Menabung

Ingin Tabungan Bertambah di Usia Baru? Lakukan 7 Kebiasaan Berikut

Kalian pernah tidak kepikiran, perasaan usia nambah terus tapi saldo tabungan masih segitu-gitu saja, atau bahkan gagal terus punya tabungan? Meski punya tabungan itu pilihan, tapi masa di usia yang baru tidak ada resolusi baru? Pasti kita ingin jadi lebih baik lagi, kan. Coba dimulai dengan melakukan kebiasaan baru yang punya dampak positif bagi habit menabung dan keuangan Anda. Apa saja? Yuk, simak ulasan dari Investree berikut!

Selalu punya tujuan keuangan

Tujuan keuangan membantu Anda semangat menabung. Tetap berada di jalur secara konsisten, membuat nilai tabungan akan terus bertambah. Kategorikan tujuan keuangan Anda berdasarkan jangka waktunya. Seperti tujuan jangka pendek, contohnya membayar cicilan kendaraan/sewa tempat tinggal tepat waktu, punya tabungan dana darurat, punya dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Lalu, tujuan jangka menengah, contohnya melunasi utang jangka pendek (kartu kredit), nabung untuk biaya nikah atau uang muka KPR, liburan/umrah. Terakhir, tujuan jangka panjang, contohnya menabung untuk dana pensiun, biaya kuliah anak, melunasi pinjaman KPR, dan modal bisnis. 

Putus layanan berlangganan yang tidak benar-benar dibutuhkan

Ini menjadi langkah pertama untuk menghemat pengeluaran agar tabungan Anda bertambah. Buat daftar semua layanan berlangganan yang Anda miliki. Tulis di masing-masing layanan, seberapa sering Anda benar-benar menggunakannya. Atau, dengan menghitung berapa persen uang bulanan terpakai untuk masing-masing biaya berlangganan. Urutkan dari layanan yang paling penting atau paling sering digunakan, serta dari biaya per penggunaan yang paling mahal. Ini akan membantu Anda membuat prioritas dan memutus layanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan.  Misal, Anda punya keanggotaan gym yang hanya digunakan 12 kali seminggu dan berbiaya besar. Anda mungkin bisa membatalkannya dan berolahraga sendiri di rumah menggunakan video YouTube

Beri pertimbangan sebelum membeli

Sebagai contoh saat Anda berbelanja baju, coba tanyakan ke diri Anda beberapa pertanyaan berikut:

  • Seberapa sering Anda akan memakainya?

Ini membantu Anda mempertimbangkan biaya per penggunaan dan seberapa efektif nilai barang yang dibeli. Semakin sering Anda akan memakainya, semakin layak barang tersebut untuk dibeli.

  • Apakah cocok dengan pakaian Anda yang lain?

Salah satu kesalahan saat berbelanja pakaian adalah setelah dibeli, Anda baru menyadari bahwa barang tersebut tidak cocok dengan apapun yang Anda miliki.

  • Apakah Anda benar-benar membutuhkannya?

Terkadang kita tertarik membeli hanya karena sedang diskon, atau karena keinginan sesaat. Jadi, pastikan barang yang dibeli adalah yang benar-benar Anda butuhkan.

  • Apakah perawatannya tidak merepotkan?

Bila pakaian yang dibeli butuh perawatan khusus dan merepotkan, sebaiknya urungkan niat Anda karena akan butuh biaya lebih mahal setelah membelinya. 

Berusaha menghemat uang makan

Dengan memasak sendiri makanan di rumah, jelas dapat menghemat uang makan. Apalagi bila Anda bisa menyusun menu selama satu minggu, dan berbelanja bahan makanan seminggu sekali sesuai daftar menu tersebut. Artinya bahan makanan yang terbuang sia-sia dapat diminimalisir. Apalagi bahan makanan saat ini banyak yang harganya naik. Jadi, pastikan yang Anda beli adalah yang akan Anda makan saja. Tidak lupa untuk memanfaatkan bahan makanan yang harganya sedang diskon, terutama untuk kebutuhan daging/ayam/ikan/telur. Mumpung diskon, beli sekaligus dalam jumlah yang cukup untuk menu 1 (satu) minggu. Serta, pastikan penyimpanannya sesuai agar tidak mudah busuk dan terbuang. 

Belanja bulanan dengan perencanaan

Kebutuhan bulanan memang sering bikin kita boncos. Tapi kalau direncanakan dengan baik, hal tersebut bisa dihindari, kok. Caranya gimana? Pertama, tetapkan budget yang pasti untuk belanja kebutuhan bulanan. Anda bisa berbelanja di tempat yang memberi harga paling murah. Untuk mengetahuinya, jangan segan membandingkan harga di beberapa tempat yang berbeda. Kedua, tulis dulu daftar barang belanjaan agar semua kebutuhan yang dibutuhkan bisa terbeli dan mengantisipasi terjadinya kelebihan budget. Ketiga, beli barang dalam jumlah yang dibutuhkan saja. Bila ada promo “beli banyak lebih murah”, Anda bisa mengajak teman untuk patungan dan membaginya sesuai kebutuhan. Sehingga tidak terjadi pemborosan. 

Aktifkan fitur tabungan autodebet

Ini cara paling mudah untuk membuat Anda tetap konsisten menabung. Ketika Anda hanya menabung dari hasil sisa gaji per bulan, pasti jumlahnya tidak bisa sama dan dikhawatirkan nilainya kecil. Beda kalau Anda menabung secara autodebet, di mana dana untuk tabungan akan langsung terpotong saat Anda menerima gaji. Besar nilainya bisa tetap sama setiap bulan. Anda pun dapat menaikkan nilainya setiap tahun, agar tabungan Anda dapat terus bertambah. 

Tidak mengesampingkan investasi

Investasi juga bisa dijadikan sebagai tabungan jangka pendek hingga panjang. Tinggal sesuaikan dengan tujuan keuangan Anda dan pilih produk investasi yang tepat. Kenapa harus tepat, ini dibutuhkan agar Anda bisa memperoleh cuan dan tidak kapok berinvestasi. Untuk mencari produk investasi yang tepat, Anda wajib memperoleh informasi yang benar dan tak sekedar ikut-ikutan saja. Banyak literasi finansial seputar investasi yang bisa Anda temukan di Google. Tinggal cari produk investasi mana yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan investasi Anda, profil risiko Anda (konservatif/moderat/agresif), dan jangka waktu yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa memilih produk investasi yang tepat. 

Nah, spesial di perayaan ulang tahun Investree ke-7, ada promo cuan melimpah untuk para Lender agar bisa #GrowToge7her bersama Investree. Bisa jadi alternatif pendanaan yang oke, nih. Bagi yang baru pertama kali melakukan pendanaan di Investree, akan memperoleh cashback sebesar Rp70 ribu (minimal pendanaan Rp1 juta). Berlaku untuk pendanaan yang dilakukan melalui aplikasi mobile Investree for Lender dengan kode promo MY1STOCT22. Selain itu, seluruh Lender Investree yang akan melakukan pendanaan kembali bisa mendapatkan Ekstra Imbal Hasil hingga Rp1,21 juta menggunakan kode promo yang bisa Anda temukan di sini. Ingat, kuota promo terbatas dan berlaku hingga periode 31 Oktober 2022. Jika tak ingin keduluan yang lain, cus danai sekarang!

Referensi:

Zina Kumok. 21 Juli 2022. 7 Ways to Reduce Your Expenses. Mint.intuit.com (Blog): https://intuit.me/3EPwhVJ 

Mint. 28 Juli 2022. Chapter 06: How to Track Your Savings. Mint.intuit.com (Blog): https://intuit.me/3eCGtGa 

Zina Kumok. 26 April 2022. 4 Questions to Ask Before Buying New Clothes. Mint.intuit.com (Blog): https://intuit.me/3EK9DOq

Share this Post