Karir

Apa Itu Human Capital? Simak Pengertian Lengkapnya

Human capital adalah usaha mengembangkan dan mengelola sumber daya manusia demi mencapai tingkat paling penting yang lebih tinggi jika dinilai dari sisi kinerja. Meskipun memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang aktivitas operasional suatu perusahaan, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu human capital. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Human Capital

Pada dasarnya, konsep dasar human capital tidak hanya terpaku pada sumber daya, namun juga modal yang dapat memberikan pengembalian. Atau bisa juga dikonotasikan sebagai biaya di setiap pengeluaran yang ditujukan untuk mengembangkan kualitas berikut kuantitas modal, salah satunya adalah kegiatan investasi.

Human capital memandang manusia sebagai kunci primer dalam suatu entitas. Human capital selalu berfokus pada perencanaan strategis demi mengoptimalkan bakat dan keterampilan sumber daya manusia dalam melaksanakan strategi bisnis organisasi atau perusahaan.

Beberapa dari tugas utama human capital meliputi rekrutmen karyawan baru, mengadakan onboarding, mengadakan training and development, mempertahankan karyawan yang mempunyai kinerja bagus, menilai kinerja karyawan, mengelola data mulai dari klaim jaminan sosial, form gaji pegawai sampai permohonan cuti karyawan.

Jenis-Jenis Human Capital

1. General Human Capital Management

Jenis human capital ini mengerucutkan fokusnya pada pengembangan kompetensi manajerial, kepemimpinan, keahlian fungsional, dan kemampuan dalam pengambilan keputusan yang tepat guna. Dalam hal ini, general human capital management cocok untuk dikembangkan pada sumber daya manusia dengan tingkat manajemen eksekutif maupun tingkat lain yang lebih tinggi.

2. Strategic Human Capital

Cakupan strategic human capital meliputi keahlian dan keterampilan strategis yang didapat dari pengalaman ketika menghadapi suatu situasi atau kondisi tertentu. Umumnya, keterampilan yang bakal dikembangkan berupa kemampuan strategis untuk mengelola atau mengatur finansial terkait pemotongan anggaran supaya lebih efisien karena adanya kondisi keuangan yang kurang menguntungkan.

3. Industry Human Capital

Industry human capital berkaitan erat dengan berbagai pengetahuan tentang aspek industri. Biasanya terdiri dari industri dalam konteks supplier, teknis, dan regulasi. Walau begitu, jenis ini masih berlaku pada entitas yang operasi usahanya mengacu pada aturan yang sejenis.

4. Relationship Human Capital

Secara garis besar, relationship human capital memiliki fokus utama untuk meningkatkan kecerdasan sumber daya manusia dalam hal komunikasi dan penciptaan interaksi yang baik dan efektif dengan orang lain, sehingga pelaksanaan tugasnya menjadi lebih lancar, dan performa berikut kinerja karyawan ataupun perusahaan akan semakin berkembang.

5. Company Specific Human Capital

Company specific erat kaitannya dengan struktur dan budaya kerja dari suatu perusahaan. Karyawan dituntut agar lebih adaptif terhadap segala hal yang termasuk dalam ketentuan internal dari perusahaan terkait. Dengan demikian, para karyawan dapat menjalankan tugas beserta tanggung jawabnya sesuai dengan visi, misi, juga mengarah pada perkembangan perusahaan agar lebih mudah dijalani nantinya.

Peran Penting Human Capital bagi Perusahaan

Diketahui, terdapat korelasi langsung antara kesehatan fiskal suatu organisasi dengan peningkatan kualitas human capital. Keberhasilan human capital dinilai efektif dalam memberikan pengaruh sampai skala nasional. Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI, mengungkapkan bahwa selain infrastruktur, investasi pada human capital, termasuk di dalamnya bidang pendidikan, bakal meningkatkan efisiensi dan produktivitas tenaga kerja. Pada akhirnya, hal ini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Kesimpulannya, human capital adalah bentuk aset yang harus dimiliki suatu perusahaan agar operasi usahanya bisa berjalan lancar dan meraih kesuksesan. Selain human capital, investasi juga bisa Anda lakukan dalam bidang permodalan seperti pendanaan. Dengan pendanaan, Anda bisa mengembangkan dana Anda dan mendapatkan imbal hasil yang atraktif hingga 20% p.a. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store atau bisa daftar di https://investree.id/invest/.

 

Referensi :

Afkar Azhfar. 08 Oktober 2021. Definisi dan Peran Penting Human Capital pada Perusahaan. Hasmicro.com : https://bit.ly/3nrWoaZ

Share this Post