Bisnis

Pengertian Laba Ditahan beserta Manfaat, Faktor Penyebab, dan Cara Menghitungnya

Setiap pemilik usaha pasti menjadikan keuntungan sebagai orientasi terpenting. Sebab, keuntungan atau laba tersebut berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. selian laba bersih dan laba kotor, dalam laporan keuangan juga dikenal laba ditahan. Singkatnya, laba ditahan adalah laba bersih yang sengaja ditahan perusahaan.

Meski ditahan, namun jumlah laba tersebut tetap dimasukkan ke dalam laporan keuangan perusahaan. Khususnya di bagian pos laba rugi. Dengan mengaplikasikan laba ditahan, maka dapat memudahkan proses pelaporan keuangan bisnis Anda.

Jadi, sebenarnya apa itu laba ditahan? Apa saja manfaat dan faktor penyebabnya? Anda bisa temukan jawaban selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Laba Ditahan (Retained Earning)?

Retained earning atau lebih banyak disebut dengan laba ditahan adalah bagian dari laba bersih yang tertahan dan perusahaan secara sengaja tidak membayarkannya kepada investor dalam bentuk dividen dengan tujuan sebagai dana darurat, modal cadangan, hingga keperluan investasi perusahaan.

Selain itu, laba ditahan juga bisa diartikan sebagai sisa laba bersih yang sudah dikurangi oleh dividen. Jadi, dividen merupakan distribusi keuntungan bisnis kepada pemegang saham sesuai dengan kepemilikannya masing-masing.

Pembuatan keputusan terkait laba ditahan ini terjadi melalui keputusan bersama dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Adapun beberapa faktor yang melatarbelakangi perusahaan menetapkan laba ditahan antara lain kondisi keuangan bisnis, persyaratan pendanaan operasional pada periode berikutnya, serta strategi pemasaran bisnis.

Manfaat Laba Ditahan

Berikut ini adalah beberapa manfaat laba ditahan bagi sebuah perusahaan.

1. Membayar Hutang Perusahaan

Manfaat pertama dari laba ditahan adalah untuk membayar hutang perusahaan sehingga kegiatan operasional bisa terus bertahan. Dengan membayar hutang tepat waktu, maka nama baik perusahaan akan tetap terjaga. Maka dari itulah, perusahaan harus bisa melakukan perencanaan pembayaran hutang melalui laba ditahan tersebut.

2. Membiayai Kegiatan Operasional Perusahaan

Setiap bisnis pasti diharuskan untuk memiliki dana yang cukup demi membiayai kegiatan operasional perusahaan. Hal inilah yang kemudian mendorong perusahaan untuk menahan laba yang nantinya akan digunakan untuk membiayai operasi perusahaan. Dengan begitu, maka bisnis dapat terus berkembang.

3. Sebagai Modal Cadangan

Manfaat lainnya dari laba ditahan adalah sebagai modal cadangan apabila bisnis mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Penggunaan dana cadangan ini sangat efektif dalam membantu kegiatan operasional perusahaan tanpa harus mengajukan pinjaman uang pada pihak ketiga.

Faktor yang Memengaruhi Laba Ditahan

Adapun berbagai faktor yang memengaruhi laba ditahan adalah sebagai berikut.

  • Adanya perubahan manajemen perusahaan sehingga pemilik bisnis harus dapat menyesuaikan sekaligus menunjukkan kredibilitas kepada manajemen keuangannya.
  • Terdapat kesalahan penulisan laporan keuangan pada periode sebelumnya.
  • Adanya penyesuaian rupiah dari laporan keuangan di periode sebelumnya sehingga memengaruhi perhitungan laba perusahaan.
  • Terjadi perubahan metode perhitungan sehingga akuntan akan menahan keuntungan modal untuk sementara waktu.

Cara Menghitung Laba Ditahan

Untuk dapat menghitung laba ditahan, Anda harus menguasai rumus-rumus berikut ini.

1. Menghitung Laba Kotor

Laba Kotor = Angka Penjualan – Harga Pokok

2. Menghitung Laba Operasional

Laba Operasional = Laba Kotor – Biaya Operasional

3. Menghitung Laba Bersih Sebelum Pajak

Laba Bersih Sebelum Pajak = Laba Operasional – (Bunga + Amortisasi + Depresiasi)

4. Menghitung Laba Bersih Setelah Pajak

Laba Bersih Setelah Pajak = Laba Bersih Sebelum Pajak – Tarif Pajak

5. Menghitung Laba Ditahan

Laba Ditahan = Laba Bersih Setelah Pajak – Dividen

Itu dia penjelasan tentang laba ditahan dalam laporan keuangan perusahaan yang perlu dipahami para akuntan. Jika perusahaan Anda sedang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, maka bisa mengajukan modal pinjaman usaha melalui Investree. Caranya yang 100% dijamin sangat memudahkan Anda dan para pemilik bisnis lainnya.

Referensi:

https://www.hashmicro.com/id/blog/laba-ditahan/

https://www.harmony.co.id/blog/laba-ditahan-pengertian-manfaat-dan-cara-menghitungnya

Share this Post