Bisnis

Berikut 2 Perbedaan Bunga dan Suku Bunga, Wajib Tahu!

Ada perbedaan bunga dan suku bunga yang penting Anda ketahui. Istilah bunga dan suku bunga pasti sudah tidak asing Anda dengar. Banyak yang mengira kalau kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, padahal tidak. Suku bunga merupakan bagian dari bunga itu sendiri. Meski bunga dan suku bunga diartikan sama, ada perbedaan yang wajib diketahui. Untuk lebih jelasnya mari lihat penjelasannya di sini.

1. Berdasarkan Pengertian

Perbedaan bunga dan suku bunga bisa lebih terlihat jelas jika melihat pengertian atau definisinya masing-masing. Pertama ada bunga, merupakan bentuk dari imbalan yang diberikan pada pemberi atau penyedia pinjaman. Jadi nasabah yang melakukan peminjaman pada bank akan membayar utang dengan bunganya sekalian sebagai bentuk imbalan atas pinjaman yang diberikan pihak bank.

Begitu pula sebaliknya, bank juga memberikan imbalan atas pinjaman uang yang diberikan oleh nasabah dengan cara menabung di bank tersebut. Oleh karena itu setiap bulan aka nada bunga yang diberikan secara otomatis oleh pihak bank ke rekening para nasabah, Jadi baik nasabah dan pihak bank sama-sama memberikan imbalan pada pinjaman yang sudah disediakan.

Sementara itu ada suku bunga, merupakan bentuk persentase dari bunga itu sendiri. Sederhananya, suku bunga merupakan persentase yang dilihat dari pokok utang yang dibayarkan sebagai bunga dalam satu periode tertentu. Jika bunga adalah imbal hasilnya, maka suku bunga adalah perhitungan persentase dari bunga itu sendiri dari periode tertentu. Tentu ini sangat berbeda, dimana suku bunga merupakan bagian dari bunga namun bunga tidak bisa diartikan sebagai suku bunga itu sendiri.

2. Berdasarkan Jenisnya

Bunga atau imbal hasil terbagi menjadi dua jenis, ada bunga sederhana dan bunga majemuk. Bunga sederhana adalah hasil dari pokok utang, suku bunga satu periode, serta lamanya waktu peminjaman dana. Jadi perhitungannya, pokok utang dikalikan dengan suku bunga (bunga dalam persen) dikali dengan waktu.

Sementara itu ada juga bunga majemuk, jenis imbal hasil yang dilihat dari nilai pokok utang yang sifatnya tidak tetap atau akan terus mengalami perubahan setiap akhir periode dengan adanya penambahan penghitungan bunga. Rumus menghitung bunga majemuk adalah dengan mengalikan pokok utang dengan jumlah (1+ bunga dalam persen) lalu dikalikan dengan waktu.

Untuk Suku bunga sendiri ada dua jenis juga yaitu suku bunga tetap dan suku bunga mengambang. Suku bunga tetap merupakan suku bunga pinjaman yang sifatnya tetap dan tidak akan mengalami perubahan selama masa kredit. Sementara suku bunga mengambang adalah suku bunga yang sifatnya berubah-ubah selama masa kredit karena mengikuti kurs referensi tertentu.

Bagi Anda yang selama ini mengartikan bunga dan suku bunga adalah istilah yang sama, sekarang sudah jelas bahwa keduanya berbeda. Bunga adalah bentuk dari imbal hasil pada penyedia dana atau pinjaman. Sementara suku bunga merupakan persentase dari bunga itu sendiri yang dilihat berdasarkan periode kredit itu sendiri.

Suku bunga di sini yang menentukan besarnya jumlah bunga yang akan dibayarkan pada penyedia dana atau pinjaman. Ada yang jumlah bunga dibayarkan secara berkala dengan jumlah yang tetap, ada juga yang melihat kurs referensi tertentu sehingga jumlah bunganya berubah-ubah. Namun pada intinya perbedaan bunga dan suku bunga tidak terlalu mencolok karena keduanya saling berkaitan satu sama lain.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan bunga dan suku bunga yang bisa Anda pelajari. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.I. Februari 15, 2013. Pengertian Bunga dan Suku Bunga. Referensimakalah.com : https://bit.ly/3EcclIy

Share this Post