simak artikel ini sampai akhir, ya.

4 Sumber Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi

Berikut adalah 4 sumber penghasilan tambahan di masa pandemi Covid-19.

1. Mencari Pekerjaan Sampingan

Cara pertama untuk mendapat penghasilan tambahan adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Anda bisa coba untuk bekerja dengan sistem part-time ataupun freelance untuk mendapat uang tambahan. Akan tetapi, harus diingat bahwa jam kerjanya tidak lebih banyak dari pekerjaan utama Anda, ya.

Saat ini ada banyak sekali pilihan pekerjaan sampingan yang bisa Anda kerjakan. Mulai dari menjadi driver taxi online, kurir pengantar barang, freelancer untuk sebuah perusahaan, dan lain sebagainya. Sangat disarankan untuk mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat dan passion agar Anda lebih semangat dalam menjalaninya.

2. Memulai Bisnis Skala Kecil

Selain mencari pekerjaan sampingan, Anda juga bisa coba untuk memulai bisnis dalam skala kecil untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sudah banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berbisnis dan bahkan hasil yang didapat jauh lebih besar dari profesi utamanya.

Tidak perlu khawatir dengan modal yang dibutuhkan, karena Anda bisa menggunakan layanan pembiayaan produk dari Investree. Dengan modal terbatas, Anda sudah bisa membuka bisnis kecil-kecilan sebagai reseller ataupun dropshipper.

Namun, sebelum memulai bisnis, pastikan Anda sudah melakukan riset terlebih dulu, ya. Dengan begitu, Anda bisa tahu apa saja yang dibutuhkan pada bisnis tersebut hingga melakukan pencatatan transaksi bisnis.

3. Investasi di Instrumen Pendapatan Tetap

Jika tujuan Anda adalah memiliki pendapatan tambahan secara pasif, maka bisa mencoba berinvestasi di instrumen pendapatan tetap. Investasi memang menjadi cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Anda bisa mulai dengan berinvestasi di reksadana dan juga deposito. Nantinya, Anda akan mendapat imbal hasil setiap bulannya sesuai return dari jenis investasi yang Anda pilih. Jadi, pastikan Anda memilih platform investasi yang terpercaya, ya.

4. Melakukan Trading Saham

Trading saham memang menjadi sumber penghasilan tambahan yang terlihat sangat menggiurkan. Akan tetapi, risiko yang mungkin terjadi juga sangat besar. Sebab, seorang trader harus mampu menganalisis harga saham dan menentukan kapan waktunya membeli ataupun menjualnya kembali.

Dibutuhkan pengalaman yang cukup lama untuk bisa menjadi seorang trader handal dengan return keuntungan yang besar. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan riset dan banyak belajar tentang saham sebelum terjun sebagai trader.

Itulah 4 sumber penghasilan tambahan yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda. Nah, jika Anda masih bingung memilih manajer investasi reksadana, maka layanan reksadana dari Investree bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa memulai investasi dengan nominal yang kecil. Jadi, model investasi ini sangat cocok bagi pemula.

Referensi:

https://personalfinance.kontan.co.id/news/4-cara-mencari-penghasilan-tambahan-di-masa-pandemi?page=all

https://www.binaracademy.com/blog/cara-mendapatkan-penghasilan-tambahan-selama-pandemi

Share this Post